Topik Terkait: Hukum Mencukur Alis

  • Hukum Mencukur Alis Menurut Islam
    Muslimah
    Senin, 28 Juni 2021 - 18:40 WIB
    Hukum mencukur alis menurut Islam adalah haram, baik sebagian atau secara keseluruhan. Fikih Islam mengistilahkan perbuatan tersebut dengan namsh. Arti kata namsh sendiri berarti mencabut atau mencukur bulu alis.
  • Ternyata Begini Hukum Mencukur Alis Bagi Wanita dalam Islam
    Tips
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 14:50 WIB
    Alis diciptakan memiliki peran penting dalam melindungi mata dari debu dan keringat yang bisa mengganggu penglihatan. Namun tak jarang wanita mencukur alisnya untuk memenuhi unsur estetika. Lantas bagaimana hukum mencukur alis wanita dalam Islam?
  • Hukum Merayakan Hari Valentine dalam Islam, Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 13 Februari 2023 - 15:52 WIB
    Hukum merayakan Hari Valentine bagi umat Islam adalah haram. Demikian kata Pengasuh LPD Al-Bahjah, Buya Yahya dalam kajiannya di media sosial dan Fatwa MUI.
  • Hukum Mencabut dan Mewarnai Uban, Haram Atau Makruh?
    Tausyiah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 15:12 WIB
    Hukum mencabut dan mewarnai uban telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sejak 14 abad lalu. Berikut penjelasan rinci dari berbagai Hadis Nabi.
  • Hukum Menqashar Sholat Bagi Musafir, Berapa Lamakah Batasan Waktunya?
    Tips
    Rabu, 28 Desember 2022 - 17:43 WIB
    Musim liburan telah tiba. Bagi umat muslim di Indonesia perlu mengetahui hukum dan batasan waktu meng-qashar sholat ketika bepergian (safar). Berikut penjelasannya.
  • Hukum Kurban Tapi Belum Aqiqah, Manakah yang Didahulukan?
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 17:20 WIB
    Bagaimana hukum kurban tapi belum melaksanakan aqiqah, manakah yang harus didahulukan menurut syariat? Pertanyaan semacam ini, masih banyak terjadi di masyarakat.
  • Bagaimana Hukum Puasa Disuntik Vaksin?
    Tausyiah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 17:31 WIB
    Vaksin Booster disebut menjadi syarat untuk mudik Lebaran 2022. Lalu, bagaimana hukumnya puasa disuntik vaksin? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Apakah Hukum Air Mani Suci atau Najis?
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 07:19 WIB
    Apakah hukum air mani suci atau najis? Para ulama berbeda pendapat tentang status air mani, ada yang berpendapat itu tergolong benda yang najis dan ada yang berpendapat itu suci.
  • Hukum Memakai Pensil Alis bagi Perempuan Menurut Islam
    Muslimah
    Senin, 03 Januari 2022 - 13:48 WIB
    Hukum memakai pensil alis bagi perempuan diperbolehkan selama tidak berlebihan dan melanggar ketentuan syariat. Islam sangat menganjurkan kerapian baik rambut, bulu alis, kuku, dan lain sebagainya.
  • Dasar Hukum Nikah: Lebih Baik jika Sama-Sama Mencintai
    Hikmah
    Selasa, 28 November 2023 - 14:25 WIB
    Kedua sumber inilah yang menjadi dasar atas legalisasi praktik pernikahan. Dengan demikian nikah baru dianggap sah atau tidak tergantung kepada harmonisasi nikah itu sendiri.
  • Hukum Menyingkat Sholawat dengan SAW, Bolehkah?
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 17:41 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin pernah menyingkat Sholawat dengan SAW atau menulis huruf SWT di belakang nama Allah. Bagaimana hukumnya dalam syariat?
  • Hukum Kurban: Rasulullah SAW Menyembelih 2 Ekor Domba Jantan
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 13:20 WIB
    Rasulullah SAW memerintahkan kepada para sahabatnya agar mereka menyembelih jadza dari domba, dan tsaniyya dari yang selain domba. Begini penjelannya.
  • Hukum Mendengarkan Musik dalam Islam, Benarkah Hukumnya Boleh?
    Tausyiah
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 10:27 WIB
    Hukum mendengarkan musik dalam Islam sampai saat ini masih kerap menimbulkan kebingungan dalam diri umat Muslim. Karena sekelompok orang mengatakan boleh, namun sebagian lain tidak membenarkannya.
  • UAS: Hukum Baca Surat Yasin Malam Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 13 Agustus 2021 - 17:17 WIB
    UAS: hukum baca Surat Yasin di malam Jumat perlu diketahui kaum muslimin. Sebagian kalangan menganggapnya bidah, padahal memiliki dalil yang jelas.
  • Hukum Puasa Orang yang Sakit Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Minggu, 02 April 2023 - 17:37 WIB
    Sakit yang membolehkan berbuka adalah sakit yang menyebabkan si penderita tidak mampu lagi untuk melaksanakan puasa atau bila ia berpuasa justru memperparah kondisinya.
  • Hukum Main Game Online Menurut Buya Yahya 
    Tausyiah
    Selasa, 22 November 2022 - 19:05 WIB
    Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Cirebon Buya Yahya memberi pandangan terkait hukum bermain game online. Berikut penjelasannya.
  • Hukum Mengucapkan Selamat Natal bagi Umat Islam
    Tausyiah
    Senin, 18 Desember 2023 - 12:49 WIB
    Hukum mengucapkan Selamat Natal bagi umat Islam kerap menjadi topik hangat di bulan Desember ini. Hal tersebut selalu diperdebatkan setiap perayaan Natal tanggal 25 Desember.
  • Bagaimana Hukum Kurban Kerbau seperti yang Dilakukan Masyarakat Kudus?
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 12:40 WIB
    Hukum kurban kerbau adalah sah, dan hukumnya sama dengan berkurban dengan sapi, sebab kerbau merupakan hewan yang masih terkategorikan sebagai spesies dari sapi.
  • Hukum Berkurban untuk Orang yang Sudah Meninggal
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 21:25 WIB
    Hukum berkurban untuk orang yang sudah meninggal perlu diketahui umat Islam supaya tidak salah kaprah dalam menafsirkan hukum. Begini penjelasannya.
  • Hukum Melepas Alas Kaki di Kuburan
    Tips
    Kamis, 10 Juni 2021 - 11:48 WIB
    Seringkali ada adab yang terlupa ketika berziarah kubur ini, salah satunya yakni melepas alas kaki ketika di kuburan. Bagaimana sebenarnya hukum melepas alas kaki di kuburan ini?