Topik Terkait: Tafsir Ayat Kursi (halaman 41)

  • Hukum Bacaan Tajwid...
    Tips
    Senin, 22 Juli 2024 - 09:46 WIB
    Bacaan tajwid surat Ar Rum ayat 21 ini dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi setiap umat muslim yang tengah mendalami ilmu tajwid.
  • Begini Nasib Bani Israil...
    Hikmah
    Jum'at, 23 September 2022 - 14:40 WIB
    Nasib Bani Israil yang dikutuk Allah SWT menjadi kera dan babi sungguh tragis. Mereka tidak doyan makan dan minum. Tiga hari kemudian mereka mati.
  • Tafsir Surat Al-Baqarah...
    Tausyiah
    Kamis, 17 Februari 2022 - 09:39 WIB
    Tafsir surat al Baqarah ayat 223 menjelaskan bahwa seorang istri merupakan ladang untuk suaminya. Bagaimana maksud dan pengertiannya?
  • Surat An Naba’ Ayat...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 10:38 WIB
    Allah menciptakan malam hari sebagai waktu untuk mengistirahatkan semua anggota badan, setelah bekerja selama seharian, begitu juga siang hari diciptakan untuk mencukupi segala kebutuhan manusia.
  • Surat Yusuf 43: Kisah...
    Hikmah
    Sabtu, 30 April 2022 - 07:05 WIB
    Dalam tadabur Surat Yusuf Ayat 43 diceritakan kisah Raja Mesir mengalami mimpi yang tak biasa. Sayangnya, mimpi sang raja tak dapat ditakwilkan para pembesarnya.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Jum'at, 14 Juni 2024 - 07:35 WIB
    Hukum tajwid Surat Al Waqiah ayat 1-5 penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga ditujukan agar nantinya tidak keliru ketika membacanya.
  • Khasiat Surat Ad-Dhukhan,...
    Hikmah
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 10:44 WIB
    Barangsiapa yang meminumnya maka dia akan aman dari kejahatan pengadu domba. Jika diletakkan pada anak kecil saat kelahirannya maka dia akan aman dari gangguan jin dan binatang.
  • Ilmu Fisika dan Kimia...
    Tausyiah
    Rabu, 01 Maret 2023 - 13:32 WIB
    Surat al-Qamar ayat 49 menyebut, Sesungguhaya Kami menciptakan segala sesuatu dengan qadar. Menurut KH Ali Yafie kata bi qadar (dengan qadar) di sini ditafsirkan, menurut ukuran.
  • Khasiat Surat Al-Lail,...
    Hikmah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 18:41 WIB
    Khusus keistimewaan Surat Al-Lail, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan jika dibacakan di telinga orang yang pingsan maka dia akan sadar.
  • 4 Doa agar Cantik di...
    Muslimah
    Minggu, 13 Maret 2022 - 05:14 WIB
    Meskipun tidak ada doa khusus untuk hal itu, namun ada beberapa doa agar terlihat cantik dan bercahaya seperti wajah bidadari yang bisa dibaca dan amalkan
  • Khasiat Surat Yasin,...
    Hikmah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 10:42 WIB
    Barangsiapa yang meminumkannya pada seorang wanita maka air susunya akan banyak. Dan barangsiapa yang membawanya, niscaya dia akan aman dari kejahatan mata dan jin serta sering mendapatkan mimpi yang baik.
  • Tadabbur Adh-Dhuha Ayat...
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 07:05 WIB
    Dalam Surat Adh-Dhuha ayat 4 Allah menyampaikan kabar kepada baginda Nabi Muhammad SAW bahwa hari kemudian itu lebih baik dari permulaan. Berikut penjelasannya.
  • 21 Ayat tentang Isra...
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 19:26 WIB
    Sayyid Jafar Barzanji menuliskan 21 ayat tentang Isra Mikraj dalam Kitab Barzanji. Berikut ini adalah penuturan beliau dinukil dari Terjemah Maulid al-Barzanji karya Abu Ahmad Najieh.
  • Surat Yusuf 31: Para...
    Hikmah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 22:35 WIB
    Ketika Zulaikha mengundang para wanita bangsawan menghadiri jamuan makan di Istana, betapa terkejutnya mereka melihat ketampanan Nabi Yusuf alahissalam.
  • Surat Yasin Ayat 23-25:...
    Tausyiah
    Jum'at, 26 November 2021 - 10:32 WIB
    Surat Yasin ayat 23-25 menceritakan tentang akhir kisah indah seorang pemuda mukmin. Ayat ini juga menjadi argumen untuk membantah kaum yang menyembah selain Allah SWT.
  • Berikut ini Keistimewaan...
    Hikmah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 19:24 WIB
    Barangsiapa membacanya di tempat tidurnya maka dia akan terlindung dari berbagai keburukan, dan barangsiapa yang membacanya saat keluar dari rumah maka dia beserta keluarga dan hartanya akan selamat.
  • Allah Perintahkan Musa...
    Tausyiah
    Senin, 22 November 2021 - 18:40 WIB
    Allah SWT memerintahkan Nabi Musa dan Nabi Harun untuk mendatangi Firaun dan berbicara dengan kata-kata yang lemah lembut. Firaun adalah raja yang sangat pongah, sombong, dan sangat kejam.
  • Hukum Bacaan Tajwid...
    Tips
    Senin, 07 Agustus 2023 - 21:37 WIB
    Kali ini kita akan membahas hukum bacaan tajwid Surat Yasin ayat 40-41. Mempelajari ilmu tajwid hukumnya wajib bagi setiap muslim. Yuk simak pembahasannya berikut ini.
  • Menghilangkan Sifat...
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 09:40 WIB
    Surat Fathir ayat 16-17, misalnya, bisa menjadi doa agar diberikan keteguhan dan terhindar dari sifat was-was. Adapun caranya dengan membaca Surat Fathir ayat 16-17 secara istikamah.
  • Tadabbur An-Nur Ayat...
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 21:35 WIB
    Lanjutan tadabbur Surat An-Nur kali ini menjelaskan tentang larangan menuduh wanita-wanita yang baik melakukan zina. Siapa yang menuduh perempuan baik berzina maka ia akan dilaknat Allah.