Kumpulan Artikel: Berkurban (halaman 4)

  • Hukum Berkurban untuk Orang yang Sudah Meninggal
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 21:25 WIB
    Hukum berkurban untuk orang yang sudah meninggal perlu diketahui umat Islam supaya tidak salah kaprah dalam menafsirkan hukum. Begini penjelasannya.
  • Beda Pendapat Ulama tentang Syarat Sah Kurban secara Kolektif
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 20:46 WIB
    Maksud dari pelaksanaan ibadah kurban secara kolektif adalah secara bersama atau gabungan. Para ulama berbeda pendapat tentang jumlah orang yang berkurban dalam seekor hewan kurban.
  • Hukum Kurban Ayam di Hari Idul Adha Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 17:03 WIB
    Hukum kurban ayam pada hari Idul Adha menurut Gus Baha menarik untuk disimak. Lazimnya umat Islam berkurban dengan menyembelih kambing, kerbau atau sapi.
  • Bolehkah Menjual Kulit dan Kepala Hewan Kurban?
    Tips
    Kamis, 09 Juni 2022 - 20:03 WIB
    Hal yang tidak dapat dihindarkan dari ibadah kurban antara lain adalah terkait penjualan kulit dan kepala hewan kurban. Motifnya beraneka ragam. Lalu bolehkah hal tersebut dilakukan?
  • Bolehkah Seorang Istri Berkurban Sendiri Menggantikan Posisi Suami?
    Muslimah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 11:30 WIB
    Banyak contoh seorang istri yang mampu berkurban karena berdikari secara ekonomi, sementara, di saat yang sama, suami tidak berpenghasilan cukup. Bolehkah istri melaksanakan kurban menggantikan posisi suami ?
  • Dalil Berkurban dan Keutamaannya, Amal yang Paling Dicintai Allah
    Tausyiah
    Rabu, 08 Juni 2022 - 21:32 WIB
    Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada hari Idul Adha adalah menyembelih hewan kurban. Berikut dalil dan keutamaan menyembelih hewan kurban.
  • 4 Perbedaan Kurban dan Zakat
    Tausyiah
    Rabu, 08 Juni 2022 - 15:34 WIB
    Ada banyak perbedaan antara kurban dengan zakat, meskipun juga ada banyak kesamaan. Namun yang perlu lebih digarisbawahi adalah perbedaannya.
  • Hukum Kurban: Syafiiyah Nyatakan Sunah ‘Ain bagi Tiap Pribadi dan Sunah Kifayah bagi Tiap Keluarga
    Tausyiah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 08:47 WIB
    Para ahli fikh berbeda pendapat tentang hukum pelaksanaan ibadah kurban. Abu Hanifah dan para pengikutnya menyatakan ibadah kurban hukumnya wajib dilaksanakan setiap tahun bagi mereka yang mampu
  • Pahala dan Keutamaan Ibadah Kurban
    Tips
    Selasa, 07 Juni 2022 - 08:14 WIB
    Pahala menyembelih hewan kurban dengan niat Taqarrub Ilallah (niat mendekatkan diri kepada Allah) adalah menjadi orang yang Shalih di hadapan Allah. Dan itu adalah sebaik-baik pahala di sisi Allah
  • Bolehkah Kurban dengan Kambing Betina?
    Tips
    Senin, 06 Juni 2022 - 23:25 WIB
    Bolehkah kurban dengan kambing betina? Mana lebih baik, berkurban dengan hewan jantan atau betina? Pertanyaan ini sering muncul menjelang Hari Raya Idul Adha.
  • Bolehkah Kurban Sapi Betina? Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 06 Juni 2022 - 17:59 WIB
    Bolehkah kurban sapi betina? Secara eksplisit tidak dijelaskan dalam suatu nash, baik Al-Quran maupun hadis terkait pilihan dan keutamaan jenis kelamin tertentu untuk hewan kurban.
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu, Wajib Atau Sunnah?
    Tausyiah
    Senin, 06 Juni 2022 - 14:45 WIB
    Tak lama lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah. Bagaimana sebenarnya hukum berkurban bagi yang mampu? Wajib atau sunnah?
  • Sejarah Kurban: Ibadah yang Bukan Hanya Disyariatkan kepada Nabi Ibrahim
    Hikmah
    Senin, 06 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya, pensyariatan ibadah kurban adalah suatu sunah yang telah amat lama. Ibadah ini pertama kali dilakukan oleh putra Nabi Adam AS, yaitu Habil dan Qabil.
  • Kurban Para Perantau, di Kampung Halaman Apa di Wilayah Domisili?
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 19:11 WIB
    Tujuan utama kurban adalah mengagungkan syiar-syiar Allah. Syiar tidak akan terjadi, kecuali apabila dilakukan di dalam negeri tertentu, sehingga bisa dilihat oleh orang dewasa maupun anak-anak.
  • Cara Menabung untuk Kurban Sesuai Syariat
    Tips
    Selasa, 25 Januari 2022 - 16:00 WIB
    Kurban yang dilaksanakan pada setiap perayaan Idul Adha merupakan syiar agama dan simbol ketakwaan dan kecintaan kepada Allah Subhanahu wa taala
  • Sholat Sudah Dilakukan Pada Masa Nabi Ibrahim, Begini Tata Caranya
    Tausyiah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 09:09 WIB
    Tata cara sholat Nabi Ibrahim as pada waktu peristiwa kurban menjadi ketetapan sholat wajib bagi kaum muslimin atau umat Nabi Muhammad SAW. Kala itu Nabi Ibrahim sholat 4 rakaat.
  • Berikut Dalil Hukum Kurban Adalah Sunnah Muakkad bagi yang Mampu
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juli 2021 - 04:33 WIB
    Salah satu pendapat yang menonjol adalah sunnah atau sunnah muakkad bagi yang mampu. Maknanya bukan wajib bagi yang mampu. Mereka yang berpendapat demikian berpijak pada beberapa hadis.
  • Dalil-Dalil yang Mewajibkan  Menyembelih Kurban Bagi yang Mampu
    Tausyiah
    Senin, 19 Juli 2021 - 19:15 WIB
    Setidaknya ada enam hadis yang dijadikan landasan ulama yang berpendapat bahwa hukum berkurban wajib bagi tiap muslim yang mampu. Abu Hanifah dan Imam Malik, termasuk yang mewajibkan.
  • Khutbah Idul Adha: Kurban sebagai Perwujudan Takwa
    Tausyiah
    Senin, 19 Juli 2021 - 17:29 WIB
    Naskah khutbah Idul Adha ini disusun oleh Prof Dr KH Ahmad Thib Raya, MA, guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Isinya antara lain mengangkat pesan penting di balik ibadah kurban.
  • Berkurban Atas Nama Orang Tua atau Orang Lain, Bagaimana Pahalanya?
    Tips
    Senin, 19 Juli 2021 - 10:30 WIB
    Salah satu rukun sah dari berkurban adalah membaca niat dalam berkurban. Lalu, bagaimana hukumya jika niat berkurban atas nama orang tua atau nama keluarga yang lain? Lantas, bagaimana pahalanya untuk yang berkurban?