Topik Terkait: Sulawesi Utara

  • Mazhab Maliki Berkembang di Afrika Utara Karena Faktor Ini
    Hikmah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 05:07 WIB
    Mazhab Maliki berkembang di Afrika Utara dan dianut mayoritas muslim di kawasan itu. Berikut faktor yang membuat negara-negara di Afrika Utara menganut Maliki.
  • Mewujudkan Negeri Baldatun Thoyyibah
    Tausyiah
    Kamis, 17 Desember 2020 - 14:02 WIB
    Pada Hari Kamis 15 Desember kemarin, saya mendapat kehormatan menyampaikan ceramah agama pada acara Refleksi Akhir Tahun Gubernur Sulawesi Selatan.
  • Bukber di Desa Bayan Lombok Utara, Bukan Sekadar Silaturahmi
    Dunia Islam
    Jum'at, 22 April 2022 - 14:59 WIB
    Dai Pemberdaya Dompet Dhuafa mengadakan buka bersama alias Bukber masyarakat Dusun Dasan Tutul, Lombok Utara, bertempat di Masjid Maznah Ratsyu Hamdul Ajmi.
  • Awalnya Salat di Garasi Rumah, Kini Islam Bersemi di Samudera Atlantik Utara
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 17:42 WIB
    Kepulauan Canaria merupakan tujuan wisatawan dari kawasan belahan utara, seperti Eropa dan Amerika Utara. Komunitas Islam mulai tumbuh dan berkembang di daerah ini dirintis sejak akhir tahun 1970-an.
  • Mengenal Masjid Al Muttaqin, Masjid Tertua Berusia Hampir 4 Abad di Kota Manado
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 10:05 WIB
    Masjid Al-Muttaqin merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Kota Manado, Sulawesi Utara. Usianya mencapai hampir 4 abad, karena dibangun sekitar tahun 1775 masehi
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Mualaf: Kisah 6 Orang Etnis Korea di Kyrgyzstan Memeluk Islam
    Dunia Islam
    Rabu, 07 Juni 2023 - 09:08 WIB
    Kisah etnis Korea yang tinggal di Asia Tengah semakin menarik. Belakangan mereka cenderung memeluk Islam. Majalah Islam Umma merilis video tentang 6 orang Korea yang memeluk Islam.
  • Mengenal ISNA, Organisasi Islam Tertua di Amerika Utara
    Dunia Islam
    Rabu, 06 September 2023 - 14:13 WIB
    Tidak dapat diingkari bahwa Islam di Amerika dan Barat menjadi perhatian tersendiri bagi dunia Islam. Ada semacam harapan bahwa kebangkitan Islam bakal datang dari arah Barat. Allahu Alam.
  • Sejarah Masuknya Islam di Korea dan Perkembangannya
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 22:13 WIB
    Sejarah masuknya Islam di Korea dan perkembangannya menarik untuk diketahui. Korea merupakan negara yang terletak di semenanjung Korea di Asia Timur laut.
  • Cara Menentukan Waktu Sholat di Kutub dan Wilayah Abnormal Lainnya
    Tausyiah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 09:22 WIB
    Cara menentukan waktu sholat di kutub sempat dibahas kalangan ulama. Ada beberapa pendapat mengenai tata cara penentuan waktu sholat di daerah abnormal tersebut.
  • Hangatnya Berlebaran di Belahan Utara Amerika
    Dunia Islam
    Senin, 08 Mei 2023 - 14:53 WIB
    Jauh dari keluarga dan kerabat dekat tak membuat masyarakat Indonesia yang tinggal di Edmonton, Provinsi Alberta, Kanada, larut dalam suasana hangat merayakan Idulfitri 1444 H.
  • Begini Kondisi Perbatasan Utara Negeri-Negeri Arab
    Hikmah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 17:24 WIB
    Sejak berabad-abad lamanya dalam sejarah orang sudah biasa melihat perbatasan utara negeri-negeri Arab itu terbentang dari hulu Teluk Aqabah ke hulu Teluk Persia di sebelah utara.
  • Buka STQH Nasional ke-26, Menag Ajak Masyarakat Amalkan Islam Ramah dan Damai
    Dunia Islam
    Minggu, 17 Oktober 2021 - 01:45 WIB
    Menag Yaqut Cholil Qoumas membuka STQH Tingkat Nasional ke-26 di halaman Masjid Raya Shaful Khairat, Kota Sofifi, Maluku Utara (Malut), Sabtu (16/10/21) malam.
  • Rumah Tahfizh Darurat Obati Trauma Anak Korban Gempa
    Hikmah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 17:21 WIB
    Untuk mengobati trauma bagi anak-anak korban gempa, relawan Askar Kauny membangun rumah tahfizh di Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Karema, Kecamatan Mamuju Barat.
  • Mukjizat! Jemaah Haji asal Sulawesi Sembuh dari Stroke Usai Minum Air Zamzam
    Dunia Islam
    Kamis, 15 Juni 2023 - 11:15 WIB
    Rasa bahagia terpancar dari wajah Indo Hanna. Jemaah haji berusia 79 tahun itu senang lantaran bisa sembuh dari penyakit strokenya setelah minum air zamzam selama tiga hari berturut-turut.
  • Syeikh Fikri: 4 Cara Agar Keluar dari Musibah Wabah
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 05:15 WIB
    Dai lulusan Hadramaut Yaman, Syeikh Fikri Thoriq mengingatkan agar umat Islam tidak saling menyalahkan dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Taala.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat 3 Kali Berturut Saat Corona
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 14:46 WIB
    Produk-produk ijtihad Fiqih dan fatwa yang memberi banyak kelonggaran dan keringanan beribadah banyak kita dapatkan di masa Pandemi Covid 19 ini.
  • Doa Mohon Perlindungan Diri Saat Menjenguk Orang Sakit
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 16:30 WIB
    Doa merupakan benteng dan perlindungan kepada Allah Taala supaya terhindar dari keburukan termasuk penyakit yang membahayakan. Berikut doa perlindungan diri saat menjenguk orang sakit.
  • Amalkan Qunut Nazilah Secara Pribadi, Jangan Disertai  Kutukan
    Tausiyah
    Kamis, 02 April 2020 - 08:56 WIB
    Muhammadiyah menganjurkan umat Islam banyak beristighfar, bertaubat,&nbsp dan berdoa kepada Allah dalam menghadapi wabah virus corona. Selain itu, meningkatkan membaca al-Quran, berzikir, bersalawat atas Nabi, dan membaca qunut nazilah secara individu.
  • Mendalami Al-Quran Kini Lebih Mudah dengan Layanan Tafsir Digital
    Hikmah
    Rabu, 01 April 2020 - 20:13 WIB
    Al-QURAN diturunkan ke dunia oleh Allah Taala sebagai petunjuk jalan yang benar. Berbagai keistimewaan dijanjikan Allah bagi siapapun yang membaca dan mengamalkan isi Al-Quran.
  • Gus Mus:  Selamat Pagi Dunia yang Lelah
    Hikmah
    Kamis, 02 April 2020 - 06:05 WIB
    Gus Mus seakan tengah bicara tentang kondisi kini, saat orang-orang sibuk berjemur pada matahari pagi dan lebih rajin membersihkan diri untuk melawan virus corona.