Topik Terkait: Adab Zikir (halaman 3)

  • Dalil Keutamaan Dzikir dengan Jemari Tangan Kanan
    Tips
    Rabu, 15 September 2021 - 19:04 WIB
    Ketika berdzikir, umat muslim biasanya menggunakan tasbih dan ada juga yang menggunakan jari. Dan ternyata, berdzikir dengan jari jemari lebih utama terlebih bila menggunakan tangan kanan.
  • Adab-adab dalam Berjihad, Salah Satunya Tidak Membunuh Wanita dan Anak Kecil
    Tips
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 17:54 WIB
    Perang Palestina dan Zionis Israel membangkitkan kembali semangat jihad. Meski berperang dengan jihad fii sabilillah, namun dalam Islam ada adab-adab berjihad yang sangat diutamakan.
  • Inilah Bacaan Zikir yang Dapat Membuka Pintu Rezeki dan Terkabulnya Hajat
    Tips
    Senin, 19 September 2022 - 12:48 WIB
    Salah satu zikir yang dianjurkan adalah bershalawat, lalu membaca tasbih, tahmid, dan tahlil. Karena, membaca shalawat Nabi, sangatlah dianjurkan bagi setiap muslim demi kelancaran rezeki dan terkabulnya hajat
  • Begini Adab Bertetangga yang Diajarkan Nabi
    Tausiyah
    Rabu, 16 Oktober 2019 - 14:30 WIB
    Rasulullah SAW mengajarkan manusia agar memuliakan tetangga dan haramnya menganggu mereka dengan lisan maupun perbuatan.
  • Ibarat Air Bagi Ikan, Zikir Adalah Nutrisi Bagi Hati
    Tausyiah
    Senin, 28 September 2020 - 10:03 WIB
    Zikir (dzikrullah) merupakan wujud ketakwaan dan penghambaan kepada Allah Azza wa Jalla. Zikir artinya mengingat, memperhatikan, mengenang, dan mengambil pelajaran.
  • Adab Saat Menguap Lakukan dengan 3 Cara Ini
    Tips
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 08:50 WIB
    Menguap menurut KBBI adalah mengangakan mulut dengan mengeluarkan napas karena mengantuk. Menguap tidak dilarang dalam Islam namun dalam kesehariannya terdapat adab-adab yang harus diterapkan oleh umat muslim.
  • Pentingnya Belajar Adab Sebelum Mempelajari Ilmu
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Februari 2021 - 22:27 WIB
    Islam sangat menekankan akhlak karena baginda Nabi Muhammad tidaklah diutus kecuali untuk menyempurnakan akhlak manusia dan menjadi uswatun hasanah
  • Bacaan Zikir Sebelum Berbuka Puasa Ramadhan
    Tips
    Selasa, 20 April 2021 - 14:59 WIB
    Di antara zikir yang dianjurkan sebelum berbuka puasa Ramadhan dinukil dari Kitab Al-Adzkar dan lainnya. Berikut bacaan zikir sebelum berbuka puasa.
  • Keutamaan Zikir Tasbih, Tahmid dan Takbir 33 Kali
    Tausyiah
    Sabtu, 03 Oktober 2020 - 09:45 WIB
    Setiap muslim pasti tak asing dengan kalimat zikir yang satu ini. Zikir ini selalu dibaca setiap selesai salat karena merupakan anjuran (sunnah) Nabi shallallahu alaihi wa sallam.
  • Doa dan Zikir Setelah Salat Maghrib
    Tips
    Selasa, 11 April 2023 - 15:50 WIB
    Doa dan zikir setelah salat Maghrib ini dicontohkan Rasulullah SAW. Doa dan zikir ini penting diketahui umat Islam, karena doanya ringkas tetapi fadhilahnya dapat menambah ketaatan.
  • 11 Adab Tentang Utang Piutang yang Wajib Anda Ketahui
    Tausyiah
    Selasa, 17 Mei 2022 - 14:50 WIB
    Utang piutang merupakan perkara yang tidak boleh dianggap remeh oleh kaum muslimin. Berikut 11 hal terkait utang piutang yang wajib diketahui umat muslim.
  • Doa dan Zikir Setelah Salat Syuruq Lengkap
    Tips
    Senin, 25 September 2023 - 14:05 WIB
    Doa dan zikir setelah salat syuruq atau isyraq ini diamalkan setelah melaksanakan salat syuruq, atau salat yang dilakukan setelah salat subuh dan setelah terbitnya matahari.
  • Adab dan Akhlak Seorang Muslimah yang Penting Diketahui
    Muslimah
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 13:30 WIB
    Adab dan akhlak seorang muslim sebenarnya sudah diberitahukan didalam Al Quran dan hadis, namun, ada baiknya seorang muslimah kembali mengenal atau mempelajarinya lebih dalam.
  • Doa-Doa Pendek yang Jadi Amalan Zikir Saat Sakit
    Tips
    Senin, 27 Februari 2023 - 11:32 WIB
    Setiap manusia pasti akan mendapat ujian dari Allah Subhanahu wa taala. Salah satunya ketika diuji dengan sakit, entah sakit yang ringan atau sakit yang cukup berat. Nah, ketika diuji dengan rasa sakit ini , kita dianjurkan membaca zikir dan doa.
  • 15 Manfaat Zikir Pagi dan Petang, Mendapat Ampunan Dosa Hingga Terlindung dari Mara Bahaya
    Tips
    Selasa, 09 Mei 2023 - 08:09 WIB
    Manfaat zikir pagi dan petang perlu diketahui oleh setiap umat Islam. Dengan mengetahui manfaat dari zikir ini dapat menjadikan kita untuk selalu termotivasi dalam melaksanakannya.
  • Indahnya Adab Bergaul yang Diajarkan Rasulullah SAW
    Tausiyah
    Selasa, 03 Maret 2020 - 10:10 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) dikenal sebagai sosok yang mempunyai banyak sahabat. Dalam bergaul, beliau senantiasa menanamkan kasih sayang.
  • Setiap Kezaliman Ada Balasannya, Ini 5 Adab Orang yang Teraniaya
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 06:30 WIB
    Di antara kita mungkin pernah teraniaya atau dizalimi orang lain. Atau barang kali pernah merasa dizalimi oleh penguasa yang tidak adil. Bagaimana sikap kita menyikapi hal ini?
  • Inilah Adab Ziarah Kubur Menurut Imam Al Ghazali
    Muslimah
    Senin, 22 Maret 2021 - 08:16 WIB
    Masih banyak kaum muslimin yang salah dalam menyikapi ziarah kubur, sehingga bukannya manfaat yang mereka raih, akan tetapi justru mengundang murka Allah . Ini karena adab-adab ziarah kubur yang kurang diperhatikan.
  • Membaca Takbir dan Tasbih Saat Bersafar, Adab yang Disukai Allah
    Tips
    Kamis, 24 Februari 2022 - 18:08 WIB
    Ketika seorang muslim hendak bersafar ada adab-adab yang harus diperhatikan, misalnya ketika seorang musafir sedang mendaki gunung atau menanjak ke tempat yang tinggi, hendaknya dia membaca takbir Allahu Akbar, secara terus-menerus.
  • Bacaan Zikir dan Wirid setelah Salat Magrib, Arab, Latin dan Terjemahannya
    Tips
    Senin, 11 September 2023 - 12:30 WIB
    Zikir dan wirid setelah salat maghrib memang sudah dianjurkan dalam ajaran Islam. Sebab zikir dan wirid mempunyai keutamaan yang bisa didapatkan siapa saja yang membacanya.