Kumpulan Artikel: Hak Hak Istri (halaman 2)

  • 5 Hak Istri yang Wajib Ditunaikan Suami, Nomor 3 Digauli dengan Akhlak Mulia
    Muslimah
    Kamis, 15 September 2022 - 10:16 WIB
    Umumnya, percikan konflik dalam rumah tangga seringkali berakar dari diabaikannya hak-hak istri atau suami oleh pasangan mereka. Ada hak-hak yang tidak ditunaikan, salah satunya adalah soal hak-hak istri tersebut
  • Apa Hak dan Kewajiban Wanita dalam Masa Iddah? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 10 September 2022 - 05:15 WIB
    Dalam Islam, ketika seorang istri atau wanita berpisah dengan suaminya baik karena meninggal atau talak, wajib melaksanakan masa iddah.
  • Memuliakan Istri, Menjaga Amanah Allah Taala
    Muslimah
    Selasa, 24 Mei 2022 - 10:30 WIB
    Seorang suami harus mengetahui bahwa istri adalah amanah yang dibebankan kepadanya, sehingga harus bertakwa kepada Allah Subhanahu wa taala dalam memikul amanah tersebut
  • Nasihat Syaikh Abdul Aziz Bin Baz Bagi Istri yang Tidak Diperlakukan dengan Baik oleh Suaminya
    Muslimah
    Selasa, 22 Maret 2022 - 15:05 WIB
    Ada kasus yang tengah viral, yakni seorang istri yang mendapat perlakukan tidak baik dari suaminya, akhirnya tega membunuh buah hatinya sendiri. Bagaimana pandangan Islam tentang perlakukan suami tersebut?
  • Menjaga Hati Istri, Sunnah Rasulullah yang Harus Ditiru Para Suami
    Muslimah
    Minggu, 20 Februari 2022 - 05:14 WIB
    Islam tidak pernah mengajarkan umatnya untuk berbuat kasar kepada wanita, apalagi seorang istri. Kaum Hawa ini, memiliki perasaan yang lembut dan sangat mudah tersentuh.
  • Hukum Istri Mendiamkan Suami dalam Pandangan Islam
    Muslimah
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 16:03 WIB
    Dalam Islam, hukum seorang istri mendiamkan suami sebenarnya diperbolehkan, dengan catatan jika tujuannya untuk menghindari pertengkaran yang sia-sia. Kenapa demikian?
  • Mengapa Tempat Terbaik bagi Muslimah adalah Rumah? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Senin, 17 Januari 2022 - 09:37 WIB
    Dalam Islam, sebaik-baiknya tempat bagi seorang istri atau wanita muslimah adalah rumahnya. Artinya, ajaran Islam yang mulia ini menegaskan isteri tidak dituntut atau tidak berkewajiban ikut keluar rumah mencari nafkah
  • Istri yang Hemat, Salah Satu Sifat Karakter Surga
    Muslimah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 09:11 WIB
    Salah satu sifat seorang istri berkarakter surga adalah memiliki sifat hemat dalam hidupnya. Ia tidak pernah boros apalagi komsumtif. Selalu efisien dan sesuai skala prioritas dari penghasilan dan pendapatan suaminya.
  • Salah Satu Hak Istri adalah Mendapatkan Ilmu Agama, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Selasa, 11 Januari 2022 - 20:12 WIB
    Dalam Islam, seorang suami berkewajiban mengajari istrinya masalah agama dan memberitahukan kepadanya berbagai kewajiban yang harus dilakukannya
  • Hukum Suami Tidak Menafkahi Istri Beserta Dalilnya
    Muslimah
    Rabu, 29 Desember 2021 - 08:53 WIB
    Hukum suami tidak menafkahi istri dalam islam adalah dosa, terlebih lagi jika suami tidak mau bekerja dengan alasan malas atau tidak ada alasan syari yang mendukungnya
  • Hukum Suami Lebih Mementingkan Keluarga daripada Istrinya
    Tausyiah
    Minggu, 26 Desember 2021 - 19:01 WIB
    Hukum suami lebih mementingkan keluarganya daripada istrinya terus menjadi perbincangan. Para Ulama sepakat tentang kewajiban menafkahi kedua orangtua yang miskin.
  • Inilah Hak-hak Istri Atas Suami
    Muslimah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 17:14 WIB
    Islam juga menentukan hak-hak di antara suami dan istri yang dengan menjalankan hak-hak tersebut, maka akan tercapai ketenteraman dan keberlangsungan lembaga.
  • Isteri Berhak Meminta Nafkah Halal
    Muslimah
    Kamis, 24 September 2020 - 06:37 WIB
    Tidaklah Allah Azza wa Jalla memerintahkan satu perkara, melainkan perkara itu pasti dicintai-Nya dan memiliki keutamaan di sisi-Nya serta membawa kebaikan bagi para hamba. Termasuk masalah memenuhi nafkah keluarga.
  • Istri Tak Taat,  Suami Berhak Tidak Menafkahi?
    Muslimah
    Selasa, 08 September 2020 - 06:05 WIB
    Terkadang di dalam rumah tangga, seorang laki-laki diuji dengan kedurhakaan istri. Istri nusyz kepada suami artinya membangkang dan bersikap buruk. Benarkah istri seperti itu boleh tidak dinafkahi?
  • Diamnya Perempuan di Rumah Adalah Tanda Kemuliaannya
    Muslimah
    Senin, 07 September 2020 - 13:54 WIB
    Seorang perempuan muslimah semestinya senantiasa selalu berada di dalam rumah. Semakin dia banyak di rumah, maka seorang perempuan akan semakin mulia.
  • Bila Suami Melarang Istri Berjilbab, Bagaimana Harus Bersikap?
    Muslimah
    Rabu, 02 September 2020 - 08:45 WIB
    Kewajiban menaati suami adalah perintah agama dan termasuk ibadah yang utama bagi para istri. Banyak sekali dalil agama yang menyebutkan hal ini. Namun bagaimana bila suami ternyata melarang menaati kewajiban yang diperintahkan Allah Taala?
  • Ketika Seorang Istri Menjadi Tulang Punggung Keluarga,  Bolehkah?
    Muslimah
    Selasa, 01 September 2020 - 17:42 WIB
    Mencari nafkah bagi perempuan pada masa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam sejatinya bukanlah suatu hal yang tabu, meskipun bukan sesuatu yang mainstream.
  • Sang Suami Harus Cemburu pada Istrinya
    Muslimah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 12:53 WIB
    Seorang suami yang memiliki rasa cemburu kepada istrinya tentu tidak akan membawa istrinya melakukan sesuatu yang mengikis rasa malu dan dari sesuatu yang dapat mengeluarkannya dari kemuliaan.
  • Hak Suami Harus Dipenuhi, Hak Istri Wajib Ditunaikan
    Muslimah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 08:15 WIB
    Umumnya, percikan konflik dalam rumah tangga seringkali berakar dari diabaikannya hak-hak istri atau suami oleh pasangan mereka. Ada hak-hak yang tidak ditunaikan, salah satunya adalah soal hak-hak istri tersebut.