Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 86)

  • Doa Berlindung dari...
    Tips
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 12:43 WIB
    Berikut ini doa berlindung dari pemimpin kekanak-kanakan dan bodoh berdasar hadis Nabi Muhammad SAW yang kita dapati tuntunannya dalam Adabul Mufrad, yakni salah satu kumpulan hadis riwayat Imam Bukhari.
  • Menikahkan Anak Gadis...
    Tausyiah
    Selasa, 24 November 2020 - 05:00 WIB
    Ibnu Taimiyah mengatakan menikahkan anak perempuan padahal dia tidak menyukai pernikahan itu, adalah tindakan yang bertentangan dengan prinsip agama dan logika sehat.
  • Doa Pembuka Hati dan...
    Tips
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 07:45 WIB
    Hati manusia sangat sering tertutup. Sehingga seseorang akan sulit mendapat hidayah kebaikan. Tertutupnya hati juga membuat sempitnya rezeki yang berkah dari Allah Subhanahu wa Taala.
  • Kisah Habib Umar dan...
    Hikmah
    Jum'at, 22 November 2019 - 17:29 WIB
    Kala itu usia Habib Umar bin Hafidz, ulama besar pemimpin Pondok Darul Musthafa Hadramaut Tarim Yaman masih sangat muda.
  • Hal-Hal yang Diharamkan...
    Tausyiah
    Senin, 03 Juni 2024 - 15:04 WIB
    Beliau menjelaskan bagi orang ingin berkurban, diharamkan mengambil sesuatu dari rambut, kulit, atau kukunya dalam sepuluh (10) hari pertama dari bulan Dzulhijjah.
  • Ingin Menjadi Wanita...
    Muslimah
    Sabtu, 03 September 2022 - 05:15 WIB
    Islam menempatkan kaum wanita sebagai manusia mulia. Maka beruntunglah kita yang terpilih sebagai perempuan muslimah, karena Allah telah memberikan keistimewaan-keistimewaan khusus untuk kita
  • Bagaimana Hukum Merayakan...
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Pergantian tahun sudah diambang pintu, lantas bagaimana hukumnya umat Islam merayakan tahun baru masehi tersebut? Boleh atau tidak, bagaimana dalilnya?
  • Syukur dengan Lidah:...
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Agustus 2024 - 13:37 WIB
    Ada tiga sisi dari syukur, yaitu dengan hati, lidah, dan anggota tubuh lainnya. Ini kali kita bahas yang kedua: syukur dengan lidah. Al-Quran telah mengajarkan agar pujian kepada Allah disampaikan al-hamdulillah.
  • Ibarat Air Bagi Ikan,...
    Tausyiah
    Senin, 28 September 2020 - 10:03 WIB
    Zikir (dzikrullah) merupakan wujud ketakwaan dan penghambaan kepada Allah Azza wa Jalla. Zikir artinya mengingat, memperhatikan, mengenang, dan mengambil pelajaran.
  • Agama Merupakan Kebutuhan...
    Tausyiah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 21:30 WIB
    Agama bukan saja merupakan kebutuhan manusia, tetapi juga selalu relevan dengan kehidupannya. Adakah manusia yang tidak mendambakan kebenaran, keindahan dan kebaikan?
  • 3 Tanda Orang Bodoh...
    Hikmah
    Rabu, 23 Oktober 2019 - 16:25 WIB
    Orang pintar itu selalu berupaya membebaskan diri dari tiga sifat orang bodoh. Apa saja tanda-tanda orang bodoh? Berikut ulasan singkatnya.
  • Parenting: Islam Melarang...
    Muslimah
    Senin, 12 Februari 2024 - 13:15 WIB
    Penting diperhatikan bagi para orang tua, bahwa Islam sangat melarang perbuatan mencela anak. Mengapa demikian? Karena celaan atau umpatan yang diucapkan orang tua akan sangat membekas di alam bawah sadar anak-anak.
  • Tak Sedikit Umat Islam...
    Tausyiah
    Minggu, 06 September 2020 - 05:00 WIB
    Mereka yang mengingkari ini berpendapat bahwa Rasulullah SAW hanya memiliki satu mukjizat yang nyata yaitu Al-Quranul Karim, dan beliau adalah mukjizat akliah yang teristimewa.
  • Pesantren Modern Berciri...
    Santri
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 07:30 WIB
    Pondok Pesantren (ponpes) Daarut Tauhid yang berlokasi di Jalan Gegerkalong Girang, Setiabudi, Kota Bandung, Jawa Barat, termasuk salah satu ponpes populer di Tanah Air.
  • Kisah Hikmah : Belajar...
    Hikmah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 15:54 WIB
    Menolong orang lain yang kesusahan merupakan amalan yang sangat mulia. Banyak dalil yang menerangkan tentang hal tersebut. Salah satunya dalam hadis Abu Hurairah radhiyallahuanhu.
  • Kisah Terbelahnya Orientasi...
    Hikmah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 14:55 WIB
    Kisah terbelahnya orientasi fiqih menjadi dua kubu, yakni kubu Hijaz (Mekkah dan Madinah) dan Irak terjadi pada masa Khalifah Muawiyah atau Dinasti Umayyah.
  • Seks dalam Islam, Abdul...
    Hikmah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 17:06 WIB
    Seks merupakan bagian dari kesenangan di dunia dan di akhirat. Seseorang dapat memperoleh pahala karena melakukan aktivitas seksual yang sesuai dengan batas-batas yang digariskan oleh agama.
  • Khaizuran, Perempuan...
    Dunia Islam
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 16:41 WIB
    Ibunda Amirul Mukminin Musa al-Hadi dan Harun al-Rasyid ini adalah pelopor peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Lebih dari itu, ia terlibat dalam sengkarut politik berdarah Dinasti Abbasiyah.
  • Apakah Boleh Menikah...
    Hikmah
    Senin, 08 Juli 2024 - 15:15 WIB
    Apakah boleh menikah di Bulan Suro? Pertanyaan ini banyak ditanyakan oleh umat muslim, terutama yang berada di Pulau Jawa. Karena Bulan Suro dikenal sebagai bulan keramat oleh masyarakat Pulau Jawa.
  • Mengenal Lebih Dekat...
    Tausiyah
    Selasa, 26 November 2019 - 07:30 WIB
    Berikut ini ulasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI) mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Mazhab Syafii.