Topik Terkait: Surat Al Qariah Lengkap Arab Latin (halaman 486)

  • Perceraian karena Ulah...
    Muslimah
    Minggu, 30 April 2023 - 08:57 WIB
    Dalam Islam, ada setan yang tugasnya merusak hubungan pasangan rumah tangga. Dia adalah setan Dasim, yang akan selalu mengganggu bahkan berusaha memisahkan korban baik suami atau istrinya.
  • Apakah Boleh Tidak Menikah?...
    Hikmah
    Minggu, 30 April 2023 - 16:46 WIB
    Saat ini bertepatan bulan Syawal, banyak pasangan yang melangsungkan pernikahan. Suatu hari Imam Syafii pernah ditanya, apakah boleh tidak menikah? Begini jawaban beliau.
  • Bolehkah Puasa Syawal...
    Tausyiah
    Selasa, 25 April 2023 - 08:37 WIB
    Bolehkah puasa Syawal dikerjakan tidak berurutan? Hal ini sering ditanyakan kaum muslim mengingat waktunya yang cukup panjang di bulan Syawal dan melaksanakannya selama 6 hari. Bagaimana menurut syariat?
  • Wasiat Rasulullah SAW...
    Tausyiah
    Selasa, 25 April 2023 - 18:31 WIB
    Rasulullah SAW mewasiatkan kepada Muadz bin Jabal tiga perkara, salah satunya adalah beribadah kepada Allah SWT seolah-olah melihat kepada-Nya atau ihsan dalam beribadah. Apa maksudnya?
  • Hukum Memberi Uang THR...
    Tausyiah
    Selasa, 25 April 2023 - 11:59 WIB
    Hukum memberi uang THR saat Lebaran dalam Islam adalah wajib sebab tunjangan hari raya tersebut merupakan bagian dari upah pekerja. THR adalah hak karyawan muslim.
  • Di Natuna, Medco Energi...
    Dunia Islam
    Kamis, 27 April 2023 - 13:06 WIB
    Medco Energi tidak ingin melewatkan momentum Ramadan untuk meraih banyak pahala. Karena itu, pada Ramadan 1444 H kali ini Medco Energi mendistribusikan kembali 800 paket sembako untuk Wilayah Kabupaten Natuna.
  • Kisah Imam Syafii dan...
    Hikmah
    Kamis, 27 April 2023 - 21:26 WIB
    Syaikh Abdul Wahab bin Ahmad Syaroni, ulama bermazhab Syafii dalam kitabnya Al-Mizan Al-Kubro menceritakan kisah Imam Syafii dan pandangannya terhadap ulama yang kaya raya.
  • Khutbah Jumat Pertama...
    Tausyiah
    Jum'at, 28 April 2023 - 16:42 WIB
    Khutbah Jumat pertama bulan Syawal ini dapat menjadi motivasi bagi kuam muslim untuk meningkatkan ibadah pascabulan Ramadan. Somak pesannya berikut ini.
  • Mana yang Harus Diutamakan,...
    Tips
    Jum'at, 28 April 2023 - 20:58 WIB
    Seluruh ulama sepakat bahwa wajib hukumnya suami memberi nafkah kepada istrinya setelah pernikahan sah. Pertanyaannya, mana yang harus diutamakan, nafkah istri atau orang tua?
  • Kiat Menyembuhkan Rasa...
    Muslimah
    Sabtu, 29 April 2023 - 05:15 WIB
    Pada dasarnya, perasaan patah hati adalah normal, namun jika sampai terpuruk hal itu adalah sebuah kesalahan yang dalam syariat, dianggap sebagai kesalahan tidak tepat dalam menyikapi perasaan.
  • Pesan Ibnu Taimiyah...
    Tausyiah
    Sabtu, 29 April 2023 - 09:00 WIB
    Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Majmu Fatawa-nya, memberi nasehat penting bahwa setiap muslim harus menyiapkan dan meluangkan waktu khusus untuk bermuhasabah.
  • Neraka Wail Tempat Manusia...
    Tausyiah
    Senin, 01 Mei 2023 - 11:17 WIB
    Neraka Wail tempat manusia yang mencurangi timbangan disebut di dalam Al-Quran Surat al-Muthaffifin ayat 1-3. Ibnul Jauzi menyebutkan bahwa Wail adalah jurang di neraka.
  • Jangan Tunda Gaji Buruh,...
    Dunia Islam
    Senin, 01 Mei 2023 - 15:34 WIB
    Hari Buruh Internasional (May Day) setiap tahunnya diperingati pada tanggal 1 Mei yang jatuh hari ini. Berikut pandangan Islam tentang pemberian upah para pekerja atau karyawan.
  • Kisah Hikmah : Karena...
    Hikmah
    Kamis, 08 Desember 2022 - 13:46 WIB
    Sedekah dapat mencegah musibah, penyubur pahala, menolak bala, dan menghindarkan dari kejahatan serta akan dilipatgandakannya rezeki oleh Allah Subhanahu wa Taala.
  • Mualaf Yahudi Muhammad...
    Hikmah
    Kamis, 08 Desember 2022 - 16:29 WIB
    Mualaf Yahudi, Muhammad Asad yang sebelum masuk Islam bernama Leopold Weiss mengingatkan pentingnya kembali kepada al-Quran dan Hadis. Dia bicara banyak soal hadis Nabi.
  • Kisah Mualaf Amerika...
    Dunia Islam
    Kamis, 08 Desember 2022 - 17:21 WIB
    Saya tidak pernah memikirkan Islam secara serius. Yang saya ketahui tentang Islam hanyalah bahwa orang Muslim yang baik harus membunuh orang Kristen. Saya sangat muak, ujarnya.
  • Fakta Unik Maroko, Negara...
    Dunia Islam
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Selain dikenal sebagai Negeri Maghribi (Al-Mamlakah Al-Maghribiyah) yang artinya kerajaan dari Barat, Maroko dijuluki buminya para wali yang melahirkan enam tarekat besar di dunia.
  • Pengertian Munafik Beserta...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 14:49 WIB
    Dalam terminologi Islam, munafik ini merujuk kepada mereka yang berpura-pura mengikuti ajaran agama Islam, tetapi sebenarnya hati mereka memungkirinya. Hal ini, tentu sangat mengerikan dan berbahaya
  • Implikasi Asbabun Nuzul,...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 16:31 WIB
    Asbab al-Nuzul menunjukkan banyaknya kasus suatu nilai ajaran atau hukum diwahyukan kepada Nabi dalam kaitannya dengan peristiwa nyata tertentu yang menyangkut Nabi dan masyarakat Islam di zaman beliau.
  • Kisah Mualaf Alexander...
    Dunia Islam
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 16:33 WIB
    Russell Webb adalah seorang penulis, penerbit. Ia sempat menjadi Konsul Amerika Serikat untuk Filipina. Selama menjalankan tugas itulah ia mempelajari Islam.