Kumpulan Artikel: Agama Islam (halaman 2)

  • Islam Mengharamkan Kemewahan, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Senin, 10 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Umat Islam wajib menjaga dan memerhatikan prinsip-prinsip dasar dalam berinfak. Dia menyebut 4 prinsip dasar tersebut. Salah satunya, memerangi kemewahan dan para pelakunya.
  • Syaikh Yusuf Al-Qardhawi: Islam Bukanlah Ajaran yang Labil
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 20:08 WIB
    Mereka mengira bahwa syariat Islam yang didakwahkan merupakan sesuatu yang labil, tidak memiliki kriteria dan batasan yang pasti, sehingga setiap hakim memberikan penafsiran sendiri-sendiri.
  • Islam Indonesia akan Jadi Panutan Dunia di Masa Depan
    Dunia Islam
    Kamis, 20 April 2023 - 18:42 WIB
    Islam Indonesia akan menjadi panutan dunia di masa depan menurut KH. Cholil Nafis, Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI).
  • Kemenag Hadirkan Al-Qur’an Isyarat dan Terjemahan Bahasa Daerah
    Dunia Islam
    Rabu, 19 April 2023 - 13:57 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan aplikasi Al Quran Isyarat 30 juz dengan terjemahan Al-Quran Bahasa Daerah. Kedua fitur tersebut merupakan hasil pengembangan Quran Kemang Android versi 2.4 RC1 oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ), Balitbang dan Diklat Kemenag.
  • TGB: Masjid Bukan Hanya Tempat Ibadah Tapi Sumber Kedamaian
    Dunia Islam
    Kamis, 06 April 2023 - 22:21 WIB
    Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi mengatakan, seseorang yang dianggap jago adalah yang bisa mengendalikan emosinya. Serta salah satu yang bisa membawa suasana damai berasal dari masjid.
  • TGB Sebut Islam Hadir Membawa Budaya dan Nilai-nilai Kedamaian
    Dunia Islam
    Kamis, 06 April 2023 - 21:58 WIB
    Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi mengungkapkan, Islam datang dalam keadaan asing. Di akhir zaman nanti agama ini juga akan kembali terasa asing. Meskipun demikian, Islam membawa perdamaian dan beruntung bagi masyarakat yang bisa menjaga nilai itu.
  • Kaum Kebatinan dalam Islam Menurut Cak Nur
    Tausyiah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 04:00 WIB
    Al-Bathiniyyun digunakan secara longgar untuk mengidentifikasi kelompok Islam yang orientasinya berat ke arah paham keagamaan yang lebih mengutamakan usaha menangkap makna dalam (batin) dari suatu teks atau ajaran agama.
  • Mengapa Islam Diturunkan di Makkah? Begini Jawaban Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Maret 2023 - 19:10 WIB
    Mengapa Islam diturunkah di Makkah, bukan di Indonesia misalnya. Lalu ada yang menjawab itu karena penduduk Mekah sangat bejat. Begini penjelasan al-Quran.
  • Cak Nur: Puasa Salah Satu Mata Rantai Kontinuitas Agama-Agama
    Tausyiah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 13:49 WIB
    Dalam hal Islam, puasa menjadi salah satu bukti bahwa agama itu merupakan kelanjutan dan penyempurnaan dari agama-agama Allah yang telah diturunkan kepada umat-umat sebelumnya.
  • 5 Konsep Kisah Al-Quran dalam Meningkatkan Spiritual Anak
    Tausyiah
    Selasa, 14 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Setidaknya ada 5 konsep kisah al-Quran dalam meningkatkan spiritual anak, yakni konsep irsyad, konsep dialogis, konsep hikmah dan itibar, konsep dzikra, konsep takhwif dan tahdzir.
  • 3 Tahapan Perintah Salat dan Puasa
    Hikmah
    Minggu, 12 Maret 2023 - 07:21 WIB
    Hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Muaz ibnu Jabal ra menceritakan bahwa ibadah salat difardukan melalui tiga tahapan, dan ibadah puasa difardukan melalui tiga tahapan pula.
  • Agama Islam dalam Kehidupan Modern Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Maret 2023 - 17:13 WIB
    Puncak dari prinsip itu adalah tauhid. Di sekelilingnya beredar unit-unit bagaikan planet-planet tata surya yang beredar di sekeliling matahari, yang tidak dapat melepaskan diri dari orbitnya.
  • Quraish Shihab: Islam Mengakui Eksistensi Agama Lain
    Tausyiah
    Kamis, 09 Maret 2023 - 15:10 WIB
    Islam datang tidak hanya bertujuan mempertahankan eksistensinya sebagai agama, tetapi juga mengakui eksistensi agama-agama lain, dan memberinya hak untuk hidup berdampingan.
  • Ide Dasar Perdamaian dalam Islam Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 09:57 WIB
    Menurut Quraish Shihab, perdamaian merupakan salah satu ciri utama agama Islam. Ia lahir dari pandangan ajarannya tentang Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, alam, dan manusia.
  • Agama Bukan Sekadar Kebutuhan Manusia, Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 19:24 WIB
    Agama bukan hanya merupakan kebutuhan manusia, tetapi juga selalu relevan dengan kehidupannya. Begitu pendapat Quraish Shihab saat menjawab pertanyaan, apakah agama masih relevan dengan kehidupan masa kini?
  • Konsep Istihsan, Istishlah, dan Mashlahat Al-Ammah Menurut KH Ali Yafie
    Tausyiah
    Senin, 06 Maret 2023 - 16:18 WIB
    Sumber hukum Islam terdiri atas: al-Quran, Sunnah, Ijma dan akal. Selain dari sumber hukum primer tersebut, dikenal juga adanya sumber-sumber sekunder yaitu: syariah terdahulu.
  • Ini Mengapa Murtad Dihukum Berat
    Tausyiah
    Senin, 27 Februari 2023 - 08:40 WIB
    Sesungguhnya masyarakat Islam itu pertama kali tegak di atas akidah dan keimanan. Oleh karena itu tidak diperbolehkan bagi siapa pun untuk merusak asas tersebut atau mengusik identitas ini
  • Persepsi Masyarakat Islam tentang Ketuhanan Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Februari 2023 - 10:21 WIB
    Pandangan masyarakat Barat terhadap masalah ketuhanan dan kaitannya dengan alam semesta adalah bahwa Allah telah menciptakan alam, kemudian membiarkannya, maka tidak ada yang mengatur, tidak ada yang menguasai.
  • Makna Tegaknya Masyarakat di Atas Akidah Islam Menurut Syaikh Yusuf Qardhawi
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Februari 2023 - 19:01 WIB
    Syaikh Yusuf Qardhawi mengatakan makna tegaknya masyarakat di atas akidah Islam, yaitu aqidah Laa ilaaha illallah Muhammadan Rasuulullah. Begini maknanya.
  • 4 Dalih Ingkar Hadis dan Jawaban Al-Sibai
    Tausyiah
    Rabu, 22 Februari 2023 - 16:06 WIB
    Mereka tidak mengingkari sunnah, karena ingkar pada sunnah Nabi adalah mustahil bagi seorang muslim. Tetapi mereka ini dapat disebut sebagai golongan Ingkar Hadis (sebutlah Inkar al-Hadits).