Kumpulan Artikel: Fiqih (halaman 35)

  • 3 Makna Tentang Allah Mengkhususkan Ibadah Puasa Untuk-Nya
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 04:05 WIB
    Berdasar hadis qudsi bahwa puasa mengandung fadhilah dan keistimewaan dibandingkan dengan ibadah lainnya. Allah telah mengkhususkan ibadah puasa ini untuk-Nya.
  • Kurangi Aktivitas Tidur Agar Ramadhan Lebih Bermakna
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 03:30 WIB
    Salah satu penyebab hilangnya keberkahan Ramadhan adalah karena aktivitas tidur yang terlalu banyak. Adabnya kaum shalihin adalah sedikit tidur apalagi saat di bulan Ramadhan.
  • Memberi Makan Berbuka Puasa Pahalanya Sungguh Menggiurkan
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 02:54 WIB
    Salat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja.
  • Jima dengan Sengaja di Siang Hari, Ini Konsekuensi yang Harus Diterima
    Tips
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 03:35 WIB
    Bagaimana hukum jima dengan sengaja dan konsekuensinya? Berikut penjelasan Ustaz Isnan Ansory (pengajar Rumah Fiqih Indonesia) dalam bukunya Buku Pembatal Puasa Ramadhan dan Konsekuensinya.
  • Meninggal Dunia, Apakah Masih Punya Kewajiban Puasa?
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 17:15 WIB
    Apabila seseorang meninggal dunia di bulan Ramadhan, apakah masih punya kewajiban puasa? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan (dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia) mengenai hal ini.
  • Hukum Menggunakan Siwak dan Pasta Gigi Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 15:00 WIB
    Salah satu amalan yang disukai Nabi shallallahu alaihi wa sallam adalah bersiwak (menggosok gigi) setiap waktu. Bagaimana hukum bersiwak (menggosok gigi) ketika puasa Ramadhan?
  • Lakukan Ini Agar Puasa Ramadhan Kita Diterima Allah
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 08:30 WIB
    Ustaz Zulkfili Muhammad Ali (UZMA) yang dijuluki Dai Akhir Zaman memberi tips agar puasa Ramadhan diterima di sisi Allah. Simak tauisyah singkatnya.
  • Berpuasa Ketika Safar, Tetap Puasa Atau Berbuka?
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 03:45 WIB
    Bagaimana hukum berpuasa ketika Safar (dalam perjalanan)? Apakah tetap berpuasa atau berbuka? Berikut penjelasan yang dinukil dari beberapa Hadis Nabi shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Begini Cara Rasulullah SAW Berbuka Puasa
    Tips
    Selasa, 28 April 2020 - 17:38 WIB
    Bagi orang berpuasa ada dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika berjumpa Rabbnya. Di antara sunnah yang dianjurkan saat puasa adalah menyegerakan waktu berbuka.
  • Hukum Mimisan dan Memukul Nyamuk Ketika Salat, Sahkah?
    Tausyiah
    Selasa, 28 April 2020 - 08:45 WIB
    Ketika sedang melaksanakan salat, tiba-tiba kita mimisan atau kita memukul nyamuk yang ternyata ada darahnya, bagaimana hukum shalat kita? Bukankah darah itu adalah najis?
  • Kumpulan Hadis Seputar Bulan Ramadhan (5)
    Tips
    Selasa, 28 April 2020 - 07:15 WIB
    Untuk menambah pengetahuan dan ilmu seputar puasa, berikut kumpulan hadis Nabi seputar Ramadhan. Semoga bermanfaat dan bisa menyemangati kita menghidupkan bulan suci Ramadhan.
  • Sahkah Puasa Orang yang Berimsak dalam Kondisi Junub?
    Tips
    Selasa, 28 April 2020 - 04:00 WIB
    Banyak pertanyaan yang muncul seputar fiqih puasa. Salah satunya tentang puasa orang yang berimsak dalam kondisi junub. Bagaimana hukumnya dalam pandangan syariat?
  • Bagaimana Hukum Orang yang Tidak Puasa Ramadhan Tanpa Uzur?
    Tips
    Senin, 27 April 2020 - 17:10 WIB
    Syariat Islam memberi perhatian besar terhadap kewajiban puasa Ramadhan karena termasuk rukun Islam. Bagaimana hukum orang yang tidak puasa Ramadhan tanpa uzur syari?
  • Inilah 6 Pembatal Puasa Menurut Mazhab Syafii
    Tips
    Senin, 27 April 2020 - 04:00 WIB
    Setiap muslim diwajibkan mengetahui ilmu fiqih termasuk perkara-perkara yang membatalkan puasa. Dalam Mazhab Syafii, ada 6 perkara yang membatalkan puasa.
  • Kumpulan Hadis Seputar Bulan Ramadhan (4)
    Tips
    Sabtu, 25 April 2020 - 08:30 WIB
    Hari ini merupakan hari kedua bagi umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Untuk menambah ilmu tentang puasa, berikut kumpulan hadis Nabi seputar Ramadhan.
  • Puasa Tidak Salat, Gus Miftah: Seperti Orang Telanjang Pakai Sepatu
    Tips
    Sabtu, 25 April 2020 - 03:37 WIB
    Orang yang salat itu ibarat mengenakan celana dan baju, sedangkan puasa adalah sepatu. Maka orang yang puasa tapi tidak salat ibaratnya orang telanjang tapi mengenakan sepatu.
  • 2 Rukun Puasa yang Wajib Diketahui Umat Islam
    Tips
    Sabtu, 25 April 2020 - 03:30 WIB
    Di antara ilmu Fiqih yang tidak kalah penting untuk dipelajari adalah rukun puasa. Setiap muslim wajib mengetahui apa saja rukun puasa sebelum mengamalkannya.
  • Makna Kesempurnaan Puasa Menurut Imam al-Ghazali
    Tausyiah
    Sabtu, 25 April 2020 - 02:10 WIB
    Orang yang berpuasa hendaknya juga harus menahan anggota tubuh mereka lainnya dari perkara-perkara yang dimurkai oleh Allah sehingga mencapai kesempurnaan berpuasa.
  • Kiblat Berubah, Sahabat Nabi Bertanya Apakah Salatnya Diterima?
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 16:56 WIB
    Perubahan arab kiblat dari Baitul Maqdis Palestina ke Masjidil Haram Makkah dinilai sebagai tahapan pertama dalam pensyariatan salat.
  • Subuh Belum Mandi Wajib Setelah Jima,  Masih Sahkah Puasa?
    Tips
    Jum'at, 24 April 2020 - 15:05 WIB
    Puasa menjadi batal ketika bersetubuh atau jima walau dengan istri. Lalu, sahkah puasa wajib jika sampai waktu subuh tiba belum mandi junub setelah jima?