Topik Terkait: Update Corona Sidrap (halaman 500)

  • Kisah Wafatnya Nabi Dawud yang Diselewengkan Bani Israil
    Hikmah
    Jum'at, 20 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Wafatnya Nabi Dawud alaihissalam (AS) adalah satu dari banyak kisah para Nabi dan Rasul yang sarat hikmah dan pelajaran. Berikut kisahnya.
  • 5 Fadhillah Mengingat Mati
    Tausiyah
    Jum'at, 20 Desember 2019 - 15:01 WIB
    Dalam Al-Quran, Allah Taala mengingatkan orang-orang beriman agar wafat dalam keadaan Islam. Maka hendaklah bertakwa kepada Allah dengan sebenar-benarnya takwa.
  • Ternyata Karl Marx Mengagumi Sosok Nabi Muhammad
    Hikmah
    Senin, 23 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Dalam Buku Muhammad di Mata Cendekiawan Barat karya Syeikh Khalil Yasin (judul asli Muhammad Inda Ulama II Charb), Karl Marx ternyata memuji sosok Nabi Muhammad SAW.
  • MAHYA Abadikan Nama M Asad Shahab, Jurnalis Arab Penyebar Berita Proklamasi
    Hikmah
    Selasa, 24 Desember 2019 - 01:14 WIB
    MAHYA, organisasi intelektual dan pemikir dari kalangan Habaib baru saja meresmikan nama M Asad Shahab sebagai ruang baca Perpustakaan Kanzul Hikmah.&nbsp
  • 50 Istilah Arab yang Populer di Masyarakat Berikut Artinya
    Tausiyah
    Selasa, 24 Desember 2019 - 07:30 WIB
    Istilah-istilah Arab saat ini semakin akrab di tengah masyarakat muslim Indonesia. Berikut 50 Istilah-istilah Arab yang populer di tengah masyarakat.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Siapakah Yajuj dan Majuj dan Bagaimana Cirinya?
    Hikmah
    Kamis, 26 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Penyebutan Yajuj dan Majuj sebagai tanda besar datangnya hari kiamat telah disebutkan dalam Al-Quran dan hadis-hadis Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Peristiwa Gerhana di Masa Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 26 Desember 2019 - 16:32 WIB
    Ada yang bertanya berapa kali Nabi Muhammad SAW melaksanakan salat gerhana dan berapa kali terjadi gerhana matahari dan bulan di masa Beliau?
  • Doa Ini Pendek Tapi Fadillahnya Luar Biasa
    Tausiyah
    Kamis, 26 Desember 2019 - 20:33 WIB
    Ada satu doa yang diajarkan Beliau shallallahu alaihi wa sallam (SAW) yang lafaznya pendek namun keutamannya (fadillah) dan sangat besar.
  • Inilah Keluarga Islam Pertama yang Hijrah di Jalan Allah
    Hikmah
    Kamis, 26 Desember 2019 - 21:16 WIB
    Ketika Nabi Muhammad SAW melakukan dakwah jahriyah (terang-terangan) di tahun ke-4, saat itu pula kaum musyrikin Makkah melakukan penindasan kepada kaum muslimin.
  • Ilmu Wudhu yang Wajib Kamu Ketahui (1)
    Hikmah
    Sabtu, 28 Desember 2019 - 16:39 WIB
    Thaharah atau bersuci (bersih) adalah ilmu fiqih dasar yang wajib dipelajari oleh umat muslim. Ilmu thaharah ini meliputi kajian tentang berwudhu, tayammum dan mandi.
  • Kiyai Yusuf Aman Apresiasi Refleksi dan Raker MUI Jakpus
    Hikmah
    Minggu, 29 Desember 2019 - 16:32 WIB
    Sekum Majelis Ulama Indonesia DKI Jakarta, Kiyai Yusuf Aman mengapresiasi kegiatan refleksi dan Raker yang digelar MUI Jakarta Pusat pada Jumat lalu.
  • Muhasabah Akhir Tahun, Ingat 5 Perkara Sebelum 5 Perkara
    Hikmah
    Senin, 30 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Masa atau waktu memiliki keistimewaan dan hakikat yang luar biasa. Betapa hebatnya peringatan waktu hingga Allah Taala bersumpah dengannya di dalam Al-Quran.
  • Catatan Akhir Tahun Jakarta Islamic Centre
    Hikmah
    Senin, 30 Desember 2019 - 20:17 WIB
    Jakarta Islamic Centre memberikan beberapa catatan mengenai peristiwa yang terkait persoalan umat Islam di ibukota Jakarta sepanjang 2019.
  • Kisah Rasulullah Ketika Diganggu dan Disakiti Abu Jahal
    Hikmah
    Selasa, 31 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Sejak munculnya dakwah Islamiyyah, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) kerap dimusuhi bahkan dilecehkan kaum kafir Quraisy.
  • Ilmu Wudhu yang Wajib Kamu Ketahui (3)
    Hikmah
    Selasa, 31 Desember 2019 - 16:35 WIB
    Sebelumnya telah dijelaskan 6 wajib wudhu 13 sunnah-sunnah berwudhu. Selanjutnya kita akan jelaskan perkara-perkara yang membatalkan wudhu.
  • Menyikapi Perayaan Tahun Baru Masehi
    Hikmah
    Selasa, 31 Desember 2019 - 18:49 WIB
    Suatu hari, Rasulullah SAW duduk bersama para sahabat, di situ beliau bercerita tentang hari kiamat dan yang berhubungan dengan hal tersebut.
  • Surga dan Bidadari Bersolek Menyambut Ramadan
    Tausiyah
    Selasa, 08 Mei 2018 - 00:24 WIB
    Tinggal hitungan hari, bulan suci Ramadan akan datang menyapa kita. Bulan yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat Islam di penjuru dunia.
  • Belajar dari Kisah Para Nabi dan Rasul
    Hikmah
    Selasa, 08 Mei 2018 - 06:05 WIB
    Alquranul-Karim merupakan kitab suci yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Firman-Nya berisi petunjuk kebenaran agar manusia memperoleh keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat.
  • Kapan Awal Puasa Ramadhan? Ini Penjelasannya
    Hikmah
    Rabu, 09 Mei 2018 - 16:08 WIB
    Fenomena yang sudah tidak asing dan mungkin bisa dikatakan &lsquomembosankan&rsquo bagi umat Islam di Indonesia, biasa terjadi dalam penetapan tanggal 1 Ramadan dan 1 Syawal.
  • Bulan Ramadhan, Kebangkitan Bagi Peradaban Islam
    Hikmah
    Jum'at, 11 Mei 2018 - 17:29 WIB
    Masa itu dunia dalam kegelapan. Hukum yang berlaku hanyalah hukum rimba. Siapa yang kuat dialah yang berkuasa. Siapa yang lemah dialah yang tertindas.