Topik Terkait: Hukum Cadar

  • Soal Cadar, Inilah Pandangan Menurut 4 Mazhab
    Muslimah
    Senin, 14 September 2020 - 13:01 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar dalam Islam? Apa kata ulama Islam tentang cadar ini? Pemakaian cadar sangat terkait dengan wajah perempuan, apakah termasuk aurat atau tidak?
  • Hukum Cadar Menurut Jumhur Ulama, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Selasa, 01 November 2022 - 08:11 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar menurut jumhur (kesepakatan mayoritas) ulama? Tentu saja untuk menjawabnya, tidak bisa dilepaskan dari jumhur ulama tentang aurat wanita.
  • Bolehkah Memakai Cadar di Tengah Masyarakat Awam? Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Selasa, 15 Februari 2022 - 09:15 WIB
    Pemakaian cadar oleh kaum muslimah pada zaman sekarang sudah terlihat biasa, namun bagaimana bila kita berada di tengah masyarakat awam? Bolehkah melakukannya dan bagaimana hukumnya?
  • Perdebatan Soal Cadar, Ini Pendapat Hukum Jumhur Ulama
    Muslimah
    Senin, 13 Maret 2023 - 09:17 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar menurut jumhur (kesepakatan mayoritas) ulama? Tentu saja untuk menjawabnya, tidak bisa dilepaskan dari jumhur ulama tentang aurat wanita.
  • Istri Pengin Bercadar, Haruskah Dapat Izin Suami?
    Muslimah
    Minggu, 06 Agustus 2023 - 09:01 WIB
    Ketika seorang istri ingin memakai cadar, haruskah ia meminta ijin suaminya terlebih dahulu? Bagaimana hukum cadar sebenarnya dalam syariat?
  • Bolehkah Bercadar karena Mengikuti Tren dan Apa Perbedaannya?
    Muslimah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 11:13 WIB
    Beginilah cara membedakan antara muslimah bercadar karena mengetahui ilmunya dan yang mengenakannya karena ikut-ikutan tanpa mempelajari ilmunya atau sekadar tren belaka.
  • Hukum Muslimah Bercadar Memasang Foto di Medsos
    Muslimah
    Jum'at, 05 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Bagaimana hukumnya seorang muslimah memajang foto diri yang berniqab atau bercadar sebagai foto profil di jejaring sosial? Bolehkah muslimah juga eksis di medsos ini?
  • Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 15:29 WIB
    Dalam ayat tersebut menyebutkan beberapa kriteria orang yang diharamkan untuk dikawini karena sebab hubungan nasab. Suatu perkawinan yang tidak dilarang dalam Al-Quran, maka boleh dilaksanakan.
  • Cadar Hanyalah Salah Satu Tradisi atau Mode di Zaman Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Rabu, 06 September 2023 - 18:11 WIB
    Memakai cadar, sehingga yang terlihat hanya kedua bola mata, merupakan salah satu tradisi atau mode/cara berdandan yang menjadi trend pada sebagian wanita sebelum dan sesudah kedatangan Islam
  • Hukum Seorang Istri Berkurban Sendiri, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 17:01 WIB
    Syariat menganjurkan kepada setiap muslim dan muslimah untuk melakukan ibadah kurban terutama bagi yang memiliki kelapangan harta. Bagi mereka yang mampu, tentu berkurban tidak terlalu sulit.
  • Hukum Kawin Kontrak dalam Pandangan Islam
    Tausyiah
    Senin, 29 April 2024 - 16:07 WIB
    Hukum kawin kontrak dalam pandangan Islam adalah haram, kendati pada awalnya dibolehkan. Kawin mutah pernah diperkenankan oleh Rasulullah SAW sebelum stabilnya syariah Islamiah.
  • Hukum Berkurban untuk Orang Tua Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 08:15 WIB
    Hukum berkurban untuk orang tua menurut Gus Baha boleh-boleh saja. Ini sama seperti hukum haji bagi orang tua digantikan oleh anaknya. Berikut penjelasan Gus Baha.
  • Hukum Kurban Ayam di Hari Idul Adha Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 17:03 WIB
    Hukum kurban ayam pada hari Idul Adha menurut Gus Baha menarik untuk disimak. Lazimnya umat Islam berkurban dengan menyembelih kambing, kerbau atau sapi.
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu, Wajib Atau Sunnah?
    Tausyiah
    Senin, 06 Juni 2022 - 14:45 WIB
    Tak lama lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah. Bagaimana sebenarnya hukum berkurban bagi yang mampu? Wajib atau sunnah?
  • Hukum Musik Menurut Imam Syafii
    Tausyiah
    Minggu, 10 September 2023 - 13:15 WIB
    Hukum musik menurut Imam Syafii adalah merupakan perkara melalaikan yang dibenci, merupakan kebatilan. Barangsiapa memperbanyaknya maka dia seorang yang bodoh. Persaksiannya ditolak, ujarnya.
  • Pendapat UAH Tentang Hukum Musik, Berikut Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 23 November 2021 - 14:23 WIB
    Ustaz Adi Hidayat (UAH) mempunyai pendapat tentang musik yang ramai diperbincangkan kaum muslimin. Benarkah musik itu haram? Mari kita simak keterangan UAH berikut.
  • Hukum Pinjol dan Dalilnya dalam Islam
    Hikmah
    Sabtu, 03 Februari 2024 - 10:06 WIB
    Kasus pinjol ini sudah menjerat semua kalangan termasuk ke tingkat perguruan tinggi. Bagaimana sebenarnya hukum pinjol ini dalam Islam dan adakah dalilnya?
  • Hukum Kurban Sapi Patungan 7 Orang Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Senin, 05 Juni 2023 - 21:09 WIB
    Dalam masyarakat kita, sudah menjadi hal yang umum dilakukan bila melaksanakan kurban dengan sapi boleh patungan untuk 7 orang. Bagaimana sebenarnya hukum dalam pandangan syariat?
  • Hukum Puasa Orang yang Sakit Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Minggu, 02 April 2023 - 17:37 WIB
    Sakit yang membolehkan berbuka adalah sakit yang menyebabkan si penderita tidak mampu lagi untuk melaksanakan puasa atau bila ia berpuasa justru memperparah kondisinya.
  • Ternyata Begini Hukum Mencukur Alis Bagi Wanita dalam Islam
    Tips
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 14:50 WIB
    Alis diciptakan memiliki peran penting dalam melindungi mata dari debu dan keringat yang bisa mengganggu penglihatan. Namun tak jarang wanita mencukur alisnya untuk memenuhi unsur estetika. Lantas bagaimana hukum mencukur alis wanita dalam Islam?