Topik Terkait: Wabah Virus Corona

  • Musibah Corona, Ikatan Pesantren Indonesia Serukan Masyarakat Jangan Terpecah
    Hikmah
    Rabu, 15 April 2020 - 20:36 WIB
    Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) menyerukan agar masyarakat jangan terpecah belah di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 yang tengah melanda Indonesia dan dunia.
  • Abu Bakar, Amir, dan Bilal Sempat Dikarantina  karena Terkena Wabah
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 13:10 WIB
    Pada masa kenabian, wabah juga sempat menyerang kaum muhajirin di Madinah. Pendatang dari Makkah itu terjangkit wabah saat memasuki Kota Yatsrib.
  • 3 Hari Sebelum Azab, Kaum Tsamud Terserang Wabah Virus
    Hikmah
    Rabu, 23 Maret 2022 - 17:38 WIB
    Tiga hari sebelum Allah Taala menurunkan azab yang menumpas seluruh kaum Tsamud di era Nabi Shaleh, Allah menurunkan wabah virus sejenis thypus exanthematicus.
  • Tips Menghidupkan Ramadhan di Masa Wabah
    Tips
    Selasa, 21 April 2020 - 22:18 WIB
    Banyak dalil dalam Al-Quran maupun Hadis Nabi menjelaskan keagungan Ramadhan. Pertanyaannya, bagaimana cara agar bisa menghidupkan Ramadhan di tengah ujian wabah saat ini?
  • Wabah Covid-19: Begini Tips Ibnu Sina Menghadapi Krisis Kesehatan
    Hikmah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 14:22 WIB
    Di tengah ancaman pandemi virus Corona yang mematikan, perlu kiranya kita membaca tips yang ditawarkan Ibnu Sina ketika krisis kesehatan tengah melanda seperti saat ini.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • 70.000 Orang Bani Israel Mati Diserang Wabah, Ternyata Ini Penyebabnya
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Juni 2021 - 15:17 WIB
    Pada zaman Nabi Musa pernah terjadi peristiwa matinya 70.000 orang Bani Israel akibat serangan wabah. Musibah ini terkait dengan satu dosa yang dilakukan terang-terangan.
  • Ustaz Adi Hidayat Sebut 3 Penyebab Utama Terjadinya Wabah
    Tausyiah
    Sabtu, 26 September 2020 - 10:48 WIB
    Selain menceritakan hasil risetnya terkait temuan herbal Covid-19 yang bersumber dari Hadis Nabi, Ustaz Adi Hidayat (UAH) mengungkap penyebab terjadinya musibah wabah.
  • Wabah Corona, Bolehkah Salat Memakai Masker?
    Tausyiah
    Sabtu, 12 September 2020 - 17:18 WIB
    Sudah menjadi pemandangan biasa di berbagai masjid dan mushalla, kaum muslimin salat memakai masker. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini? Apakah dibolehkan?
  • Puasa dan Wabah Covid 19, Instrumen Kembali pada Kebenaran
    Hikmah
    Jum'at, 17 April 2020 - 20:35 WIB
    Kita turut bergembira menyambut puasa Ramadhan 2020 (1441 Hijriyah) dengan mengucap Marhaban ya Ramadhan atas dasar iman dan penuh harap karena Allah Taala.
  • 6 Pelajaran Berharga dari Virus Bernama Corona
    Tausiyah
    Rabu, 11 Maret 2020 - 08:05 WIB
    Salah satu hikmah (pelajaran) penting dari kasus Corona ini adalah bahwa kasus ini mengingatkan sekaligus menyingkap beberapa fakta tentang manusia itu sendiri.
  • Alternatif Lain, 7 Menit Khutbah Idul Fitri di Rumah Saat Corona
    Tips
    Rabu, 20 Mei 2020 - 16:35 WIB
    Berikut satu lagi naskah khutbah salat idul fitri di rumah di tengah pandemi. Khutbah ini menekankan momentum menjadikan rumah laksana surga di saat pandemi.
  • Virus Corona Bisa Disembuhkan dengan Ruqyah
    Tausiyah
    Senin, 03 Februari 2020 - 17:36 WIB
    Menurut Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya, Kiyai Prof DR Ahmad Zahro, virus Corona tidak akan menyerang mukmin yang saleh, taat beribadah, zikir, dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW.
  • Gus Baha Bicara Tentang Wabah Covid-19, Berikut Pesannya
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Juli 2021 - 20:56 WIB
    Rais Syuriyah PBNU Gus Baha menyampaikan pandangannya terkait wabah Covid-19. Kata beliau, kita bisa menghitung angka Covid-19, tetapi tak bisa menghitung nikmat Allah.
  • 5 Musibah Wabah Paling Besar dalam Sejarah Islam
    Hikmah
    Rabu, 18 Maret 2020 - 23:01 WIB
    Ada lima peristiwa wabah Thoun (sejenis penyakit mematikan) yang masyhur dan paling besar dalam sejarah peradaban Islam. Berikut ulasan peristiwanya.
  • Ustaz Miftah el-Banjari Beberkan 5 Tips Cegah Virus Corona
    Hikmah
    Selasa, 03 Maret 2020 - 05:35 WIB
    Dai lulusan Universitas Dual Arabiyyah Mesir, Ustaz Miftahur Rahman el-Banjari menyampaikan paparan tentang virus Corona yang bisa dijadikan referensi sekaligus upaya untuk mengantisipasinya.
  • 3 Sikap dan Pandangan dalam Menyikapi Wabah Corona
    Tausiyah
    Jum'at, 20 Maret 2020 - 10:07 WIB
    Ada tiga sikap dan pandangan kelompok aliran teologi dalam Islam ketika menyikapi wabah bala penyakit. Berikut penjelasan Ustaz Miftah el-Banjary.
  • Ramadhan di Saat Wabah Corona, Puasa atau Tidak?
    Hikmah
    Selasa, 21 April 2020 - 06:21 WIB
    Puasa Ramadhan bukanlah sekadar kewajiban biasa bersifat teologis, dipastikan mengandung aspek lain berupa manfaat yang langsung berguna dan dibutuhkan oleh tubuh manusia secara holistik.
  • Yayasan Askar Kauny Hidupkan Amalan Berbagi di Tengah Musibah Covid-19
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 17:36 WIB
    Tim Buser Covid-19 Yayasan Askar Kauny (YAK) membagikan paket sembako kepada warga terdampak wabah Covid-19 di Indonesia khususnya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
  • Ibadah dan Sabar Adalah Vaksin Terampuh
    Tausyiah
    Selasa, 06 Juli 2021 - 15:12 WIB
    Pandemi Covid-19 yang merenggut banyak nyawa di dunia menyadarkan kita bahwa manusia itu sejatinya lemah. Dalam situasi saat ini, Ibadah dan Sabar diyakini sebagai vaksin terampuh.
  • Begini Pendapat Muhammadiyah Soal Salat Id di Saat Wabah Corona
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 15:21 WIB
    Kaitannya dengan salat Id pada saat pandemi Covid-19, Muhammadiyah cenderung kepada pendapat fukaha Hanafiyyah, yang kemudian diikuti oleh Ibnu Taimiyah.