Kumpulan Artikel: Khulafaur Rasyidin

  • Sejarah Pemilu dalam Peradaban Islam, Ada 2 Perbedaan dengan Indonesia
    Hikmah
    Senin, 05 Februari 2024 - 15:40 WIB
    Pemilu dalam sejarah peradaban Islam ditemukan dari peristiwa yang mengarah pada bentuk sebuah pemilu yang kemudian dijadikan landasan oleh para ulama sekarang untuk membenarkan pemilu yang saat ini dipraktekkan.
  • Hukuman atau Hadd bagi Peminum Khamar di Era Rasulullah sampai Khulafaur Rasyidin
    Hikmah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 11:07 WIB
    Apabila seorang mukallaf berada dalam keadaan tidak terpaksa meminum khamar, sedangkan ia tahu bahwa yang diminum adalah khamar, maka ia didera 40 kali.
  • 4 Orang Khulafaur Rasyidin, Sahabat Nabi Muhammad dengan Jiwa Kepemimpinan
    Dunia Islam
    Sabtu, 02 Desember 2023 - 15:01 WIB
    Khulafaur Rasyidin adalah pemimpin yang mendapat petunjuk Allah Subhanahu wa taala dengan kearifan dan kebijaksanaan dalam memimpin umat Islam setelah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam wafat.
  • Begini Kondisi Wilayah Palestina ketika di Bawah Pemerintahan Islam
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Oktober 2023 - 09:51 WIB
    Ketika Palestina masuk di bawah pemerintahan Islam pada masa kekhalifahan Umar bin Khathab ra, wilayah ini dianggap sebagai bagian dari negeri Syam.
  • Ciri Khas Masa Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq Menurut Haekal
    Hikmah
    Jum'at, 29 September 2023 - 17:20 WIB
    Pada masa Rasulullah adalah masa wahyu dari Allah. Allah telah menyempurnakan agama itu untuk umat manusia, telah melengkapinya dengan karuniaNya dan dengan Islam sebagai agama yang dipilihkan-Nya untuk mereka.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Perkembangan Salat Tarawih yang Dipraktikkan Khulafaur Rasyidin
    Hikmah
    Minggu, 26 Maret 2023 - 15:26 WIB
    Salat Tarawih berkembang pada zaman khalifaur rasyidin. Pada era Khalifah Abu Bakar masih sebagaimana dipraktikkan Rasulullah SAW. Perubahan mulai terjadi di era Khalifah Umar bin Khattab.
  • Polisi di Masa Khulafa Ar-Rasyidin Pernah Mengukir Kenangan Indah
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 16:51 WIB
    Polisi dalam Islam disebut Syurthah, pernah mengukir kenangan indah pada masa Khulafa Ar-Rasyidin. Mereka menjadi pilar penting dalam penegakan syariat.
  • Umar bin Abdul Aziz, Khalifah Bani Umayyah yang Wafat Karena Diracun
    Dunia Islam
    Minggu, 06 Maret 2022 - 19:28 WIB
    Derajat keadilan dan kebijaksanaan Umar bin Abdul Aziz selama memimpin dianggap menyamai para Khulafah Rasyidin. Itu sebabnya dia kerap dianggap sebagai Khulafah Rasyidin kelima.
  • Ini Pesan Khusus  Ali bin Abu Thalib  Kepada Petugas Pemungut Pajak dan Zakat
    Hikmah
    Kamis, 11 Maret 2021 - 18:40 WIB
    Jika orang itu memberi izin kepada kalian untuk memeriksanya, janganlah kalian masuk dengan lagak seperti orang yang berkuasa. Jangan berlaku kasar, jangan menakut-nakuti.
  • Kisah Selimut Kumal dan Kesederhaaan Ali Bin Abu Thalib
    Hikmah
    Sabtu, 06 Maret 2021 - 19:32 WIB
    Harun bin Antarah menceritakan penyaksian ayahnya, pada suatu hari aku datang ke rumah Ali bin Abu Thalib. Ia sedang duduk di balai-balai berselimut kain kumal. Waktu itu musim dingin.
  • Gara-gara Madu, Ali bin Abu Thalib Nyaris Menghajar Husein
    Hikmah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Waktu Husein tiba di depannya, Ali bin Abu Thalib r.a. segera mengambil cambuk, tetapi Al Husein cepat-cepat berkata: Demi hak pamanku, Jafar!
  • Akhir Indah Kisah Sengketa Baju Perang Antara Ali bin Abu Thalib dengan Seorang Nasrani
    Hikmah
    Senin, 01 Maret 2021 - 17:13 WIB
    Sejarah kemudian mencatat, bahwa bekas Nasrani itu ternyata seorang muslim yang sangat gigih membela Ali bin Abu Thalib r.a. dalam perjuangan menegakkan kebenaran Islam.
  • Sering Sujud, Kulit Kening Ali bin Abu Thaib Menebal dan Keras Kehitam-hitaman
    Hikmah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Ali bin Abu Thalib r.a. merupakan orang yang paling tekun dan banyak beribadah. Ia pun paling sering berpuasa. Kepadanya banyak orang yang minta petunjuk.
  • Ali bin Abi Thalib Khawatir Tak Dapat Berjumpa Rasulullah di Hari Kiamat
    Hikmah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 12:13 WIB
    Prinsip kesederhanaan Ali yang tidak dibuat-buat itulah yang melahirkan sikap polos, jujur dan terus terang, baik dalam ucapan maupun perbuatan, dalam keadaan sulit atau pun tidak.
  • Ini yang Dilakukan Ali bin Abu Thalib Saat Berdiri di Depan Dua Onggok Emas dan Perak
    Hikmah
    Senin, 22 Februari 2021 - 17:13 WIB
    Tanpa banyak bicara lagi Ali bin Abu Thalib segera menghunus pedang lalu dihantamkan kuat-kuat ke kantong yang berisi piala-piala penuh emas dan perak. Piala-piala itu hancur berkeping-keping.
  • Muawiyah Tinggal di Istana Megah, Ali bin Abu Thalib: Itu Istana Celaka!
    Hikmah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 16:11 WIB
    Ali bin Abu Thalib r.a. memakai baju seharga tiga dirham, menelan makanan serba kasar dan kering. Kekayaan kaum muslimin dibagi di antara mereka semua berdasarkan keadilan tanpa pilih kasih.
  • Ini Mengapa Ali Bin Abu Thalib Ditinggalkan Banyak Pengikutnya
    Hikmah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 21:33 WIB
    Ali bin Abu Thalib yang takwanya kepada Allah sedemikian tinggi, dan sedemikian patuhnya berteladan serta melaksanakan ajaran Rasulullah SAW, tidak mencari teman dengan mengobral harta dan kedudukan.
  • Selain Amirul Mukminin, Ini Penyebab Ali Bin Abu Thalib Bergelar Imam
    Hikmah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 15:11 WIB
    Banyak sekali hal-hal yang memberikan keistimewaan kepadanya. Antara lain sebagian umat Islam di dunia sampai sekarang ini mengidentifikasikan diri sebagai pengikut Ali bin Abu Thalib r.a.
  • Wasiat  Ali  bin Abi Thalib kepada Putra-Putranya Jelang Sakaratul Maut
    Hikmah
    Senin, 15 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Kepada putranya Hasan, Ali bin Abu Thalib berkata: Perhatikanlah orang yang memukulku. Berilah ia makan seperti makananku dan minuman seperti minumanku!
  • Tragis, Nyawa Khalifah Ali Dijadikan Mahar Oleh Abdul Rahman bin Muljam
    Hikmah
    Minggu, 14 Februari 2021 - 19:37 WIB
    Permintaanmu berupa uang 3.000 dirham, seorang budak lelaki dan seorang budak perempuan, aku pasti dapat memenuhinya,. Tetapi tentang membunuh Ali bin Abi Thalib, bagaimana aku bisa menjamin?