Topik Terkait: Imam Ibnu Qayyim

  • Ketika Hidup Mengalami Takdir Buruk, Begini 6 Pandangan Imam Ibnul Qayyim
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 20:47 WIB
    Allah taala telah menetapkan takdir manusia di dunia, ada takdir yang baik dan takdir yang buruk.Lantas bagaimana sikap seorang muslim terhadap ketentuan takdir ini, terutama jika harus mengalami takdir yang buruk?
  • 10 Tanda Hati yang Sehat Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah
    Tips
    Rabu, 10 November 2021 - 08:02 WIB
    Manusia seringkali melalaikan tentang perkara hati. Padahal hatiadalah penentu baik buruknya perilaku mereka.Jika hatinya lurus (sehat), maka perilakunya juga baik, begitu juga sebaliknya.
  • 10 Sebab Sihir dan Pandangan Mata Jahat Tertolak Menurut Ibnul Qayyim
    Tips
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 14:00 WIB
    Sesungguhnya termasuk penyakit yang membinasakan dan keburukan yang sangat besar yang ada pada diri manusia adalah sebuah derita yang disebabkan oleh sihir, pandangan mata yang jahat dan dengki.
  • Pesan Ibnu Qayyim Tentang Mengembangkan Bakat Anak
    Muslimah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 07:55 WIB
    Mengenali minat dan bakat anak sejak usia dini akan sangat bermanfaat bagi orangtua untuk mengarahkannya secara tepat dan sesuai usia. Ini pesan penting dari Ibnu Qayyim tentang bakat anak.
  • Imam Ibnul Qayyim : Salat sebagai Alat Uji dan Timbangan Iman Seseorang
    Tausyiah
    Rabu, 28 Februari 2024 - 10:22 WIB
    Sesungguhnya salat merupakan alat uji keadaan (seseorang) dan timbangan iman. Dengan itu, keimanan seorang hamba ditimbang. Keadaan, kedudukan dan tingkat kedekatannya kepada Allah subahanhu wa taala dan bagian baik terwujudkan.
  • Pendapat Ibnu Qayyim tentang Penetapan Takdir Sebelum Bumi Diciptakan
    Tausyiah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 16:04 WIB
    Salah satu prinsip dasar keimanan dari agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah beriman kepada al-qadar atau mempercayai takdir Allah Subhanahu wa Taala.
  • Begini Cara Menjauhi Ujub Menurut Ibnul Qayyim
    Tausyiah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 08:40 WIB
    Ulama ahli Fiqih yang hidup pada abad ke-13, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah (1292-1350) memberi tips agar terhindar dari penyakit ujub, riya dan sombong.
  • 10 Faedah Menjaga Pandangan Menurut Ibnu Qayyim
    Muslimah
    Minggu, 15 November 2020 - 07:06 WIB
    Menjaga pandangan mata diperintahkan agama Islam agar pemeluknya terhindar dari dosa, maksiat, ataupun marabahaya lain. Bentuk-bentuk penjagaan Islam ini terdiri dari penjagaan atas akidah, akal, harta, jiwa dan menjaga keturunan.
  • Doa dan Amalan Membuka Pintu Rezeki, Resep Ibnu Qayyim
    Tausiyah
    Senin, 06 April 2020 - 06:09 WIB
    Dalam Zad al-Ma&rsquoad Fi Hady Khayr al-&lsquoIbad, Ibnu Qayyim memberikan tips bagaimana hidup ini mudah dan rezeki pun lancar.
  • Pujian Imam Malik kepada Imam Syafii, Berikut Kisahnya (1)
    Hikmah
    Senin, 13 Desember 2021 - 23:18 WIB
    Saat Imam Syafii hadir di majelis ilmu yang dipimpin Imam Malik, hal tak terduga terjadi. Imam Malik terkejut dengan keilmuan Imam Syafii yang kala itu masih muda.
  • 6 Terapi Penyakit Cinta Menurut Ibnu Qayyim
    Tips
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 16:30 WIB
    Ibnu Qoyyim menyebut enam terapi penyakit cinta atau al-isyq. Dia menegaskan sebagai salah satu jenis penyakit, penyakit cinta dapat disembuhkan dengan terapi-terapi tertentu.
  • Cara Mengusir Syahwat Menurut Syaikh Ibnu Athaillah
    Tausyiah
    Kamis, 19 Oktober 2023 - 22:21 WIB
    Syahwat adalah keinginan yang cenderung kepada sesuatu. Bagaimana cara mengusir Syahwat? Berikut tipsnya menurut Syaikh Ibnu Athaillah dalam kitabnya Al-Hikam.
  • Hakikat Ibadah Menurut Syeikh Ibnu Athoillah
    Hikmah
    Rabu, 27 November 2019 - 20:09 WIB
    Sebagai hamba Allah kita wajib menghamba dan beribadah hanya kepada-Nya. Yang kita tuju hanyalah Allah, bukan karena pahala surga-Nya atau siksa neraka-Nya.
  • Ngerinya Dampak Maksiat Menurut Imam Ibnu Al Jauzi
    Hikmah
    Jum'at, 08 Desember 2023 - 12:39 WIB
    Andai saja orang yang melakukan maksiat menyadari, betapa kenikmatan maksiat itu hanya sesaat, dan betapa mengerikannya dosa dari maksiat itu yakni yaitu kemurkaan Allah SWT.
  • Kisah Israiliyyat pada Tafsir Ibnu Katsir Surat al-Baqarah Ayat 30
    Tausyiah
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 16:12 WIB
    Ada malaikat yang bernama As-Sijl setiap hari tiga kali melihat ummul kitab, tiba tiba ia melihat sesuatu yang tidak pernah dia lihat sebelumnya yaitu penciptaan Adam.
  • Tanda Amal Ibadah Diterima Allah Menurut Syekh Ibnu Athaillah
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juli 2021 - 07:30 WIB
    Penerimaan atau penolakan amal ibadah memang sulit diukur. Kita hanya dapat melihat tanda-tanda penerimaan Allah atas amal kita. Berikut tanda amal ibadah diterima Allah.
  • 10 Nasehat Emas Ibnu Qayyim Tentang Perkara yang Sia-sia
    Tips
    Rabu, 03 November 2021 - 19:12 WIB
    Ada banyak sekali nasihat-nasihat dari imam Ibnu Qayyim itu yang sangat populer. Salah satu nasehatnya adalah tentang Perkara sia-sia yang paling besar dan pokok di antara hal-hal tersebut ialah menyia-nyiakan waktu dan menyia-nyiakan hati
  • Tingkatan Rasa Cinta Menurut Ibnu Qayyim
    Muslimah
    Senin, 20 September 2021 - 07:50 WIB
    Cinta adalah fitrah yang dimiliki manusia. Cinta juga banyak memberikan inspirasi dan pengorbanan, akan tetapi cinta jugalah yang kadang membawa kesengsaraan bagi mereka yang merasakannya.
  • Ibnu Taimiyah (4-Habis): Meninggal Membela Kebenaran dalam Penjara
    Hikmah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Hari itu, tanggal 20 Dzulqaidah 728 H, setelah menderita sakit selama dua puluh hari, beliau menghadap Rabbnya sesuai dengan cita-citanya: mati membela kebenaran dalam penjara.
  • Bilangan Rakaat Sholat Tarawih, Begini Pendapat Imam Mazhab dan Ulama
    Tausyiah
    Rabu, 14 April 2021 - 18:17 WIB
    Imam Syafii, Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad bin Hambal salat tarawih dengan 20 rakaat dengan satu witir. Imam Malik melakukan 36 rakaat dengan ditutup salat witir.