Topik Terkait: Zubair Bin Awwam (halaman 3)

  • Keturunan Rasulullah SAW: Cucu Ali bin Abu Thalib yang Banyak Julukan
    Hikmah
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 17:49 WIB
    Kaumnya memberi julukan Zainul Abdin dan julukan ini justru lebih dikenal daripada nama aslinya. Selain itu karena sujud yang sangat lama, penduduk Madinah juga menyebutnya sebagai Assajad.
  • Kisah Sebuah Teladan Ali bin Abi Thalib yang Mencintai Ukhuwah
    Hikmah
    Sabtu, 18 Maret 2023 - 19:48 WIB
    Tidak ada khalifah yang paling mencintai ukhuwwah, ketika orang berusaha menghancurkannya, seperti Ali ibn Abi Thalib. Baru saja dia memegang tampuk pemerintahan, beberapa orang tokoh sahabat melakukan pemberontakan.
  • Pembebasan Syam: Kisah Khalid bin Walid dan Pasukannya Melakukan Perjalanan dari Irak
    Hikmah
    Sabtu, 09 Desember 2023 - 10:05 WIB
    Panglima perang kaum muslimin, Khalid bin Walid menempuh perjalanan dari Irak menuju Syam sesuai perintah Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq. Khalid dan pasukannya harus membebaskan Syam dari Romawi.
  • Kisah Umar Bin Khattab: Ketika Dua Perempuan Menolak Lamarannya
    Hikmah
    Minggu, 17 April 2022 - 19:30 WIB
    Pada saat Islam datang dan Umar menjadi tokoh besar dalam mendakwahkan ajaran itu, perempuan justru kurang berminat dengan dirinya. Umar dianggap terlalu galak, jarang senyum, dan pelit.
  • Kisah Umar bin Khattab Ditikam Abu Luluah Orang Kafir Persia
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 08:54 WIB
    Baru saja ia mulai niat salat hendak bertakbir tiba-tiba muncul seorang laki-laki di depannya berhadap-hadapan dan menikamnya dengan khanjar tiga atau enam kali yang sekali mengenai bawah pusar.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kisah Khalifah Sulaiman Menunjuk Umar bin Abdul Aziz sebagai Penggantinya
    Dunia Islam
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 17:21 WIB
    Sulaiman bin Abdul Malik menjadi khalifah pada Dinasti Umayyah pada tahun 96 H. Sebelum wafat, ia menunjuk Umar bin Abdul Aziz sebagai penggantinya.
  • Sulit Menyakinkan Umat Islam, Begini Pengakuan Umar bin Khattab
    Hikmah
    Rabu, 09 September 2020 - 14:57 WIB
    Mereka memang sudah mengenal Umar sebagai yang suka berterus terang, lahirnya sama dengan batinnya, yang dikatakannya dan yang tidak dikatakannya sama.
  • Kisah Pembebasan Ray Pusat Dinasti Pemimpin Zoroaster di Era Umar bin Khattab
    Dunia Islam
    Minggu, 28 April 2024 - 17:16 WIB
    Raja Ray ketika itu Siyavakhasy Mihran anak Bahram Chobin. Sesudah mereka bertemu di Waj Ruz ia yakin bahwa pasukan Muslimin tidak akan pulang kembali sebelum menyerangnya untuk menerobos ke dalam ibu kota.
  • Kisah Kekalahan Ali bin Abi Thalib dari Utsman bin Affan dalam Pemilihan Khalifah
    Hikmah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 05:49 WIB
    Sumber kedua mengatakan bahwa setelah Abdur-Rahman membaiat Utsman, Ali berkata kepadanya: Anda merangkak untuk selamanya. Ini bukan yang pertama kali Anda memperlihatkan kekuatan Anda kepada kami.
  • Kisah Syuraih Bin al-Harits: Menangkan si Kafir dalam Sengketa dengan Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Kamis, 14 April 2022 - 13:49 WIB
    Tatkala Syuraih bin al-Harits menjadi qadhi atau hakim dalam sengketa baju perang antara Ali bin Abi Thalib dan seorang kafir dzimmi dia menolak Hasan dan Husein sebagai saksi.
  • Kisah Imam Ahmad bin Hanbal dan Istighfar Tukang Roti
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 23:50 WIB
    Imam Ahmad bin Hanbal, ulama besar pendiri mazhab Hanbali (murid Imam Syafii) punya kisah menarik bertemu dengan seorang penjual (tukang) roti.
  • 3 Karomah Utsman Bin Affan, Sahabat Berjuluk Dzun Nurain
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 21:21 WIB
    Utsman bin Affan selain dikenal karena kedermawanannya, beliau adalah orang yang berjasa dalam merangkum Al-Quran menjadi mushaf yang kita baca saat ini. Berikut tiga karomah beliau.
  • Takdir Manusia di Lauhul Mahfuzh dan Doa Umar Bin Khattab
    Hikmah
    Minggu, 23 Januari 2022 - 20:37 WIB
    Semua kejadian di alam ini termasuk takdir manusia telah ditetapkan dan tertulis di Lauhul Mahfuzh. Setiap hari Allah memeriksanya sebanyak 360 kali pemeriksaan.
  • Orang Buta di Mata Imam Ahmad Bin Hanbal
    Tausyiah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 16:31 WIB
    Ada satu kisah Imam Ahmad Bin Hanbal yang mengandung pelajaran berharga. Kisah ini disampaikan Ustaz Muchlis Al-Mughni (Dai lulusan Al-Azhar Mesir) dalam satu tausiyahnya.
  • Kisah Muawiyah bin Yazid Menolak Menjadi Khalifah karena Trauma
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Februari 2022 - 14:56 WIB
    Muawiyah bin Yazid atau Muawiyah II (664684) sedianya menggantikan ayahnya menduduki kursi khalifah. Hanya saja ia menolak kendati akhirnya dibaiat pada tanggal 14 Rabiul Awwal 64 Hijriah.
  • Sebelum Umar bin Khattab Wafat, Pendeta Yahudi: Waktunya Tinggal 3 Hari
    Hikmah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 13:56 WIB
    Suatu ketika Kaab al-Ahbar mendatangi Khalifah Umar bin Khattab dan berkata: Amirulmukminin, ketahuilah bahwa dalam tiga hari ini Anda akan meninggal.
  • 10 Keistimewaan Umar bin Khattab, Ditakuti Setan Hingga Punya Tempat Khusus di Surga
    Hikmah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 18:00 WIB
    Sayidina Umar bin Khattab radhiyallahu anhu adalah sababat Nabi yang memiliki banyak keutamaan dan berjasa besar untuk Islam. Berikut 10 keistimewaan Umar yang dijuluki Al-Faruq.
  • Kisah Mengharukan Detik-Detik Jelang Wafatnya Khalifah Umar bin Abdul Aziz
    Hikmah
    Rabu, 02 September 2020 - 15:01 WIB
    Lihatlah, wahai Maslamah, ke rumah seperti apa engkau akan menempatkan diriku dan dengan keadaan seperti apa dunia menyerahkan diriku ke rumah tempat kembali ku.
  • Wasiat Sang Dermawan Sa’id bin al-‘Ash Menjelang Wafat
    Hikmah
    Senin, 19 April 2021 - 17:17 WIB
    Sungguh, aku tidak temukan wajah orang yang (sedang dalam kebutuhan), (kecuali) dia (terus) bergerak-gerak (gelisah) di atas tempat tidurnya sembari teringat akan kebutuhannya.
  • Utsman bin Affan, Sahabat Nabi yang Disegani Malaikat
    Hikmah
    Selasa, 05 Juni 2018 - 09:45 WIB
    Utsman bin Affan radhiallahu anhu (RA) adalah sahabat Nabi yang menjadi Khalifah ketiga setelah Abu Bakar dan Umar Bin Khattab RA. Pada masa Islam beliau dijuluki Abu &lsquoAbdillah.