Topik Terkait: Orang Yang Boleh Tidak Puasa Ramadhan

  • Puasa Ramadhan dan Hukum Bagi yang Tidak Melaksanakannya
    Muslimah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 14:02 WIB
    Salah satu yang termasuk dosa besar adalah meninggalkan dengan sengaja Puasa Ramadhan. Sebab Puasa Ramadhan adalah bagian dari tegaknya syariat Allah Taala di muka bumi.
  • Inilah Orang-orang yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 09 April 2021 - 08:07 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala memberi kemudahan dan tidak menginginkan kesulitan bagi hamba-Nya yang memang disyaratkan tidak bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini. Siapa saja mereka?
  • Inilah Golongan yang Boleh Tidak Menjalankan Puasa Ramadan, Simak Ya!
    Tausyiah
    Senin, 25 Maret 2024 - 10:04 WIB
    Ternyata ada golongan yang diperbolehkan tidak menjalankan puasa Ramadan lho? Siapakah golongan itu dan bagaimana dalil-dalilnya menurut syariat?
  • Kelompok yang Boleh Tidak Berpuasa Ramadan, Siapakah Mereka?
    Hikmah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 14:30 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala memberi kemudahan dan tidak menginginkan kesulitan bagi hamba-Nya yang memang disyaratkan tidak bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan tersebut. Siapa saja mereka? Apa dalilnya?
  • Ramadhan di Saat Wabah Corona, Puasa atau Tidak?
    Hikmah
    Selasa, 21 April 2020 - 06:21 WIB
    Puasa Ramadhan bukanlah sekadar kewajiban biasa bersifat teologis, dipastikan mengandung aspek lain berupa manfaat yang langsung berguna dan dibutuhkan oleh tubuh manusia secara holistik.
  • Mereka yang Boleh Membayar Fidyah Puasa Ramadhan
    Tips
    Selasa, 04 Mei 2021 - 18:23 WIB
    Ada beberapa kelompok manusia yang diperbolehkan meninggalkan puasa dan cukup menggantinya dengan membayar fidyah dengan cara memberi makan kepada fakir miskin sesuai dengan jumlah hari yang ia tinggalkan.
  • Amalan Agar Tidak Haus Ketika Puasa Ramadhan
    Tips
    Rabu, 14 April 2021 - 13:36 WIB
    Menjalani ibadah puasa Ramadhan bagi sebagian orang ada yang merasa haus, dan terkadang tubuh menjadi lemas karena kekurangan energi. Berikut amalannya.
  • Mereka yang Tidak Diampuni di Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Kamis, 06 Mei 2021 - 10:10 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan. Bulan di mana Allah Subhanahu wa Taala mengampuni hamba-hambaNya di dalam bulan Ramadhan. Namun ternyata ada juga orang-orang yang tidak diampuni. Siapa saja mereka?
  • 13 Hal Tentang Puasa Ramadhan yang Wajib Diketahui Umat Islam
    Tips
    Senin, 12 April 2021 - 14:32 WIB
    Puasa Ramadhan adalah ibadah yang dirindukan kaum mukmin karena di dalamnya bertabur rahmat Allah. Mengkaji kembali Bab Puasa, ada 13 hal yang wajib diketahui umat Islam.
  • Membersihkan Telinga Saat Puasa Ramadhan, Batalkah?
    Tips
    Jum'at, 23 April 2021 - 08:05 WIB
    Membersihkan telinga adalah aktivitas yang lazim dilakukan setelah mandi. Apakah membersihkan telinga ketika puasa Ramadhan membatalkan puasa?
  • Mereka yang Mendapat Rukhsah Tidak Puasa di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:52 WIB
    Setidaknya ada tiga golongan yang mendapatkan rukhsah atau pengecualian untuk tidak melakukan ibadah puasa Ramadhan. Salah satunya adalah orang yang sedang sakit.
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Rajab dan Qadha Puasa Ramadhan?
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 17:43 WIB
    Puasa qadha Ramadhan tergolong puasa wajib yang wajib ditentukan jenis puasanya, misalkan dengan niat Saya niat berpuasa qadha Ramadhan fardlu karena Allah.
  • Inilah Wanita-wanita Muslimah yang Boleh Tidak Berjilbab
    Muslimah
    Sabtu, 15 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Tidak semua wanita muslimah terkena kewajiban untuk menutup aurat ini. Ada pula mereka yang berhak untuk tidak berhijab atau melepaskan jilbabnya. Siapa saja mereka?
  • Ramadhan Tinggal 10 Hari Lagi, Segera Lunasi Utang Puasa
    Tips
    Jum'at, 02 April 2021 - 14:58 WIB
    Hari ini kita sudah memasuki 19 Syaban bertepatan Jumat 2 April 2021. Bagi yang belum meng-qadha utang puasa Ramadhan tahun lalu, masih ada waktu 10 hari lagi untuk melunasinya.
  • Surga Ar-Rayyan Disiapkan untuk Orang Puasa Ramadhan dan Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Sabtu, 23 April 2022 - 16:15 WIB
    Karena agungnya pahala orang-orang yang berpuasa ini, Allah pun menyiapkan satu pintu khusus di surga yang hanya bisa dimasuki oleh mereka yang menjalankan puasa, yaitu pintu ar-Rayyan.
  • Puasa Tapi Tidak Sholat, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Rabu, 14 April 2021 - 13:32 WIB
    Ada satu hal yang seringkali luput dari perhatian, yakni melaksanakan puasa tetapi tidak menjalankan sholat. Bagaimana syariat menghukuminya perihal tersebut?
  • Rukun dan Tata Cara Niat Puasa Ramadhan
    Tips
    Rabu, 22 April 2020 - 20:01 WIB
    Rukun puasa ada dua rukun yaitu pertama, menahan diri dari yang membatalkan puasa sejak terbit Fajar hingga tenggelam matahari. Kedua, niat untuk puasa. Niat dilakukan paling lambat sebelum terbit Fajar.
  • Tidak Puasa bagi Para Pekerja Keras
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 10:02 WIB
    Umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa Ramadan, lalu bagaimana dengan kaum muslim yang meniti karir sebagai atlet sepakbola profesional atau atlet apapun itu terkait dengan kewajiban puasa?
  • Bolehkah Memakai Obat Penunda Haid agar Bisa Puasa Ramadhan? Begini Penjelasan Hukumnya
    Muslimah
    Rabu, 06 April 2022 - 11:33 WIB
    Karena kodratnya, kaum wanita harus mengalami siklus bulanan yakni haid. Lantas, bolehkah kaum wanita meminum obat penunda haid, agar bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan sebulan penuh?
  • 5 Golongan yang Boleh Tidak Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan
    Tips
    Sabtu, 02 April 2022 - 05:15 WIB
    Puasa Ramadhan diwajibkan bagi setiap muslim yang sudah mukallaf (baligh), namun ada golongan yang diberi dispensasi oleh Allah Subhanahu wa Taala untuk tidak menunaikan ibadah puasa ini