Topik Terkait: Akal Yang Terpuji

  • Hasad yang Terpuji? Bagaimana Bentuknya?
    Muslimah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 17:17 WIB
    Ternyata ada hasad yang terpuji dan pelakunya tidak tercela dan tidak berdosa. Apa maksud hasad terpuji ini?Ssalah satu hasad terpuji adalah berlomba-lomba dalam kebaikan
  • Seperti Inilah Akal yang Dipuji Dalam Al-Quran
    Muslimah
    Sabtu, 03 April 2021 - 05:00 WIB
    Akal merupakan salah satu karunia di antara karunia Allh yang paling agung. Seseorang yang punya akal sehat akan bisa mengambil manfaat dari wejangan dan petunjuk al-Quran.
  • Perbuatan Baik yang Bisa Diamalkan untuk Orang Tua yang Sudah Wafat
    Muslimah
    Senin, 02 November 2020 - 09:31 WIB
    Berbakti kepada orang tua menempati posisi yang tinggi di dalam Islam. Berbuat baik kepada orang tua tidak hanya dilakukan ketika mereka masih hidup akan tetapi juga setelah dia meninggal dunia.
  • 4 Langkah Menemukan Aib Diri
    Muslimah
    Jum'at, 04 Juni 2021 - 17:20 WIB
    Menemukan aib sendiri jauh lebih mulia daripada mengumbar aib orang lain. Melihat aib sendiri juga jauh lebih baik daripada melihat aib orang lain. Lalau bagaimana cara menemukan aib diri ini?
  • Sifat Istri yang Qanaah dan Kemuliaannya
    Muslimah
    Minggu, 23 Agustus 2020 - 06:20 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam telah mengajarkan kepada kita bagaimana harus bersikap terhadap harta, yaitu menyikapi harta dengan sikap qanaah (kepuasan dan kerelaan), sifat ini seharusnya dimiliki setiap perempuan muslimah yang sudah berstatus sebagai seorang istri.
  • Waspadai, 10 Amalan yang Sia-Sia
    Muslimah
    Selasa, 27 April 2021 - 18:24 WIB
    Dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, disadari atau tidak, manusia seringkali terjebak dalam amalan yang sia-sia (al-laghwu). Perbuatan yang kelak di hari kiamat tidak mendatangkan pahala.
  • 10 Perkara yang Menunjukkan Hati yang Mati
    Muslimah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 12:15 WIB
    Ada tiga golongan hati manusia. Hati yang sehat, hati yang sakit dan hati yang mati. Kenapa golongan hati ini penting kita ketahui, karena semua amalan yang dilakukan setiap manusia sangat bergantung kepada hatinya.
  • Sibuk dengan Hal yang Sia-sia, Tanda Allah Menelantarkan Kita
    Muslimah
    Kamis, 14 Oktober 2021 - 06:33 WIB
    Menyibukan diri dengan hal-hal atau perbuatan sia-sia sangat dilarang dalam Islam. Bahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sudah memperingatkannya untuk meninggalkan hal yang tidak bermanfaat.
  • Doa-doa yang Tidak Tertolak, Salah Satunya Doa Pemimpin yang Adil
    Tips
    Sabtu, 25 November 2023 - 11:37 WIB
    Dalam Islam, ada beberapa doa yang tidak tertolak atau pasti dikabulkan Allah Subhanahu Wa Taala. Doa-doa siapakah itu dan bagaimana kriterianya?
  • Begini Cara Ulama Salaf Menyikapi Istri yang Durhaka
    Muslimah
    Selasa, 29 Juni 2021 - 15:23 WIB
    Salah satu ujian bagi para suami adalah ketika memiliki istri durhaka yang punya perangai buruk. Namun, bagi para salafus saleh, mereka punya cara sendiri menyikapinya.
  • Agama Merupakan Kebutuhan Manusia, Juga Selalu Relevan dengan Kehidupannya
    Tausyiah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 21:30 WIB
    Agama bukan saja merupakan kebutuhan manusia, tetapi juga selalu relevan dengan kehidupannya. Adakah manusia yang tidak mendambakan kebenaran, keindahan dan kebaikan?
  • Penyimpangan-penyimpangan Ibadah yang Sering Dianggap Sepele
    Muslimah
    Kamis, 21 September 2023 - 10:06 WIB
    Saat ini, banyak penyimpangan ibadah yang tersamar atau tidak nampak, bahkan banyak yang tidak disadari oleh pelakunya termasuk kalangan wanita. Penyimpangan tersebut umumnya dalam masalah keimanan dan akhlak .
  • Dari Bentuk Ketakwaan  hingga Berharap Jodoh yang Baik
    Muslimah
    Senin, 17 Agustus 2020 - 13:21 WIB
    Saat ini, jilbab dan hijab tidak sekadar trend fashion semata. Busana ini sudah menjadi bagian dari pergaulan dan cara hidup seorang perempuan muslimah, sesuai syariat Islam.
  • Inilah Rahasia dari Doa yang Belum Dikabulkan Allah SWT
    Hikmah
    Rabu, 25 Oktober 2023 - 17:54 WIB
    Allah Subhanhu wa taala telah menyuruh kepada para hambaNya untuk meminta apa saja kepadaNya dengan garansi penuh akan dikabulkan segala permintaan doa . Namun terkadang, ada doa yang tersimpan dahulu.
  • Ada Ghibah yang Diperbolehkan, Ini Syarat-syaratnya!
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 09:45 WIB
    Ghibah atau menggunjing adalah perbuatan yang tercela dan termasuk dosa besar. Namun ternyata, ada beberapa bentuk ghibah yang dibolehkan dalam syariat.
  • 2 Sikap yang Harus Dipenuhi Setiap Muslim agar Amal Diterima Allah SWT
    Tausyiah
    Selasa, 09 Mei 2023 - 12:31 WIB
    Ulama merumuskan bahwa ibadah tidak akan diterima kecuali apabila memenuhi 2 syarat: Pertama, memurnikan ibadah dan kedua, mengikuti tuntunan Rasulullah SAW.
  • Rezeki-rezeki yang Sering Dilupakan dan Diabaikan
    Muslimah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Sebagian besar manusia yang dikaruniai pikiran masih berpendapat bahwa rezeki Allah hanya berupa materi atau dalam bentuk harta saja. Padahal rezeki Allah Taala tidak sesempit itu dan banyak dilupakan atau diabaikan manusia.
  • Mengenal Hewan-hewan yang Allah Masukkan ke Dalam Surga
    Muslimah
    Sabtu, 20 Maret 2021 - 09:03 WIB
    Setiap hewan yang diisebut dalam Al-Quran mempunyai peran penting, karena perannya itu pula, Allah memasukkannya ke dalam surga. Hewan-hewan apa saja?
  • 3 Sifat Malu yang Perlu Ada dalam Diri Setiap Muslim
    Muslimah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 18:33 WIB
    Benteng pertahanan bagi seluruh akhlak manusia adalah sifat malu. Sifat ini, merupakan keutamaan yang agung dan karenanya perilaku manusia menjadi terarah. Ia adalah pagar yang melindungi tatanan nilai dan moral.
  • Kesalahan Fatal yang Sering Terjadi Tentang Khalwat
    Muslimah
    Senin, 07 September 2020 - 08:36 WIB
    Di antara kesalahan fatal yang sering terjadi di sebagian rumah kaum muslimin adalah terjadinya ikhtilat (campur-baur) antara laki-laki dan perempuan.