Kumpulan Artikel: Kisah Inspiratif (halaman 2)

  • Abu Nawas Lapang Dada Kendati Dihina dan Dicaci Sesama Penyair
    Hikmah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 07:43 WIB
    Alkisah, salah seorang penyair dengan terang-terangan mencaci, mengejek, dan menghina Abu Nawas. Tentu ia melakukannya tidak di hadapan Abu Nawas secara langsung.
  • Setelah Kepepet dan Merasa Bersalah, Begini Kelakuan Abu Nawas
    Hikmah
    Sabtu, 27 Juni 2020 - 08:38 WIB
    Aku menghadapmu dengan wajah sebagaimana aku bertemu dengan Tuhan, dosaku kepada-Nya jauh lebih banyak, jika dibandingkan dosa yang kuperbuat kepadamu.
  • Hakim Pening Hadapi Kasus Sengketa Kebun Abu Nawas dan Tuan Tanah
    Hikmah
    Rabu, 24 Juni 2020 - 08:32 WIB
    Kasus ini jelas ruwet karena pemilik kebun tidak memiliki surat-surat tanda kepemilikan. Cara musyawarah dan mufakat tak bisa putus. Keduanya mengaku itu kebunnya.
  • Abu Nawas, Abu Wardah, dan Seorang Pengemis
    Hikmah
    Selasa, 23 Juni 2020 - 08:13 WIB
    Pengemis itu sangat rajin dan terampil mencabut rumput di ladang sehingga Abu Wardah menyimpulkan bahwa laki-laki pengemis itu adalah pekerja yang baik.
  • Lapar Banget, Abu Nawas Membeli Semerbak Bau Masakan
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 08:38 WIB
    Pada saat melihat kedai yang ramai pembeli, Abu Nawas tak kuasa untuk tidak memasukinya. Dari bilik dapur terlihat asap mengepul. Itu pasti makanan yang sangat lezat.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Akal-Akalan Abu Nawas Menjebak Pencuri Profesional
    Hikmah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 10:57 WIB
    Keesokan harinya, semua warga berkumpul dan mengembalikan tongkat kepada Abu Nawas. Pada saat menerima tongkat dari pencuri, Abu Nawas langsung menangkapnya.
  • Urusan Pusar ke Bawah Sampai Cara Membagi Telur Gaya Abu Nawas
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 07:11 WIB
    Abu Nawas ingin membuat hal yang berkesan bagi Baginda Raja. Si Cerdik ini duduk di pinggir jalan depan rumahnya. Raja tersenyum melihat tingkah Abu Nawas.
  • Dulu Haram Kini Halal: Niat Mencuri Malah Dapat Istri
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 16:17 WIB
    Nabi berkata barangsiapa meninggalkan sesuatu yang haram karena Allah, maka suatu ketika dia akan memperoleh yang haram itu dalam keadaan halal.
  • Abu Nawas Mencari Ibu Angkat, Baginda Tekor Seratus Dinar
    Hikmah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 13:56 WIB
    Sultan sudah tahu, bahwa Ibu Abu Nawas sudah meninggal, namun ia menyuruh si cerdik ini membawa ibunya. Nanti aku beri engkau hadiah seratus dinar, janjinya.
  • Baginda Sultan dan Para Menteri Bertelur, Abu Nawas Berkokok
    Hikmah
    Jum'at, 29 Mei 2020 - 09:11 WIB
    Hai Abu Nawas, mana janjimu? kata Sultan, semua orang ini masing-masing menyerahkan sebutir telur kepadaku, hanya kamu yang tidak, kamu akan dapat hukuman.
  • Abu Nawas dan Enam Ekor Lembu Berjenggot yang Pandai Bicara
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 07:10 WIB
    Balairung istana Baghdad dipenuhi warga masyarakat yang ingin tahu kesanggupan Abu Nawas mambawa enam ekor Lembu berjenggot yang fasih berbicara.
  • Abu Nawas Memang Debitur yang Cerdik, Tuan Tanah Kena Tipu
    Hikmah
    Rabu, 27 Mei 2020 - 06:41 WIB
    Betapa geramnya tuan tanah. Hampir saja Abu Nawas dihajar anak buahnya. Untung saja ada teman-teman Abu Nawas yang baru pulang dari bekerja melerainya.
  • Konspirasi Abu Nawas Melakukan Pembunuhan Menteri Zalim
    Hikmah
    Selasa, 26 Mei 2020 - 10:05 WIB
    Ini kali Abu Nawas merancang pembunuhan terhadap menteri zalim. Ia berkonspirasi dengan anak muda pemilik lembu dan seorang joki. Berhasilkah rencana itu?
  • Abu Nawas Hamil dan Hendak Melahirkan, Baginda Jadi Dukun Beranak
    Hikmah
    Senin, 25 Mei 2020 - 07:42 WIB
    Apabila seorang mengeluarkan titah, tidak boleh mencabut perintahnya lagi, jika itu dilakukan, ibarat menjilat air ludah sendiri. Itu tanda-tanda pengecut.
  • Abu Nawas Pening, Baginda Minta Harimau Berjenggot
    Hikmah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 15:46 WIB
    Abu Nawas menangkap gelagat bahwa Raja sangat marah kepadanya, sehingga dicarinya akal supaya dapat mencelakakan dirinya. Ini perkara serius, pikir Abu Nawas.
  • Cara Jitu Abu Nawas Balas Dendam, Pipi Baginda Kena Tabok
    Hikmah
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 02:58 WIB
    Abu Nawas bilang malam sebelumnya telah mendapat perlakuan yang sama seperti itu. Apabila hal itu dilaporkan secara jujur, pasti Baginda tidak akan percaya.
  • Abu Nawas Mau Terbang, Baginda Jadi Tertawa Ngakak
    Hikmah
    Rabu, 20 Mei 2020 - 03:45 WIB
    Orang-orang pun hanya menggeleng-gelengkan kepada tanpa ada suara yang keluar. Nah, bagaimana? Saya kan tidak bilang mau terbang, jelas Abu Nawas.
  • Ketika Nasruddin Hoja Tidak Konsisten Lagi
    Hikmah
    Selasa, 19 Mei 2020 - 15:31 WIB
    Begini, kata Nasruddin Hoja, engkau menganggap bahwa segalanya akan berjalan baik, tetapi kenyataannya tidak begitu. Nah itu yang disebut nasib buruk.
  • Abu Nawas dan Kambing Besar dengan Tanduk Sejengkal
    Hikmah
    Selasa, 19 Mei 2020 - 03:02 WIB
    Abu Nawas menarik kambing dan anak saudagar yang masih bayi itu. Jari tangan kiri bayi tersebut dijengkalkan ke tanduk kambing dan ternyata sama panjangnya.
  • Nasruddin Hoja Pilih Kekayaan Ketimbang Kebijaksanaan, Mengapa?
    Hikmah
    Senin, 18 Mei 2020 - 15:31 WIB
    Hakim mencoba bertaktik, tapi coba kita lihat cendekiawan seperti Anda. Kalau Anda memiliki pilihan: kekayaan atau kebijaksanaan, mana yang akan dipilih?