Kumpulan Artikel: Salat (halaman 55)

  • Salat Id di Rumah, Buya Yahya: Lakukan Seperti Salat Subuh
    Tausyiah
    Kamis, 16 April 2020 - 21:34 WIB
    Hukum salat id adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan). Bisa dilakukan di mana saja. Di saat tidak bisa di masjid, disunahkan melaksanakan di rumah masing-masing.
  • Salat Tarawih di Masa Khalifah Umar bin Abdul Aziz
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 10:07 WIB
    Format salat tarawih terjadi perubahan pada tahun 99 Hijriyah, ketika Umar bin Abdul Aziz menjabat sebagai khalifah. Jumlah rakaat ditambah.
  • Begini Salat Tarawih di Era Khalifah Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 09:45 WIB
    Pada zaman Ali format salat tarawih yang berubah soal jeda istirahat. Di masa Umar, tarwiih itu ada di setiap selesai 2 rakaat. Di masa Ali menjadi 4 rakaat.
  • Tarawih di  Masa Abu Bakar, Anak-anak Dijadikan Imam
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 07:56 WIB
    Di zaman Abu Bakar RA sebagai khalifah, Sayyidah Aisyah menjadikan anak-anak penghafal Al-Quran sebagai Imam salat di malam Ramadhan. Ini berbeda.
  • Rasulullah Lebih Banyak Melakukan Salat Tarawih di Rumah
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 05:05 WIB
    Rasulullah SAW lebih banyak melakukan salat malam pada bulan suci Ramadhan di rumah saja. Para sahabat mencatat, Beliau hanya tiga malam saja di Masjid Madinah.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Istilah Tarawih Mulai Dikenal Pada Era Khalifah Umar Bin Khattab
    Hikmah
    Minggu, 12 April 2020 - 22:30 WIB
    Istilah tarawih belum dikenal pada era Nabi Muhammad SAW. Nabi menyebutnya bukan dengan istilah tarawih, tapi dengan nama qiyam Ramadhan, yakni penghidupan atas malam Ramadhan.