Topik Terkait: Tata Cara Sujud

  • Tata Cara Sujud yang Benar, Dahi Jangan Tertutup Peci
    Tips
    Rabu, 20 September 2023 - 22:19 WIB
    Tata cara sujud yang benar dalam sholat penting diketahui muslim agar sholatnya sah. Yuk perhatikan cara sholat kita agar sesuai dengan tuntunan Nabi.
  • Tuntunan Praktis Sujud Syukur, Cara dan Bacaan Arab serta Artinya
    Tips
    Rabu, 16 Februari 2022 - 15:48 WIB
    Sujud syukur merupakan salah satu cara bersyukur atas nikmat Allah, bagi yang melakukannya menandakan bahwa ia adalah hamba yang selalu ingat kepada Allah Subhanahu wa taala. Bagaimana tata cara dan bacaan sujud syukur ini?
  • Tata Cara Sujud Sahwi, Lengkap Bacaan dan Waktunya
    Tips
    Kamis, 08 Desember 2022 - 21:04 WIB
    Sujud Sahwi merupakan ibadah yang disunnahkan apabila seseorang ragu atau lupa dalam gerakan sholat. Terdapat beberapa riwayat yang menjelaskan tentang tata cara sujud sahwi ini.
  • Sujud Sahwi, Kapan dan Bagaimana Tata Cara Melaksanakannya?
    Muslimah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 09:10 WIB
    Dalam Islam ada beberapa jenis dan bentuk sujud. Salah satunya adalah sujud sahwi. Sujud ini disyariatkan saat kita lupa dan meninggalkan rukun salat. Bagimana tata cara dan doa sujud sahwi ini?
  • Sujud Syukur, Sunnah yang Sering Terlupakan
    Muslimah
    Minggu, 18 Juli 2021 - 11:31 WIB
    Ungkapan rasa syukur ketika mendapat nikmat biasanya dengan mengucapkan kata alhamdulillah. Selain hal tersebut, ada sunnah lain yang dianjurkan yakni sujud syukur. Sayangnya, sunnah ini sudah jarang ditemui atau bahkan nyaris terlupakan.
  • Tata Cara Sujud Sholat yang Benar untuk Perempuan
    Tips
    Senin, 18 Oktober 2021 - 19:24 WIB
    Meski syarat sujud antara laki-laki dan perempuan sama, namun terdapat perbedaan mengenai tata cara pelaksanaan sujud sholat antara laki-laki dan perempuan.
  • Sujud Syukur Menurut Syaikh Muhamamd Arsyad Al-Banjari
    Tausyiah
    Minggu, 21 Mei 2023 - 08:43 WIB
    Maulana Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjari di dalam kitab beliau yang monumental Sabilal Muhtadin membahas kajian Sujud Syukur. Berikut penjelasannya.
  • Tata Cara Mandi Wajib dan 3 Hal yang Harus Diperhatikan
    Tips
    Kamis, 29 Juli 2021 - 09:49 WIB
    Tata cara mandi wajib perlu diketahui setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Mandi wajib adalah perintah syariat untuk mensucikan diri dari hadas besar.
  • Tata Cara Menguburkan Jenazah Sesuai Syariat Islam
    Tips
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 07:45 WIB
    Umat muslim wajib mengetahui tata cara menguburkan jenazah sesuai syariat islam. Mengurus jenazah muslim hukumnya fardhu kifayah. Berikut tata caranya.
  • Sujud Tilawah, Bacaan dan Tata Cara Mengamalkannya
    Muslimah
    Sabtu, 29 Mei 2021 - 09:37 WIB
    Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan seseorang karena membaca atau mendengar ayat-ayat Sadjah. Lantas bagaimana bacaan dan cara mengamalkan sujud Tilawah ini?
  • 3 Doa Sujud Terakhir dalam Sholat Sesuai Sunnah
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Juni 2022 - 18:20 WIB
    Memperbanyak doa ketika sujud termasuk anjuran Rasulullah shollallohu alaihi wasallam. Sebab ketika sujud, jarak antara seorang hamba dengan Allah sangatlah dekat.
  • Tata Cara Salat Tahajud Lengkap dengan Niat dan Doanya
    Tips
    Rabu, 13 Maret 2024 - 12:50 WIB
    Salat tahajud menjadi salah satu salat sunnah yang sangat dianjurkan untuk ditunaikan oleh setiap muslim demi meningkatkan takwa, termasuk melsanakannya di bulan Ramadan ini.
  • Tata Cara Mandi Besar Menurut Ustaz Adi Hidayat
    Tausyiah
    Senin, 20 Juni 2022 - 21:32 WIB
    Cara mandi besar menurut Ustaz Adi Hidayat (UAH) perlu kita simak. beliau menjelaskan tata cara mandi junub yang bersumber dari Kitab Shahih Muslim.
  • Hitamnya Dahi Bekas Sujud, Apakah Pertanda Orang Saleh?
    Tausyiah
    Kamis, 16 November 2023 - 18:09 WIB
    Mungkin ada yang mengira bahwa hitamnya dahi (jidat hitam) merupakan tanda kesalehan seseorang, karena dianggap sering sholat. Pertanyaannya, mengapa timbul bekas hitam tersebut?
  • Tata Cara Salat Idulfitri dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Senin, 08 April 2024 - 08:52 WIB
    Tata cara salat Idulfitri dan bacaan niatnya penting diketahui umat Islam. Salat Idulfitri sendiri adalah salat yang dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal setelah berakhirnya bulan Ramadan.
  • Tata Cara dan Bacaan Niat Mandi Sholat Jumat
    Tips
    Kamis, 02 Juni 2022 - 21:19 WIB
    Sebagian muslim mungkin belum mengetahui tata cara dan niat mandi sholat Jumat. Mandi untuk sholat Jumat merupakan Sunnah Nabi yang sangat dianjurkan.
  • Bacaan Niat Haji dan Urutan Tata Cara Pelaksanaannya
    Dunia Islam
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 16:54 WIB
    Bagi jemaah haji wajib mengetahui bacaan niat Haji dan urutan tata cara melaksanakannya. Sebagaimana kata Nabi, Haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.
  • Berdoa di Waktu Mustajab adalah Saat Sujud, Begini Aturannya!
    Muslimah
    Jum'at, 22 Januari 2021 - 12:27 WIB
    Salah satu waktu mustajab ketika berdoa adalah ketika bersujud dalam salat.Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah beberapa aturan yang harus dipatuhi ketika memanjatkan doa dalam sujud tersebut.
  • Perbaiki Cara Salat Anda, Ada 7 Syarat Sah Sujud
    Tausyiah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 17:14 WIB
    Sujud merupakan salah satu rukun salat yang wajib dipenuhi. Meninggalkannya atau melakukannya dengan tidak memenuhi syarat-syaratnya menyebabkan ibadah salat tidak sah.
  • Pengganti Mandi Junub Boleh Tayamum, Begini Tata Caranya
    Tips
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:02 WIB
    Mandi junub adalah salah satu kewajiban bagi mereka yang memiliki hadas besar karena berhubungan badan, mimpi basah, atau setelah haid bagi perempuan.