Topik Terkait: Sholat Kafarat

  • Apa Hukum Salat Kafarat dalam Islam?
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 16:00 WIB
    Tradisi melaksanakan salat kafarat pada Jumat terakhir Ramadan dapat menghapuskan dosa-dosa salat yang ditinggalkan selama 70 tahun. Benarkah demikian dan bagaimana hukum salat kafarat ini?
  • Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa
    Tips
    Rabu, 05 Mei 2021 - 15:51 WIB
    Bila seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • Pengertian Puasa Kafarat dan Cara Menebusnya
    Tips
    Sabtu, 20 November 2021 - 20:52 WIB
    Pengertian puasa kafarat adalah puasa sebagai denda karena pelanggaran melakukan senggama di bulan Ramadhan. Berikut cara menebusnya.
  • Begini Aturan Islam soal Sumpah dan Nazar, Serta Kafarat yang Mengikatnya
    Tausyiah
    Minggu, 04 Desember 2022 - 11:44 WIB
    Jangan gampang bersumpah dan bernazar karena jika melanggarnya ada hukumannya dalam Islam. Jika sumpahnya tidak benar atau nazarnya tidak dipenuhi maka ada kaffarah atau penebus yang harus ditunaikan.
  • Sholat Jumat: Bolehkah Sholat Sunnah saat Khatib Sudah Naik Mimbar?
    Tips
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 17:44 WIB
    Ada beberapa hal yang dilarang dilakukan saat khatib sudah naik ke mimbar dan berkhutbah dalam rangkaian sholat Jumat. Salah satunya adalah larangan berbicara.
  • Sholat Berjamaah di Rumah, Samakah Fadhilahnya?
    Tausyiah
    Senin, 28 Juni 2021 - 21:37 WIB
    Di masa pandemi banyak di antara kaum muslimin memilih sholat berjamaah di rumah. Samakah fadhilah (keutamaan) dengan sholat berjamaah di masjid?
  • Anjuran Membuat 3 Shaf Ketika Sholat Jenazah
    Tips
    Rabu, 27 Juli 2022 - 18:21 WIB
    Dalam shalat jenazah terdapat anjuran membuat 3 shaf yang belum banyak diketahui umat Islam. Berikut hadis yang menganjurkan sholat jenazah dengan 3 shaf.
  • Tata Cara Sholat Duduk Bagi yang Sakit dan Tidak Mampu Berdiri
    Tips
    Selasa, 08 Maret 2022 - 20:03 WIB
    Tata cara sholat duduk bagi orang sakit dilakukan dengan membaca bacaan yang sama dengan sholat pada umumnya. Perbedaanya hanyalah pada beberapa gerakan sholat.
  • 5 Tingkat Ke-khusuk-kan Dalam Sholat, di Mana Posisi Sholat Kita?
    Muslimah
    Jum'at, 26 Maret 2021 - 15:55 WIB
    Dalam proses mendekat kepada Allah azza wa jalla (taqarrub ilallah), beda orang beda kemampuan, beda semangat, dan beda kesungguhan. Begitu pula ketika melakukan sholat, tingkat khusuk manusia memiliki level yang berbeda-beda.
  • Hukum Membayar Kafarat karena Jimak di Bulan Ramadan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Senin, 27 Maret 2023 - 12:06 WIB
    Salah satu pembatal puasa dan merupakan dosa di bulan Ramadan adalah berjimak di siang hari. Maka, yang melakukannya wajib bertauba disamping kewajiban membayar kafarat (tebusan).
  • Batalkah Sholat Perempuan Ketika Rambutnya Terlihat?
    Muslimah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 09:14 WIB
    Sebagai muslimah, kita mengetahui bahwa rambut adalah bagian dari aurat, maka hal ini berlaku kapanpun, terlebih pada waktu seorang perempuan menjalankan ibadah sholat. Lantas batalkah sholatnya ketika rambut perempuan itu terlihat atau tersingkap?
  • Sholat Tidak Khusyuk, Haruskah Diulang?
    Tausyiah
    Kamis, 04 Maret 2021 - 19:49 WIB
    Sholat tidak khusyuk mungkin pernah dialami kaum muslimin. Khusyuk memang bukan perkara mudah, butuh kebulatan hati dan sungguh-sungguh. Jika tak khusuk mestikah sholatnya diulang?
  • Anjuran Mengqadha Sholat Wajib yang Pernah Ditinggalkan
    Tausyiah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 16:44 WIB
    Bagi Anda yang pernah meninggalkan sholat wajib (sholat fardhu 5 waktu) baik karena lupa atau sengaja, maka diperintahkan untuk meng-qadhanya.
  • Keutamaan Sholat Idul Fitri dan 8 Amalan Sunnah Jelang Sholat
    Tips
    Selasa, 11 Mei 2021 - 16:23 WIB
    Keutamaan Sholat Idul Fitri sungguh besar. Salat ini bukanlah salat yang biasa kita lakukan rutin, namun hanya dilakukan setelah kita melaksanakan puasa Ramadhan.
  • Niat Sholat Jamak Zhuhur dan Ashar Beserta Tata Caranya
    Tips
    Jum'at, 29 September 2023 - 21:54 WIB
    Berikut niat sholat Jamak Zhuhur dan Ashar beserta tata caranya. Jamak artinya mengumpulkan dua sholat fardhu dalam satu waktu dan dikerjakan secara berturut-turut.
  • Sejarah Disyariatkannya Sholat Gerhana dan Hikmah di Baliknya
    Hikmah
    Selasa, 08 November 2022 - 22:13 WIB
    Sejarah sholat gerhana berikut hikmah di balik pensyariatannya penting diketahui kaum muslimin. Peristiwa gerhana ini termasuk tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah.
  • Niat Sholat Witir 3 Rakaat Lengkap Beserta Doa dan Tata Caranya
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 11:14 WIB
    Niat sholat witir 3 rakaat biasanya dilakukan saat malam hari sebagai penutup sholat atau penutup dari ibadah qiyamul lail seperti sholat tahajud, sholat hajat serta sholat tarawih pada bulan Ramadhan
  • Keutamaan Mengakhirkan Sholat Isya, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Desember 2023 - 21:16 WIB
    Sebagian muslim mungkin ada yang mengerjakan sholat Isya di akhir malam dan sebagian tetap mengerjakannya di awal waktu. Berikut penjelasannya.
  • Tata Cara Sholat Jenazah, Hukum dan Rukun-Rukunnya
    Tips
    Selasa, 03 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Tata cara sholat jenazah secara teknis berbeda dari tata cara sholat pada umumnya, lantaran tak menggunakan gerakan ruku, itidal, dan sujud. Berikut 7 rukun sholat jenazah.
  • Awal dan Batas Akhir Waktu Sholat Zuhur
    Tips
    Senin, 14 Februari 2022 - 08:05 WIB
    Sholat merupakan kewajiban bagi setiap mukmin dan wajib memelihara waktunya sebagaimana ditetapkan oleh syariat. Berikut batas akhir waktu sholat Zuhur.