Topik Terkait: Ujian Dunia

  • Keindahan Dunia yang Bisa Mendatangkan Ujian Hidup
    Hikmah
    Senin, 06 November 2023 - 08:11 WIB
    Ada keindahan dunia yang sangat disukai manusia, padahal keindahan itulah yang bisa menjadi ujian hidup bagi seorang hamba. Apa saja keindahan dunia tersebut?
  • Tipu Daya Duniawi (2): Kemewahan dan Kenikmatan Dunia Sebagai Ujian
    Tausyiah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 16:04 WIB
    Sesungguhnya segala macam kenikmatan dunia adalah ujian dari Allah SAW, karena pada dasarnya setiap manusia memiliki kecenderungan atau rasa suka terhadap hal-hal dunia
  • Nasehat Menghadapi Ujian dan Fitnah Akhir Zaman
    Muslimah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 06:13 WIB
    Fitnah telah berada di sekitar kita, mulai dari depan, dari belakang, dari kanan, dari kiri, dari berbagai unsur kehidupan. Dan fitnah itupun berkepanjangan, lama, berkesinambungan dan semakin dahsyat dari satu waktu ke waktu yang lainnya.
  • Masalah dan Ujian Hidup Tak Kunjung Selesai? Tunggulah Jalan Keluar Hanya dari Allah Taala
    Tips
    Selasa, 15 Februari 2022 - 16:06 WIB
    Merasa ujian dan masalah hidup tak kunjung selesai dan tak pernah ada solusi atau jalan keluarnya? Maka tunggulah jalan keluar dari Allah SUbhanahu wa taala.
  • Ujian di Alam Kubur, Bisa Jadi Taman Surga Atau Lubang Neraka
    Hikmah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 13:45 WIB
    Apabila seseorang selamat di alam kubur maka setelahnya akan lebih mudah bagi dia. Nabi shallallahu alaihi wasallam mengingatkan manusia tentang fitnah kubur.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Fitnah? Biar Nggak Gagal Paham, Begini Kata Al-Quran
    Tips
    Kamis, 03 November 2022 - 11:06 WIB
    Makna fitnah versi KBBI berbeda dengan makna fitnah dalam Al-Quran dan bahasa Arab. Dari sekian banyak ayat-ayat yang berbicara mengenai fitnah, setidaknya ada lima makna fitnah dalam Al-Quran.
  • Perlunya Mengerti Hakikat Ujian dan Kesabaran
    Muslimah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 21:47 WIB
    Dalam perjalanan rumah tangga kehidupan setiap orang penuh dengan ujian. Bahkan, berbagai ujian itu kadang dirasakan datang terus menerus tiada henti.
  • Benarkan Orang Kafir Bebas Ujian di Dalam Kubur?
    Tausyiah
    Senin, 22 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Imam Tirmidzi, Ibn Abdil Barr, dan Imam Suyuthi berpendapat hanya orang beriman saja yang diuji di dalam kubur, sedangkan orang kafir lepas dari ujian.
  • Syafruddin Dikukuhkan Jadi Wakil Presiden Dunia Melayu Dunia Islam
    Dunia Islam
    Rabu, 13 April 2022 - 18:02 WIB
    Presiden DMDI Tun Sri Setia (DR) H Mohd Ali bin Mohd Rustam mengukuhkan jabatan Wakil Presiden DMDI kepada mantan Wakapolri Komjen Pol Purn Dr (HC) H Syafruddin di Melaka, Rabu (13/4/2022).
  • Ciri Ujian Disayang Allah, Inilah Tanda-tandanya
    Muslimah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 19:13 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memberikan ujian kepada manusia untuk melihat seberapa besar kemampuan manusia dalam menjalani dan melewati permalahan hidup tersebut
  • Menjadi Bidadari di Dunia
    Muslimah
    Minggu, 01 November 2020 - 08:39 WIB
    Bidadari seringkali digambarkan seorang perempuan yang cantik jelita tiada tara. Setiap perempuan tentu sangat memimpikan menjadi bidadari, tak hanya di akhirat kelak, termasuk juga bidadari di dunia.
  • 7 Hal Indah yang Disukai Manusia
    Muslimah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 06:19 WIB
    Semua yang terlihat indahdi dunia akan disukai, padahal semua yang indah dalam pandangan manusia dalam rangka ujian yang Allah Taala berikan kepada hamba-hamba-Nya.
  • Islamofobia: Sosiolog Ini Bilang Eropa Kalah dalam Ujian Toleransi
    Dunia Islam
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 15:59 WIB
    Meningkatnya angka kekerasan terkait Islamofobia mewakili gelombang baru itu. Permusuhan terhadap Islam telah menjadi faktor penting dalam pembentukan identitas Eropa sejak Perang Salib.
  • 3 Manfaat Harta Dunia untuk Memborong Pahala Akhirat
    Tips
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 12:15 WIB
    Sejatinya, harta memiliki banyak manfaat dari aspek dunia atau pun aspek agama. Manfaat dari sisi dunia misalnya, dengan harta manusia bisa makan makanan yang diinginkannya, bisa memiliki kendaraan, rumah dan kenikmatan duniawi lainnya
  • Ketika Ditimpa Musibah, Ujian atau Hukuman?
    Muslimah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 09:49 WIB
    Bila seseorang mendapatkan musibah, pasti ada pertanyaan yang menyelinap di dalam hati. Apakah musibah yanh menimpa tersebut adalah ujian atau hukuman bagi seseorang tersebut? Hal ini juga dipertanyakan kepada diri kita sendiri.
  • Keutamaan Meninggal Dunia pada Hari Senin
    Hikmah
    Sabtu, 25 Desember 2021 - 23:08 WIB
    Selain Jumat, ada satu hari yang memiliki keutamaan mulia yaitu, Senin (?????? ????????????) atau Yaumul Itsnain. Berikut keutamaan meninggal dunia pada Hari Senin.
  • 5 Bentuk Ujian Manusia di Dunia, Salah Satunya Kesusahan yang Harus Disabari
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:23 WIB
    Ujian manusia di dunia diberikan lantaran kasih sayang Allah amat besar untuk mengetahui siapa yang imannya benar sehingga layak baginya surga dan siapa yang imannya dusta sehingga layak baginya neraka.
  • Belajar dari Kisah Nabi Sulaiman, Diuji dengan Anak yang Kurang Sempurna
    Muslimah
    Minggu, 10 Oktober 2021 - 05:14 WIB
    Semua orang pasti mendambakan dapat memiliki anak yang sempurna dan shaleh. Namun, bagaimana bila sebaliknya kita diuji dengan memiliki anak yang kurang sempurna (cacat)?
  • 4 Cara Qatar Dakwahkan Islam di Piala Dunia 2022
    Dunia Islam
    Senin, 28 November 2022 - 11:45 WIB
    Setidaknya ada 4 cara Qatar dakwahkan Islam di Piala Dunia 2022. Pada saat pembukaan, misalnya, dengan bacaan Al-Quran. Selain itu, Qatar juga menyuguhi mural-mural hadis yang dipasang di sejumlah lokasi strategis.
  • Al-Kahfi Ayat 45: Kehidupan Dunia Ibarat Air Hujan, Begini Maksudnya
    Tausyiah
    Rabu, 21 Desember 2022 - 16:54 WIB
    Dalam Al-Quran Surat Al-Kahfi ayat 45 Allah Taala menyerupakan kehidupan dunia ini seperti air. Apa maksudnya? Yuk simak penjelasan berikut ini.