Topik Terkait: Seserahan Pernikahan (halaman 9)

  • Hikmah Pernikahan Rasulullah...
    Muslimah
    Sabtu, 03 Agustus 2024 - 12:33 WIB
    Termasuk kesempurnaan mentadabburi Al-Quran dan hadis berkenaan dengan Sirah Nabawiyah adalah mengetahui hikmah pernikahan Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam.
  • Penting Buat Suami dan...
    Muslimah
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 21:30 WIB
    Salah satu bentuk kekerasan yang diharamkan dalam Islam adalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dalam beberapa kasus, KDRT adalah sebuah perkara yang sering kali menghiasi kehidupan pernikahan.
  • Hukum Nikah Beda Agama...
    Tausyiah
    Senin, 06 Mei 2024 - 08:30 WIB
    Pernikahan beda agama masih menjadi perdebatan di Indonesia. Sebagai bangsa yang mayoritas Islam, bagaimana sebenarnya hukum nikah beda agama ini?
  • Ini Pahala dan Ganjaran...
    Tausyiah
    Rabu, 31 Mei 2023 - 21:50 WIB
    Menjodohkan orang lain sampai menikah memiliki keutamaan besar dalam Islam. Di Indonesia sering disebut dengan makcomblang atau perantara pencari jodoh.
  • Wali Nikah yang Wajib...
    Tips
    Rabu, 16 Februari 2022 - 10:55 WIB
    Umat muslim wajib tahu siapa saja wali yang sah dalam pernikahan. Sebagaimana diketahui dalam Mazhab Syafii, wali nikah adalah satu dari rukun nikah.
  • Hak Khiyar dalam Pernikahan,...
    Muslimah
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 11:17 WIB
    Dalam fiqih pernikahan, Islam mengatur tentang khiyar (hak pilih). Konsep khiyar diputuskan dalam Islam agar kedua pihak masing-masing dari calon suami atau istri mendapat keadilan.
  • Hukum Menikah dengan...
    Muslimah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 07:43 WIB
    Hukum menikah dengan sepupu di dalam Islam diperbolehkan, karena tidak terdapat larangan di Al-Quran maupun As-sunnah al-Maqbullah.
  • 5 Hikmah Diharamkannya...
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 15:13 WIB
    Setiap muslim diharamkan kawin dengan salah seorang perempuan yang masuk kategori mahram. Mereka itu diharamkan oleh Islam untuk selama-lamanya, dalam waktu apapun dan dalam keadaan apapun.
  • Pernikahan-pernikahan...
    Muslimah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 14:41 WIB
    Tidak semua pernikahan itu halal dalam Islam. Ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya
  • Menikahlah, Katakan...
    Muslimah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 08:58 WIB
    Kebanyakan muslim dan muslimah yang berpacaran, banyak melanggar syariat yang dilarang Allah dan Rasul-Nya. Mereka saling bersentuhan dan kadang mereka nampak asyik mengumbar kemesraan.
  • Apakah Sayyid Boleh...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Apakah Sayyid boleh menikah dengan wanita non Syarifah? Sayyid atau Syarif adalah orang yang memiliki nasab mulia keturunan Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam.
  • Bolehkah Menikah dengan...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 November 2022 - 05:15 WIB
    Bolehkah menikah saudara tiri? Bagaimana hukumnya dalam Islam? Bagaimana pula kaitannya dengan mahram? Beberapa pertanyaan soal pernikahan ini umum terjadi dalam masyarakat kita.
  • Hukum Nikah: Bisa Wajib,...
    Hikmah
    Selasa, 28 November 2023 - 14:33 WIB
    Nikah jadi wajib jika orang sudah stabil finansialnya dan mampu untuk adil pada wanita yang dinikahinya serta mempunyai praduga yang kuat bahwa ia akan melakukan zina jika tidak menikah.
  • Al-Quran Tegas Melarang...
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Juni 2024 - 13:25 WIB
    Al-Quran juga secara tegas melarang perkawinan dengan orang musyrik seperti Firman-Nya dalam surat Al-Baqarah (2): Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman.
  • Bila Harus Menikah Tanpa...
    Muslimah
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 14:06 WIB
    Setiap insan pasti ingin memiliki rasa cinta ini. Terkadang cinta diartikan sebagai rasa ketertarikan antara dua lawan jenis dan cinta pulalah yang biasanya mendasari suatu hubungan dalam hal ini adalah pernikahan.
  • Kisah Mahmoud dan Shaima:...
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Februari 2024 - 18:15 WIB
    Di tengah kamp darurat bagi para pengungsi di Deir el-Balah, Jalur Gaza tengah, suasana dipenuhi dengan suara perayaan. Puluhan orang berkumpul untuk merayakan pernikahan pasangan Palestina dari utara.
  • Islam Melarang Pernikahan...
    Muslimah
    Selasa, 31 Januari 2023 - 22:18 WIB
    Pernikahan beda agama saat ini cukup marak terjadi di Indonesia. Di antara kaum muslim bahkan ada yang melakukannya diam-diam. Padahal syariat melarang pernikahan beda agama
  • Salah Paham dan Salah...
    Tausyiah
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 11:25 WIB
    Kebanyakan kaum Muslimin telah salah dalam menfungsikan talak. Mereka menempatkannya bukan pada tempatnya dan mereka menggambarkan talak itu seakan seperti pedang yang dihunus lalu diletakkan di atas leher sang isteri.
  • Masya Allah, Mahar Nabi...
    Hikmah
    Rabu, 08 April 2020 - 04:42 WIB
    Menurut Gus Ach Dhofir Zuhry mahar Nabi saat menikahi Khadijah adalah&nbsp 20 ekor unta betina. Total lamaran Nabi kalau diuangkan sekarang Rp1,3 miliar, ujarnya.
  • Pernikahan Tak Lazim...
    Hikmah
    Selasa, 19 Mei 2020 - 15:14 WIB
    Bagi adat Arab Quraish cerita pernikahan Sayyidah Zainab bin Jahsy bin Rabab radhiyallahu anha sungguh tidak lazim. Bisa juga dibilang kontroversial. Mengapa?