Topik Terkait: Hukum Mengucapkan Natal

  • Hukum Mengucapkan Selamat Natal Menurut 4 Mazhab dan Ulama Kontemporer
    Tausyiah
    Minggu, 25 Desember 2022 - 07:30 WIB
    Bagaimana sebenarnya hukum mengucapkan Selamat Natal atau memberikan ucapan selamat (Tahniah) kepada umat Kristiani? Dalam hal ini ada dua pendapat. Berikut penjelasannya.
  • Benarkah Quraish Shihab Membolehkan Umat Islam Mengucapkan Selamat Natal?
    Tausyiah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 07:22 WIB
    Al-Quran mengabadikan dan merestui ucapan selamat Natal pertama dari dan untuk Nabi Isa as. Hal ini beliau sampaikan dalam bukunya berjudul Membumikan Al-Quran.
  • Argumen yang Membolehkan dan Melarang Umat Islam Mengucapkan Selamat Natal (2-Habis)
    Tausyiah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Tidak kelirulah fatwa larangan itu, bila ia ditujukan kepada mereka yang dikhawatirkan ternodai akidahnya. Tetapi, tidak juga salah mereka yang membolehkan sepanjang tetap terpelihara akidahnya.
  • Hukum Mengucapkan Selamat Natal
    Tausiyah
    Selasa, 24 Desember 2019 - 17:43 WIB
    Ramai polemik di masyarakat tentang hukum mengucapkan Selamat Natal kepada umat Kristiani. Bagaimana sebenarnya pandangan syariat terhadap masalah ini?
  • Hukum Mengucapkan Selamat Natal bagi Umat Islam
    Tausyiah
    Senin, 18 Desember 2023 - 12:49 WIB
    Hukum mengucapkan Selamat Natal bagi umat Islam kerap menjadi topik hangat di bulan Desember ini. Hal tersebut selalu diperdebatkan setiap perayaan Natal tanggal 25 Desember.
  • Hukum Mengucapkan Salam kepada Lawan Jenis yang Bukan Mahram
    Muslimah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 16:59 WIB
    Dalam Islam perintah mengucapkan salam berlaku umum untuk seluruh orang beriman, mencakup laki-laki dan perempuan. Namun, hal ini dikecualikan jika seorang pria mengucapkan salam pada perempuan non mahram
  • Hukum Mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek Menurut Buya Yahya
    Tausyiah
    Minggu, 22 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Hukum mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek yang tahun ini jatuh Minggu (22/1/2023) sering ditanyakan kaum muslim. Berikut pandangan Buya Yahya, pengasuh lembaga dakwah Al-Bahjah.
  • Hukum Mengucapkan Selamat Natal untuk Seorang Muslim, Begini Pendapat Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 19:30 WIB
    Hukum mengucapkan selamat natal untuk seorang Muslim adalah boleh. Prof Dr Muhammad Quraish Shihab berpendapat Al-Quran mengabadikan dan merestui ucapan selamat Natal pertama dari dan untuk Nabi Isa as.
  • Hukum Mengucapkan Salam Kepada Lawan Jenis
    Muslimah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 15:34 WIB
    Perintah mengucapkan salam adalah umum untuk seluruh orang beriman. Perintah ini mencakup laki-laki dan perempuan. Namun, hal ini dikecualikan jika seorang pria mengucapkan salam pada perempuan non mahram.
  • Hukum Membunuh Pelaku Begal Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 23:43 WIB
    Hukum membunuh pelaku begal menarik untuk dikaji berdasarkan perspektif Islam. Apalagi belakangan ramai berita seorang korban begal jadi tersangka karena membunuh pelakunya.
  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Hukum Menyerobot Tanah Menurut Islam
    Tausyiah
    Senin, 04 Maret 2024 - 14:33 WIB
    PT Berau Coal melalui mitranya PT Kaltim Diamond Coal (KDC) diduga melakukan penyerobotan tanah milik Universitas Muhammadiyah Berau. Bagaimana hukumnya dalam Islam?
  • Apa Hukum Salat Kafarat dalam Islam?
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 16:00 WIB
    Tradisi melaksanakan salat kafarat pada Jumat terakhir Ramadan dapat menghapuskan dosa-dosa salat yang ditinggalkan selama 70 tahun. Benarkah demikian dan bagaimana hukum salat kafarat ini?
  • Bagaimana Hukum Puasa Disuntik Vaksin?
    Tausyiah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 17:31 WIB
    Vaksin Booster disebut menjadi syarat untuk mudik Lebaran 2022. Lalu, bagaimana hukumnya puasa disuntik vaksin? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Hukum Kurban Online, Apakah Sah? Simak Ulasannya Supaya Lebih Paham
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:53 WIB
    Hukum kurban online kerap menimbulkan pro dan kontra. Hal ini disebabkan oleh pendapat sejumlah pihak yang menilai kegiatan ibadah tersebut kurang sempurna karena tidak menyaksikan penyembelihan dan pembagian secara langsung.
  • Hukum Donor Organ Tubuh Menurut Pandangan Islam
    Tips
    Selasa, 22 November 2022 - 15:36 WIB
    Aktivitas donor organ tubuh banyak dilakukan masyarakat dengan sejumlah alasan tertentu. Berikut hukum donor organ tubuh dalam pandangan Islam.
  • Masih Sering Diperdebatkan, Ini Hukum Cadar dalam 4 Mazhab
    Muslimah
    Senin, 08 Maret 2021 - 18:21 WIB
    Pembahasan hukum cadar tertera dengan jelas dalam kitab-kitab fikih empat mazhab. Hanya saja, ada perbedaan tentang kewajibannya. Apa dan bagaimana perbedaannya tersebut?
  • Hukum Kurban Tapi Belum Aqiqah, Manakah yang Didahulukan?
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 17:20 WIB
    Bagaimana hukum kurban tapi belum melaksanakan aqiqah, manakah yang harus didahulukan menurut syariat? Pertanyaan semacam ini, masih banyak terjadi di masyarakat.
  • Hukum Mengolok-Olok Hijab
    Muslimah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 19:04 WIB
    Menutup aurat menjadi wajib karena saddu al-dzar?ah, yaitu menutup pintu ke dosa yang lebih besar. Khusus bagi kaum perempuan, kewajiban ini akan terlaksana dengan memakai jilbab (busana muslimah).
  • Mengenal Ijma sebagai Sumber Hukum Islam Ketiga
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 00:19 WIB
    Ijma merupakan salah satu sumber hukum Islam yang disepakati para ulama apabila tidak dijumpai dalam Al-Quran maupun Hadis Nabi. Berikut penjelasannya.