Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 140)

  • Awal Mula Penulisan...
    Hikmah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 21:13 WIB
    Para ulama mulai menuliskan ilmu musthalah hadits pada pertengahan abad ke-4 Hijriyyah, dimana masa pengumpulan hadits dalam satu kitab hampir sudah tidak ada lagi.
  • Benarkah Membunuh Cicak...
    Tips
    Selasa, 16 Mei 2023 - 23:06 WIB
    Benarkah membunuh cicak hukumnya sunnah? Pertanyaan ini sering diperbincangkan sebagian kalangan muslim. Yuk simak penjelasan berikut ini.
  • Hadis yang Menginformasikan...
    Hikmah
    Sabtu, 20 April 2024 - 13:33 WIB
    Al Hafiz Ibnu Hajar Al Asqalani menyebut ada hadis yang menginformasikan tentang akan terjadinya perang antara kaum muslimin dengan Yahudi. Perang itu dimenangan kaum muslim.
  • Kasus Beda Pendapat...
    Hikmah
    Selasa, 29 November 2022 - 08:12 WIB
    Salah satu sebab utama ikhtilaf di antara para sahabat itu adalah prosedur penetapan hukum untuk masalah-masalah baru yang tidak terjadi pada zaman Rasulullah SAW.
  • Mengapa Kemenangan bagi...
    Tausyiah
    Senin, 03 Juni 2024 - 05:15 WIB
    Mengapa kemenangan bagi Palestina tidak disegerakan? Prof Dr Raghib Sirjani mengungkap bahwa pertanyaan yang sama juga pernah disampaikan oleh seorang sahabat bernama Khabab kepada Rasulullah SAW.
  • Hukum Mengucapkan Salam...
    Muslimah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 15:34 WIB
    Perintah mengucapkan salam adalah umum untuk seluruh orang beriman. Perintah ini mencakup laki-laki dan perempuan. Namun, hal ini dikecualikan jika seorang pria mengucapkan salam pada perempuan non mahram.
  • Orang Tua Menyuruh Anaknya...
    Tausyiah
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 16:10 WIB
    Dalam dinamika rumah tangga mungkin kita pernah mendengar kisah orang tua menyuruh anaknya untuk mentalak (menceraikan) istrinya. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini?
  • Keutamaan Bergaul dengan...
    Tausyiah
    Senin, 14 Maret 2022 - 21:12 WIB
    Rasulullah SAW menganjurkan umatnya agar bergaul dengan orang-orang saleh agar membuat kita ingat dan bertambah dekat dengan Allah.
  • Hati-hati! Dosa Besar...
    Muslimah
    Rabu, 24 Agustus 2022 - 09:45 WIB
    Seseorang yang suka menggangu atau menjadi perusak rumah tangga orang lain akan diancam dengan dosa besar yang mengerikan. Bahkan dalam Islam perusak rumah tangga orang ini dinamakan takhbib yang ada ancaman khusus untuknya.
  • Daftar Bisnis yang Diberantas...
    Tausyiah
    Selasa, 04 Januari 2022 - 16:13 WIB
    Islam memberantas beberapa usaha dan mata pencaharian yang usaha itu di dalamnya mengandung bahaya bagi masyarakat, baik terhadap akidahnya, akhlaknya.
  • Abu Sufyan bin Harits...
    Hikmah
    Senin, 16 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Sepupu Nabi SAW ini hampir saja masuk Islam ketika melihat sesuatu yang mengherankan hatinya ketika perang Badar, yakni sewaktu ia berperang di pihak Quraisy. Tapi itu tidak dilakukan.
  • Awas! Utang Bisa Jadi...
    Muslimah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 13:58 WIB
    Islam melarang umatnya untuk meninggal dalam keadaan memilki utang. Islam memandang utang bisa menjadi pemberat dan penghapus kebaikan kita kelak dihisab di akhirat.
  • Kisah Masuknya Islam...
    Hikmah
    Rabu, 16 Juni 2021 - 20:40 WIB
    Ketika beliau wafat, Nabi SAW melakukan salat ghaib untuknya, salat yang belum pernah beliau lakukan sebelumnya. Dialah Ashamah bin Abjar yang dikenal dengan sebutan An-Najasyi.
  • 6 Pos Sektor Khusus...
    Dunia Islam
    Jum'at, 28 Juni 2024 - 08:35 WIB
    Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Madinah sektor Khusus Nabawi menyiapkan sejumlah pos khusus di sekitar Masjid Nabawi untuk melayani jemaah haji.
  • Fakta Unik Maroko, Negara...
    Dunia Islam
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Selain dikenal sebagai Negeri Maghribi (Al-Mamlakah Al-Maghribiyah) yang artinya kerajaan dari Barat, Maroko dijuluki buminya para wali yang melahirkan enam tarekat besar di dunia.
  • 4 Keutamaan Asmaul Husna...
    Tausiyah
    Sabtu, 11 Januari 2020 - 17:06 WIB
    Ustaz Muhammad Subkhi Al-Bughury menjelaskan keutamaan Asmaul Husna saat mengisi kajian di Masjid Raya Bani Umar, Tangerang Selatan.
  • Al-Quran Menceritakan...
    Tausyiah
    Jum'at, 29 Desember 2023 - 09:28 WIB
    Al-Quran banyak berbicara tentang sifat dan sikap Ahl Al-Kitab terhadap kaum Muslim, dan berbicara tentang keyakinan dan sekte mereka yang beraneka ragam. .
  • Pra Islam: Ketika Orang-Orang...
    Hikmah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 09:32 WIB
    Kala itu, kekuasaan di Irak dan di Syam silih berganti antara kedua imperium Persia dan Romawi. Adakalanya Persia merebut Syam dari Romawi lalu digabung dengan Irak yang ada di bawah kekuasaannya.
  • 10 Doa Agar Dikaruniai...
    Tausyiah
    Senin, 13 Juli 2020 - 19:42 WIB
    Salah satu doa mustajab yaitu doa orang tua kepada anaknya. Bagi yang menginginkan anak saleh/saleha, baik, dan pintar, berikut doa yang bersumber dari Al-Quran dan Hadis.
  • Arti Naskh: Bukan Mustahil...
    Hikmah
    Selasa, 27 Agustus 2024 - 07:23 WIB
    Ada di antara mereka yang beranggapan bahwa suatu ketetapan hukum yang ditetapkan oleh satu kondisi tertentu telah menjadi mansukh apabila ada ketentuan lain yang berbeda akibat adanya kondisi lain.