Kumpulan Artikel: Salat (halaman 54)

  • Berikut Bacaan Surat Tiap Rakaat Pada Salat Witir
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 16:22 WIB
    Ulama Syafiiyyah dan Hanabilah sepakat bahwa yang disunnahkan dibaca pada dua rakaat awal salat witir adalah Surat al-Ala (rakaat pertama) dan al-Kafirun (rakaat kedua).
  • Bolehkah Menjulurkan Pakaian Melebihi Mata Kaki Ketika Salat?
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 10:00 WIB
    Dalam kaidah syariat, menjulurkan celana atau sarung melebihi mata kaki disebut Isbal. Bagaimana hukum menjulurkan pakaian di bawah mata kaki ketika salat?
  • Rahasia Salat Malam di Bulan Ramadhan, Mestikah Diawali dengan Tidur?
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 03:15 WIB
    Ustaz Adi Hidayat (Direktur Quantum Akhyar Institute) menerangkan, salat malam di bulan Ramadhan dalam konteks tahajjud sifatnya mesti tarawih, mesti tenang, harus ada getaran kepada jiwa.
  • Jika Situasi Belum Normal Lebih Baik Salat di Rumah
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 16:14 WIB
    Rais Syuriyah PBNU, KH Afifuddin Muhajir, mengutip Imam Ghazali, menyampaikan bahwa salat sendiri dengan khusuk lebih baik daripada berjamaah tidak khusuk.
  • Selain Puasa, Inilah Amalan Utama di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 08:30 WIB
    Dai yang juga Direktur Quantum Akhyar Institute, Ustadz Adi Hidayat menyampaikan tausiyah online terkait amalan utama di bulan Ramadhan. Berikut pesannya.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Begini Susunan Wirid Berikut Doa Setelah Salat Witir
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 03:10 WIB
    Salat witir dikerjakan pada bulan Ramadhan usai sebagai penutup salat tarawih. berikut susunan wirid usai salat witir yang diajarkan Syekh M Nawawi Banten .
  • Di Zaman  Sayyidina Umar  Salat Tarawih Sampai Subuh
    Tips
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 14:43 WIB
    Pada masa Sayyidina Umar Bin Khatttab menjabat sebagai khalifah, tepatnya pada Ramadhan tahun ke-13 Hijrah, salat malam sangat lama, sampai subuh.
  • Ijtihad Tarawih dari Masa ke Masa, di Era Umar Bin Abdul Aziz 36 Rakaat
    Tips
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 05:47 WIB
    Rasulullah lebih banyak melakukan salat malam pada bulan suci Ramadhan di rumah saja. Para sahabat mencatat, beliau hanya tiga malam saja di Masjid Madinah.
  • Ramadhan di Amerika, Suara Azan dan Mempercantik Rumah
    Hikmah
    Rabu, 29 April 2020 - 04:06 WIB
    Pada Ramadhan ini azan bisa disiarkan lima kali dalam sehari. Tentu saja, kebijakan ini menyenangkan minoritas Muslim di AS yang tengah menghadapi pandemi coronavirus.
  • Hukum Mimisan dan Memukul Nyamuk Ketika Salat, Sahkah?
    Tausyiah
    Selasa, 28 April 2020 - 08:45 WIB
    Ketika sedang melaksanakan salat, tiba-tiba kita mimisan atau kita memukul nyamuk yang ternyata ada darahnya, bagaimana hukum shalat kita? Bukankah darah itu adalah najis?
  • Puasa Tidak Salat, Gus Miftah: Seperti Orang Telanjang Pakai Sepatu
    Tips
    Sabtu, 25 April 2020 - 03:37 WIB
    Orang yang salat itu ibarat mengenakan celana dan baju, sedangkan puasa adalah sepatu. Maka orang yang puasa tapi tidak salat ibaratnya orang telanjang tapi mengenakan sepatu.
  • Kiblat Berubah, Sahabat Nabi Bertanya Apakah Salatnya Diterima?
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 16:56 WIB
    Perubahan arab kiblat dari Baitul Maqdis Palestina ke Masjidil Haram Makkah dinilai sebagai tahapan pertama dalam pensyariatan salat.
  • Sejarah Salat, Awalnya 17 Bulan Menghadap ke Baitul Maqdis Palestina
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 08:23 WIB
    Menukil riwayat Imam Ahmad melalui jalur Muadz bin Jabal menceritakan pensyariatan salat, awalnya Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah dan beliau salat selama 17 bulan menghadap arah Baitul Maqdis
  • Imam Salat Tarawih di Rumah, UAS: Beri Kesempatan Anak-anak
    Tips
    Kamis, 23 April 2020 - 06:06 WIB
    UAS menyarankan mendirikan salat tarawih di rumah. Jika tidak ada orang dewasa yang banyak punya hapalan Al-Quran, anak-anak juga boleh menjadi imam, katanya
  • Hukum Salat Tarawih di Rumah Ketika Terjadi Wabah
    Tips
    Selasa, 21 April 2020 - 21:53 WIB
    Banyak yang bertanya terkait pelaksanaan ibadah seperti salat Tarawih yang biasanya dihidupkan di masjid secara berjamaah. Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Salat Jumat Di-Lockdown, Lakukan Ini Agar Berkah Jumat Tetap Didapat
    Tausyiah
    Jum'at, 17 April 2020 - 11:32 WIB
    Salat Jumat bagi seorang muslim bukan sekadar Faridhah Usbuiyah (kewajiban pekanan) atau Mukaffirah Adz-Dzunb (penghapus dosa), tetapi Jumat juga merupakan Mahatthatul Hayh (terminal kehidupan).
  • Salat Id di Rumah, Buya Yahya: Lakukan Seperti Salat Subuh
    Tausyiah
    Kamis, 16 April 2020 - 21:34 WIB
    Hukum salat id adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan). Bisa dilakukan di mana saja. Di saat tidak bisa di masjid, disunahkan melaksanakan di rumah masing-masing.
  • Salat Tarawih di Masa Khalifah Umar bin Abdul Aziz
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 10:07 WIB
    Format salat tarawih terjadi perubahan pada tahun 99 Hijriyah, ketika Umar bin Abdul Aziz menjabat sebagai khalifah. Jumlah rakaat ditambah.
  • Begini Salat Tarawih di Era Khalifah Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 09:45 WIB
    Pada zaman Ali format salat tarawih yang berubah soal jeda istirahat. Di masa Umar, tarwiih itu ada di setiap selesai 2 rakaat. Di masa Ali menjadi 4 rakaat.
  • Tarawih di  Masa Abu Bakar, Anak-anak Dijadikan Imam
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 07:56 WIB
    Di zaman Abu Bakar RA sebagai khalifah, Sayyidah Aisyah menjadikan anak-anak penghafal Al-Quran sebagai Imam salat di malam Ramadhan. Ini berbeda.