Topik Terkait: Tes Cpns (halaman 288)

  • Kisah Ulama yang Dijuluki...
    Hikmah
    Jum'at, 27 Januari 2023 - 22:31 WIB
    Bagi kalangan santri atau penuntut ilmu, sosok ulama yang satu ini pasti sudah tidak asing. Kisahnya cukup populer dan satu-satunya tokoh ulama yang dijuluki Al-Ashom alias si tuli.
  • Kisah Nabi Isa yang...
    Hikmah
    Senin, 09 Januari 2023 - 19:04 WIB
    Para pengarang Sufi sering kali menganggap Yesus sebagai Jalan (a Master of the Way). Kisah ini ditemukan, dengan sedikit perbedaan bentuk, dalam lebih dari satu koleksi Darwis.
  • Agresi Kerajaan Ottoman...
    Dunia Islam
    Minggu, 15 Januari 2023 - 15:32 WIB
    Pengikut-pengikutnya mendapatkan reputasi sebagai ghazi atau prajurit yang berjuang memerangi umat Kristen karena Iman, dan sebagai akibatnya adalah suksesinya yang sekarang dikenal sebagai dinasti Ottoman.
  • Izhar: Pengertian, Hukum...
    Tips
    Senin, 16 Januari 2023 - 00:32 WIB
    Izhar, pengertian hukum dan contoh bacaannya penting diketahui muslim yang sedang belajar tahsin. Izhar menurut bahasa adalah jelas, terang atau tampak.
  • Iman Tidak Cukup Hanya...
    Tausyiah
    Senin, 16 Januari 2023 - 17:36 WIB
    Iman tidak cukup hanya dengan sikap batin yang percaya atau mempercayai sesuatu belaka, tapi menuntut perwujudan lahiriah atau eksternalisasinya dalam tindakan-tindakan.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Surat Nabi Yusuf Ayat...
    Hikmah
    Senin, 23 Januari 2023 - 23:48 WIB
    Lanjutan Tadabbur Surat Yusuf kali ini menceritakan kisah Nabi Yakub alaihissalam, (ayah Nabi Yusuf) kehilangan penglihatannya karena terus menerus menangis dan bersedih.
  • Hadis-hadis Palsu Bulan...
    Tausyiah
    Kamis, 26 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Sebagai bulan haram yang diagungkan Allah, Rajab memang sangat istimewa. Sayangnya, setiap kedatangan bulan Rajab banyak Hadis-hadis palsu berseliweran di media sosial.
  • 5 Fakta Shafiyah binti...
    Muslimah
    Kamis, 26 Januari 2023 - 22:00 WIB
    Shafiyah binti Huyay radhiyallahu anha merupakan salah satu Ummul Mukminin atau istri dari Nabi Muhammad SAW yang berasal dari keturunan Yahudi.
  • Dua Nabi Diuji dengan...
    Hikmah
    Senin, 09 Januari 2023 - 16:04 WIB
    Dua Nabi yang diuji dengan lambatnya dapat keturunan, yaitu Nabi Ibrahim dan Nabi Zakaria alaihimussalam. Doa ini dapat diamalkan kaum muslim yang ingin cepat mendapatkan anak.
  • Sejarah Perang Khandaq:...
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 14:46 WIB
    Sejarah Perang Khandaq menorehkan citra positif bagi umat Islam, kala itu. Perang ini juga dikenal sebagai Pertempuran Al-Ahzab dan Pertempuran Konfederasi.
  • Kisah Sufi: Orang yang...
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 14:51 WIB
    Walaupun anugerah bisa direnggut oleh orang cerdik, kemampuan yang diambil secara benar dari seorang guru seperti Si Pemurah dari Bokhara itu memiliki kekuatan yang melampaui apa yang kasat mata.
  • 7 Karomah Habib Husein...
    Dunia Islam
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Karomah Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus atau dikenal dengan Habib Luar Batang cukup populer di kalangan pecinta ulama dan Ahli Bait Nabi. Berikut tujuh karomahnya.
  • Keutamaan Membaca Al-Quran...
    Tips
    Selasa, 24 Januari 2023 - 09:29 WIB
    Banyak keutamaan membaca Al-Quran surat az-Zumar. Surat ini termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah SAW sebagai pengganti Injil. Nabi senantiasa membacanya setiap malam.
  • Berikut Ayat-ayat Al-Quran...
    Hikmah
    Selasa, 24 Januari 2023 - 14:55 WIB
    Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh umat Islam bagi yang mampu dan memiliki kelebihan harta. Berikut ayat dan dalil tentang zakat.
  • Kapan Isra dan Mikraj...
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 11:29 WIB
    Isra dan Mikraj selalu diperingati kebanyakan umat Islam pada bulan Rajab, yakni 27 Rajab. Padahal, para ulama terdahulu berbeda pendapat mengenai kapan waktu kejadian peristiwa penting itu.
  • Hukum Berobat dengan...
    Tips
    Rabu, 25 Januari 2023 - 23:53 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin ada yang bertanya tentang hukum berobat dengan mengonsumsi obat atau zat yang haram. Bolehkah? Berikut penjelasannya.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Jum'at, 27 Januari 2023 - 23:47 WIB
    Surat Fussilat merupakan surat ke-41 dalam mushaf Al-Quran yang terdiri 54 ayat. Dalam Ayat 22 dijelaskan tentang kebesaran Allah yang Maha Melihat dan Maha Mendengar.
  • Kisah Kedatangan Nabi...
    Hikmah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 15:14 WIB
    Kisah kedatangan Nabi Isa pada akhir zaman versi Islam dan Nasrani hampir sama. Rasulullah SAW menyatakan, sesungguhnya menjelang hari kiamat nanti, Isa akan turun kembali ke bumi.
  • 3 Kelemahan Kristen,...
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Januari 2023 - 15:37 WIB
    Untuk mengapresiasi dengan benar titik temu pertama antara Islam dan Kristen yang diperlukan bagi umat yang beragama Kristen adalah agar mereka sadar akan kelemahan Kristiani di periode zaman itu.
  • Inilah Gambaran Dunia...
    Tausyiah
    Kamis, 12 Januari 2023 - 14:24 WIB
    Tidak beriman seseorang jika tidak percaya adanya malaikat, sebab para malaikat adalah hamba Allah Subhanahu wa Taala yang dibebani untuk melaksanakan ibadah.