Kumpulan Artikel: Hukum (halaman 14)

  • Dua Pendapat soal Hukum Non-Muslim Memasuki Masjidilharam
    Hikmah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 13:36 WIB
    Para ulama berbeda pendapat terkait hukum non-muslim memasuki Masjidilharam. Dalam hal ini setidaknya ada dua pendapat. Pertama melarang. Pendapat kedua, membolehkan.
  • Adab yang Diajarkan Imam al-Ghazali ketika Memasuki Masjidilharam
    Tips
    Selasa, 20 Juni 2023 - 13:27 WIB
    Imam al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin menyebutkan bahwa termasuk adab yang harus dilakukan oleh orang yang haji atau umrah yaitu ketika memasuki Masjidil Haram hendaknya memasukinya dari pintu Bani Syaibah.
  • Larangan Memotong Kuku dan Rambut Bagi yang Berkurban, Mulai Kapan Dilaksanakan?
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 07:05 WIB
    Larangan memotong kuku dan rambut bagi orang yang akan berkurban disebutkan dalam beberapa Hadis shahih dengan redaksi yang berbeda-beda. Mulai kapan hal ini dilaksanakan?
  • Ingat! Hari ini Batas Waktu Memotong Kuku dan Rambut Bagi yang Berkurban
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juni 2023 - 15:59 WIB
    Hari ini Senin 30 Zulkaidah atau 19 Juni 2023 adalah hari terakhir untuk memotong kuku atau bercukur rambut bagi yang berniat berkurban. Berikut dalilnya.
  • Mad Far’i: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Minggu, 18 Juni 2023 - 15:13 WIB
    Dalam membaca Al-Quran penting untuk mengetahui hukum bacaan mad fari. Sebab dalam membaca Al-Quran tidak boleh sembarangan karena harus benar dan tartil.
  • Doa dan Amalan Penghapus Dosa Zina
    Tips
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 12:57 WIB
    Doa dan amalan penghapus dosa zina, merupakan ikhtiar agar kita diampuni dosa dosa karena perbuatan zina. Dalam Islam, zina termasuk dosa besar yang memiliki hukuman yang berat baik di dunia maupun di akhirat.
  • Hewan yang Sah untuk Kurban Idul Adha, Ini Ketentuannya
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 05:10 WIB
    Apa saja hewan yang sah untuk dijadikan kurban di Hari Raya Idul Adha? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib dalam Buku Fiqih Kurban Perspektif Mazhab Syafii.
  • Syarat Ketat Bagi Panitia Iduladha yang Wajib Diketahui
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 11:19 WIB
    Perayaan Iduladha akan disertai dengan penyembelihan hewan kurban. Karenanya, dalam perayaan tersebut umumnya dibentuk panitia Iduladha atau panitia kurban. Untuk menjadi panitia kurban, ternyata ada syarat-syarat tertentu yang wajib dipatuhi.
  • Bolehkah Berkurban untuk Mayit? Simak Penjelasan Ini
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 07:30 WIB
    Bolehkah berkurban untuk mayit? Pertanyaan yang sering muncul setiap menjelang Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah. Yuk simak penjelasan Ustaz Muhammad Ajib berikut.
  • Bolehkah Berkurban 1 Kambing untuk Sekeluarga? Begini Jawaban UAH
    Tausyiah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 11:45 WIB
    Hewan kambing, biasanya kurban untuk satu orang saja. Lantas bagaimana hukumnya bila berkurban dengan satu kambing untuk satu keluarga?
  • Mencium Anak Setiap Hari, Sunah Rasulullah SAW yang Sering Terlewatkan
    Muslimah
    Selasa, 13 Juni 2023 - 18:56 WIB
    Mencium anak-anak merupakan bentuk kasih sayang orang tua kepada buah hati mereka. Bahkan Syariat menganjurkan, ciumlah anak setiap hari dan izinkan mereka mencium kepala bapak dan kepala ibunya setiap hari pula.
  • Hukum Bacaan Idgham Mutamatsilain Beserta Contohnya
    Tips
    Senin, 12 Juni 2023 - 20:28 WIB
    Hukum bacaan idgham mutamatsilain adalah apabila ada huruf yang bertemu huruf yang sama yang juga memiliki makhroj dan sifat yang sama, huruf yang pertama berharakat sukun dan huruf yang kedua berharakat.
  • Islam Menyerukan untuk Berkreasi dan Bekerja dengan Baik
    Tausyiah
    Senin, 12 Juni 2023 - 08:26 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi bilang jika harta dalam Islam merupakan sarana hidup yang baik dan sarana untuk berbuat kebaikan, maka kita harus berusaha untuk memperoleh harta sesuai dengan sunnatullah.
  • 15 Hukum Bacaan Mad dalam Tajwid Beserta Contohnya
    Tips
    Minggu, 11 Juni 2023 - 17:30 WIB
    Hukum bacaan Mad dalam tajwid perlu dipahami oleh setiap umat muslim. Pada dasarnya hukum bacaan ini lebih berfokus pada panjang pendeknya suatu kalimat.
  • Hukum Bacaan Tajwid Surat Al Lahab, Pahami Sebelum Membacanya!
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 09:39 WIB
    Hukum bacaan tajwid dalam Surah Al-Lahab penting untuk diketahui oleh seluruh umat Islam. Dengan mengetahuinya, maka setiap muslim yang membaca Al Quran bisa melafalkannya dengan benar.
  • Apakah Hukum Air Mani Suci atau Najis?
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 07:19 WIB
    Apakah hukum air mani suci atau najis? Para ulama berbeda pendapat tentang status air mani, ada yang berpendapat itu tergolong benda yang najis dan ada yang berpendapat itu suci.
  • Bolehkah Berkurban dengan Hewan Pincang Atau Cacat? Ini Penjelasannya
    Tips
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 15:56 WIB
    Ada yang bertanya tentang hukum berkurban dengan hewan pincang atau cacat serta batasannya. Apakah hal ini sah dan dibolehkan? Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Penerapan Syariat Tidak Hanya Diberlakukan kepada Penguasa Saja
    Tausyiah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan penerapan syariat bukanlah khusus diberlakukan atas para penguasa saja, meskipun mereka adalah orang yang pertama kali dituntut karena mereka memegang kekuasaan di tangannya.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Begini jika Syariat Dipraktikkan oleh yang Bukan Ahlinya
    Tausyiah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf Qardhawi mengatakan syariat Islam tidak mungkin diterapkan dengan penerapan yang sebenarnya kecuali oleh orang-orang yang beriman (percaya) terhadap kesuciannya.
  • Hukum Kurban Sapi Patungan 7 Orang Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Senin, 05 Juni 2023 - 21:09 WIB
    Dalam masyarakat kita, sudah menjadi hal yang umum dilakukan bila melaksanakan kurban dengan sapi boleh patungan untuk 7 orang. Bagaimana sebenarnya hukum dalam pandangan syariat?