Kumpulan Artikel: Fiqih Salat (halaman 3)

  • Hukum Fidyah dan Qadha Salat-Puasa Bagi Orang yang Meninggal
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Oktober 2020 - 22:09 WIB
    Ketika seseorang semasa hidupnya pernah meninggalkan salat atau puasa wajib, apakah sebab kesibukan atau sebagainya, maka dianjurkan untuk mengqadhanya (menggantinya).
  • Membaca Al-Fatihah Adalah Rukun Salat, Bagaimana Jika Sebagai Makmum?
    Tausyiah
    Kamis, 01 Oktober 2020 - 12:39 WIB
    Ibnu Taimiyah mengatakan intinya membaca Al Fatihah di belakang imam, kami katakan bahwa jika imam menjahrkan bacaannya, maka cukup kita mendengar bacaan tersebut.
  • Salat Dhuha, Bukan Sekadar Membuka Pintu Rezeki
    Tausyiah
    Selasa, 29 September 2020 - 05:00 WIB
    Al-Munawi dalam Faidh Al-Qadir (4: 615) menjelaskan maksud kalimat, akan dicukupi di akhirnya adalah akan diselamatkan dari cobaan dan musibah di akhir siang.
  • Fiqih Salat Bagi Pasien dan Petugas Medis Covid-19 yang Memakai APD
    Tausyiah
    Rabu, 23 September 2020 - 22:44 WIB
    Bagi pasien dan petugas medis Covid-19 yang memakai pakaian APD, syariat memberi keringanan dalam menjalankan ibadah salat. Seperti apa fiqihnya? Berikut ulasannya.
  • Bolehkan Salat di Tempat Maksiat? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 14 September 2020 - 21:13 WIB
    Salat merupakan ibadah yang diwajibkan bagi setiap muslim yang baligh. Namun, setiap muslim harus memperhatikan dimana ia mendirikan salat.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Salat Berjamaah di Rumah Saat Pandemi, Samakah Fadhilahnya dengan di Masjid?
    Tausyiah
    Sabtu, 12 September 2020 - 21:22 WIB
    Sebagian kaum muslimin memilih salat berjamaah di rumah ketimbang di masjid. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini? Samakah fadhillahnya dengan salat berjamaah di masjid?
  • Wabah Corona, Bolehkah Salat Memakai Masker?
    Tausyiah
    Sabtu, 12 September 2020 - 17:18 WIB
    Sudah menjadi pemandangan biasa di berbagai masjid dan mushalla, kaum muslimin salat memakai masker. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini? Apakah dibolehkan?
  • Lafaz Niat dan Bacaan Doa Ketika Salat Jenazah
    Tausyiah
    Kamis, 10 September 2020 - 17:34 WIB
    Kewajiban umat muslim terhadap muslim lainnya yang meninggal adalah mensalatkannya setelah memandikannya kemudian menguburkannya. Berikut lafaz niat dan doa salat jenazah.
  • Khusyu Saat Salat Tanda Kekusyukan Hati, Begini Cara Menghadirkannya
    Tausyiah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 10:38 WIB
    Khusyu dalam salat merupakan ukuran dan tanda kekhusyukan hati. Bagaimana cara menghadirkan khusyu? Berikut penjelasan Pengasuh Ponpes Sultan Fatah Semarang Ustaz Saeful Huda.
  • 5 Ganjaran Orang yang Salat Berjamaah Tepat Waktu
    Tausyiah
    Senin, 27 Juli 2020 - 15:17 WIB
    Rasulullah SAW pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol. Beliau menjawab, salat di awal waktunya. Berikut lima ganjaran bagi yang salat berjamaah tepat waktu.
  • Inilah  Syarat dan Cara Salat Berjamaah Bagi Wanita
    Muslimah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 11:15 WIB
    Seluruh ulama sepakat (ijma) bahwa kaum wanita tidak wajib mengerjakan salat berjamaah. Tetapi syariat tetap membenarkan mereka boleh melakukan salat secara berjamaah.
  • Besok Gerhana Matahari Cincin, Begini Tata Cara Salat Gerhana Pendek
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 10:47 WIB
    Masyarakat Indonesia akan kembali menyaksikan fenomena langit yang menakjubkan, yakni Gerhana Matahari Cincin. Peristiwa ini akan terjadi pada Ahad besok.
  • Manfaat dan Keutamaan Salat Dhuha Bagi Kesehatan
    Tausyiah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 08:51 WIB
    Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya dan sangat menganjurkan umatnya mengerjakan salat Dhuha di pagi hari. Berikut manfaat dan keutamaan salat Dhuha bagi kesehatan.
  • Belajar Mencintai Salat Tahajjud
    Tausyiah
    Senin, 08 Juni 2020 - 20:29 WIB
    Hai muslimah, mulai sekarang niatkan mengejar ridha Allah melalui salat tahajjud, yuk! Senangi ibadah salat malam ini. Ada banyak keberkahan di salat tahajjud.
  • Hukum Merenggangkan Saf dan Pakai Masker Saat Pandemi, Ini Fatwa MUI
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Di masa pandemi ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk tetap menjaga jarak. Lantas bagaimana hukum merenggangkan saf dalam salat berjamaah di tengah pandemi Covid-19?
  • Sah, Hukum Salat Jum’at Model Shift? MUI Akui Ada Dua Pendapat
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Juni 2020 - 18:50 WIB
    Di MUI sendiri ada berpndapat jamaah boleh menyelenggarakan salat Jumat di masjid atau tempat lain yang telah melaksanakan salat jumat dengan model shift.
  • Salat Id, Tanpa Azan dan Iqamah Juga Tanpa Salat Qabliyah dan Ba’diyah
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 16:50 WIB
    Salat Idul Fitri maupun Salat Idul Adha tidak didahului azan dan iqamah, juga tanpa salat qabliyah sebelum salat id, dan badiyah setelah salat Id.
  • LBM PBNU: Haram Hukumnya Salat Id di Masjid dan Lapangan Zona Merah
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 03:10 WIB
    NU memutuskan keharaman pelaksanaan salat id di masjid maupun di tanah terbuka bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang ditetapkan sebagai zona merah.
  • Panduan Salat Malam di Bulan Ramadhan dan Bacaannya
    Tips
    Selasa, 12 Mei 2020 - 20:45 WIB
    Qiyamul Lail adalah salat malam yang dikerjakan setelah salat fardhu Isya hingga terbit fajar. Di bulan Ramadhan, salat malam ini disebut dengan istilah Qiyam Ramadhan .
  • Anjuran Berjamaah Saat Qiyamul Lail di Bulan Ramadhan
    Tips
    Senin, 11 Mei 2020 - 17:17 WIB
    Qiyamul lail (salat malam) merupakan amalan utama di bulan Ramadhan selain puasa dan tadarus Al-Quran. Keutamaan salat di malam-malam bulan Ramadhan ini diganjar pahala besar.