Topik Terkait: Adab Membaca Alquran (halaman 3)

  • Inilah Waktu-waktu yang Tepat untuk Membaca Shalawat Nabi
    Tips
    Senin, 22 November 2021 - 18:01 WIB
    Salah satu cara mengekspresikan kecintaan terhadap Baginda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam adalah dengan bershalawat. Bahkan, Allah Taala memerintahkan secara langsung agar senantiasa bershalawat
  • Hukum Membaca Al-Quran di HP
    Tips
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 21:17 WIB
    Di era teknologi saat ini, banyak di antara umat Islam memanfaatkan HP untuk beraktivitas termasuk urusan ibadah. Bagaimana hukum membaca Al-Quran di HP?
  • Keutamaan Orangtua yang Mengajari Anak Membaca Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 15 Juni 2020 - 22:45 WIB
    Allah Taala akan memberi ganjaran dan pahala besar bagi para orangtua yang sabar mengajarkan kitabullah kepada anaknya. Berikut keutamaan orangtua yang mengajarkan Al-Quran kepada anaknya.
  • Doa agar Memiliki Adab yang Baik dengan Huruf Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Rabu, 15 Juni 2022 - 19:01 WIB
    Doa agar memiliki adab yang baik, pasti diinginkan setiap orang. Oleh karena itu, selain melatih diri, sebagai muslim kita dianjurkan memohon kepada Allah agar diberikan adab yang baik.
  • Mukmin yang Membaca Al-Quran Seperti Jeruk Manis, Begini Maksudnya
    Tausyiah
    Minggu, 17 Mei 2020 - 18:03 WIB
    Beruntunglah mereka yang istiqamah membaca Al-Quran dan mempelajarinya karena kelak akan mendapatkan syafaat di Hari Kiamat nanti.
  • Tajammul di Hari Raya, Inilah Adab dan Tuntunannya
    Muslimah
    Jum'at, 24 Juli 2020 - 10:10 WIB
    Salah satu tuntunan Islam ketika hari raya adalah tajammul, atau berpenampilan sebaik mungkin, pada tubuh maupun pakaian. Baik muslim dan muslimah, disunnahkan untuk memakai pakaian bagus dan terbaik yang dia miliki.
  • Membaca Shadaqallahul Azhim, Benarkah Bidah?
    Tausyiah
    Senin, 01 Juni 2020 - 10:00 WIB
    Kita sering mendengar para pembaca Al-Quran menutup tilawahnya dengan ucapan Shadaqallahul Azhim (benarlah apa yang Allah Taala firmankan). Apakah perkara ini bidah?
  • 9 Waktu yang Dianjurkan Membaca Surat Al Ikhlas
    Tips
    Rabu, 22 September 2021 - 16:45 WIB
    Ada 9 waktu yang dianjurkan membaca surat Al Ikhlas, sesuai tuntutan Rasulullah SAW. Hal ini tertuang dalam sejumlah hadits Nabi SAW. Kapan saja?
  • Orang Pertama yang Membaca Al-Quran Terang-terangan di Zaman Nabi
    Hikmah
    Kamis, 01 September 2022 - 14:20 WIB
    Ketika fase dakwah sirriyah, Al-Quran belum diperdengarkan di tengah kaum musyrik Mekkah. Namun seorang sahabat memberanikan diri membaca Al-Quran terang-terangan.
  • Adab Berhias bagi Muslimah yang Penting Diketahui
    Muslimah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 09:35 WIB
    Sebagai muslimah, sudah sepatutnya kita memahami adab dalam berhias. Adanya adab berhias dalam Islam ini semata-mata untuk memberikan kebaikan sekaligus menunjukkan salah satu karakter atau ciri-ciri beriman kepada Allah.
  • Adab dan Etika Berpakaian yang Penting Diketahui Kaum Muslimah
    Muslimah
    Sabtu, 06 Agustus 2022 - 09:34 WIB
    Selain ada hukum yang mengatur bagaimana ketentuan berpakaian bagi muslimah, ada pula adab dan etika berpakaian yang hendaknya diperhatikan. Nah, selama ini mungkin kita sebagai muslimah sering melewatkan etika dan adab-adab berpakaian ini.
  • Lima Keutamaan Membaca Al-Qur’an
    Tausyiah
    Minggu, 24 Maret 2024 - 03:15 WIB
    Bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya Al-Quran, seperti yang difirmankan Allah SWT dalam Al Quran Surat ayat 185. Kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam melalui perantara malaikat Jibril pada malam Qadr.
  • Waktu Terbaik Membaca Surat Al-Waqiah, Yuk Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 20:01 WIB
    Waktu terbaik membaca Surat Al Waqiah disebutkan dalam sejumlah hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, yakni pada pada malam hari dan saat shalat subuh
  • Masa Iktikaf Telah Tiba, Inilah Adab-adabnya Saat Berada di Dalam Masjid
    Tips
    Sabtu, 23 April 2022 - 10:56 WIB
    Bulan Ramadhan sudah memasuki 10 hari terakhir menjelang Idul Fitri, waktu yang tersisa ini banyak dimanfaatkan umat muslim untuk beriktikaf. Masjid-masjid pun akan penuh dihadiri orang-orang yang beriktikaf tersebut.
  • Bacaan Tashil dalam Al-Quran, Begini Cara Membacanya
    Tips
    Jum'at, 28 Juli 2023 - 21:17 WIB
    Bacaan tashil dalam Al-Quran penting dipelajari kaum muslim umat Islam agar tidak keliru saat tilawah. Tashil merupakan salah satu hukum tajwid yang terdapat dalam ayat-ayat Al-Quran.
  • 5 Adab Puasa Ramadan yang Bersifat Sunah Nabi SAW
    Tips
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 06:14 WIB
    Setidaknya ada 5 adab orang berpuasa yang mesti dijalankan. Adab ini bersifat sunnah Nabi Muhammad SAW. Salah satu adab itu adalah mengakhirkan sahur.
  • Syafaat Al-Quran Bagi yang Rajin Membacanya Siang dan Malam
    Tausyiah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 16:49 WIB
    Al-Quran adalah kalamullah yang kelak nanti memberikan syafaat di Hari Kiamat bagi para pembacanya. Rasulullah mengingatkan umatnya agar tidak melupakan Al-Quran.
  • 6 Adab Saat Berpakaian Bagi Muslimah yang Sering Diabaikan
    Muslimah
    Minggu, 22 Mei 2022 - 14:40 WIB
    Selain ada hukum yang mengatur bagaimana ketentuan berpakaian bagi muslimah, ada pula etika dan adab berpakaian yang juga hendaknya diperhatikan.
  • Membaca Al-Quran Tanpa Mengetahui Artinya, Masihkah Dapat Pahala?
    Tips
    Rabu, 06 Juli 2022 - 16:46 WIB
    Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi seluruh manusia. Namun bagaimana ketika kita membaca Al-Quran tanpa tahu artinya? Masihkah mendapat pahala?
  • Nikmat Sakit dan Adab Menjalaninya
    Muslimah
    Senin, 21 September 2020 - 06:21 WIB
    Salah satu kenikmatan hidup yang dirasakan manusia adalah hidup sehat. Nikmat sehat ini akan terasa besarnya, justru ketika mengalami sakit. Terlebih sakit yang susah untuk disembuhkan.