Kumpulan Artikel: Sahabat Nabi (halaman 26)

  • Penghulu Wanita di Surga, Sayyidah Fatimah Wafat di Bulan Ramadhan
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 16:11 WIB
    Rasulullah mengabarkan pada Fatimah, ia adalah orang pertama dari keluarganya yang akan menyusulnya. Beliau berkata: Tidakkah engkau ridha, menjadi penghulu wanita di surga?
  • Hikmah Ramadhan: Perempuan Pezina yang Bertobat Akhirnya Disalatkan Nabi
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 17:25 WIB
    Di zaman Rasulullah pernah terjadi satu peristiwa memalukan, namun mengandung hikmah dan pelajaran berharga. Kisah ini diceritakan dalam kitab Riyadhush-Shalihin yang menukil hadis riwayat Imam Muslim.
  • Abu Bakar, Amir, dan Bilal Sempat Dikarantina  karena Terkena Wabah
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 13:10 WIB
    Pada masa kenabian, wabah juga sempat menyerang kaum muhajirin di Madinah. Pendatang dari Makkah itu terjangkit wabah saat memasuki Kota Yatsrib.
  • Kenapa Nabi Muhammad Mengganjal Perutnya dengan Batu?
    Hikmah
    Sabtu, 25 April 2020 - 05:05 WIB
    Kisah Nabi Muhammad shallalalhu alaihi wa sallam (SAW) mengganjal perutnya yang mulia dengan batu merupakan satu kejadian yang membuat para Sahabat terperangah.
  • Sejarah Salat, Awalnya 17 Bulan Menghadap ke Baitul Maqdis Palestina
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 08:23 WIB
    Menukil riwayat Imam Ahmad melalui jalur Muadz bin Jabal menceritakan pensyariatan salat, awalnya Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah dan beliau salat selama 17 bulan menghadap arah Baitul Maqdis
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Demi Allah, Aku Ingin Menginjak Surga dengan Kakiku yang Pincang Ini
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 07:46 WIB
    Nabi bersabda, Sesungguhnya di antara kamu sekalian ada orang-orang jika berdoa kepada Allah benar-benar dikabulkan. Di antara mereka itu adalah suamimu, Amru bin Jumuh. .
  • Pemuda Tajir Itu Memilih Memeluk Islam dan Menjadi Miskin
    Hikmah
    Jum'at, 17 April 2020 - 10:07 WIB
    Pemuda tajir itu adalah salah seorang sahabat Nabi. Para muarrikh menyebutnyadengan kalimat: Seorang warga kota Mekkah yang mempunyai nama paling harum.
  • Belajar Membuka Pintu Surga dari Sayyidina Ali dan Sayyidah Fatimah
    Hikmah
    Kamis, 16 April 2020 - 05:35 WIB
    Sesudah melepas lelah, Ali berkata kepada Fatimah. Maaf sayangku, kali ini aku tidak membawa uang sepeserpun. Fatimah menyahut sambil tersenyum.
  • Menangis dan Tertawa Sendiri, Khalifah Umar  Sempat Dianggap Gila
    Hikmah
    Selasa, 14 April 2020 - 14:50 WIB
    Umar sering kedapatan menangis dan tertawa sendirian tiap selesai salat. Kala itu, orang menduga-duga, itu akibat dosa-dosa Umar yang bertumpuk semasa muda
  • Umair bin Saad, Gubernur Miskin yang Menenun Jubahnya Sendiri
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 15:41 WIB
    Umair mengambil kantong kulitnya. Ia memasukkan bekalnya. Kemudian menggantungkan peralatan itu di bahunya. Ia berjalan kaki dari Himsha menuju Madinah.
  • Rasulullah yang Gali Kubur Si Miskin Dzil Bijadain
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 15:00 WIB
    Abdullah yang dijuluki Dzil Bijadain merupakan orang terpandang di kalangan kabilahnya. Ia menjadi miskin karena hatinya tertambat dengan Rasulullah.
  • Thalhah bin Ubaidillah, Berjalan di Muka Bumi Sesudah Kematiannya
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 14:35 WIB
    Siapa yang ingin melihat orang berjalan di muka bumi sesudah mengalami kematiannya, lihatlah Thalhah! Itu adalah ucapan Rasulullah SAW saat perang Uhud.