Topik Terkait: Akta Kematian (halaman 8)

  • Di Balik Umur Singkat...
    Tausyiah
    Minggu, 10 Mei 2020 - 02:10 WIB
    Angka harapan hidup orang Indonesia lebih tinggi dibandingkan umat Muhammad. Rasulullah SAW mengabarkan usia kebanyakan umatnya adalah berkisar 60-70 tahun.
  • Kisah Sufi Bayazid Al-Bustami:...
    Hikmah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 19:27 WIB
    Kisah ini karya Abu Yazid Taifur bin Isa Surusyan, juga dikenal dengan Bayazid. Dia dikenal sebagai salah seorang sufi kenamaan Persia abad ke-III dari Bistam wilayah Qum, lahir pada tahun 874 M dan wafat pada usia 73 tahun.
  • Manfaat dan Faedah Mengingat...
    Muslimah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 21:01 WIB
    Sejatinya mati atau kematian adalah persinggahan pertama manusia di alam akhirat. Setiap makhluk yang hidup di dunia pasti akan menjumpai kematian ini.
  • Pentingnya Berdoa, Memohon...
    Tausyiah
    Senin, 11 Januari 2021 - 07:07 WIB
    Tatkala bayang-bayang musibah datang silih berganti, Rasulullah SAW telah memberi contoh pentingnya berdoa, memohon perlindungan kepada Allah dari kematian yang mengerikan.
  • 3 Doa Pendek Memohon...
    Tips
    Senin, 29 Mei 2023 - 10:30 WIB
    Dalam Islam, kematian adalah hal yang pasti dan tak ada manusia yang tahu kapan ajalnya tiba. Namun semua orang pasti mendambakan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik).
  • Simak Ucapan Para Khalifah...
    Hikmah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 11:44 WIB
    Di ambang kematiannya, Ibnu al-Munkadir menangis. Ia ditanya, Kenapa engkau menangis? Jawabnya, Demi Allah, aku tidak menangisi suatu dosa yang dengan sadar sudah terlanjur aku lakukan.
  • Mengapa Seorang Muslim...
    Tausyiah
    Kamis, 10 November 2022 - 09:46 WIB
    Islam mengajarkan umatnya untuk selalu mengingat kematian. Menurut Ustadz Oemar Mita, mengingat mati bukanlah anjuran, melainkan ibadah kepada Allah Taala
  • Ketika Rasulullah Ditanya...
    Tausyiah
    Kamis, 14 Januari 2021 - 16:54 WIB
    Ustaz Dokter Zaidul Akbar mengingatkan sebuah episode kehidupan yang memberi banyak pelajaran kepada kita semua, mulai dari bagaimana kematian akan menghampiri manusia di manapun.
  • Ziarah Kubur Perbanyak...
    Hikmah
    Jum'at, 12 April 2024 - 09:49 WIB
    Salah satu tradisi saat merayakan Idulfitri di Indonesia yakni ziarah kubur. Tradisi yang baik untuk selalu mengingat kematian. Mengapa demikian?
  • 6 Tanda Kematian akan...
    Tips
    Kamis, 06 Januari 2022 - 07:19 WIB
    Kapan kematian itu akan datang? Tidak ada yang bisa memastikan, karena itu rahasia Allah Taala. Kendati demikian, ada beberapa hal yang mungkin bisa kita jadikan tanda ajal akan menjemput.
  • Jangan Bergembira Berlebihan,...
    Muslimah
    Senin, 31 Mei 2021 - 09:30 WIB
    Kebanyakan manusia seringkali lupa bahwa kehidupan di dunia ini. Dia kerap berlebihan dalam kegembiraannya, padahal kematian atau ajal bisa datang di setiap saat.
  • Lembah Kematian: Kisah...
    Hikmah
    Kamis, 24 September 2020 - 06:16 WIB
    Seorang Sufi tengah berjalan-jalan dengan malas ketika ia dipukul dari belakang. Ia pun menoleh dan berkata, Orang yang kau pukul ini sudah mati lebih dari tiga puluh tahun.
  • Memohon Husnul Khatimah
    Tips
    Selasa, 06 Juli 2021 - 09:12 WIB
    Seseorang muslim harus selalu memohon agar Allah Subhanahu wa taala mewafatkannya dalam keadaan Husnul-khatimah. Karena kematian adalah suatu hal yang pasti datang dan tak ada manusia yang mengetahui kapan ajalnya tiba.
  • Apakah Kematian Ebrahim...
    Dunia Islam
    Kamis, 23 Mei 2024 - 20:12 WIB
    Sejumlah pengamat berpendapat dalam jangka pendek peristiwa ini tidak akan banyak mengubah lanskap keamanan Timur Tengah. Hanya saja, dalam jangka panjang akan sangat menentukan.
  • Kematian Tak Hanya Sekali...
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Agustus 2024 - 06:42 WIB
    Kematian pertama dialami oleh manusia sebelum kelahirannya, atau saat sebelum Allah menghembuskan roh kehidupan kepadanya sedang kematian kedua, saat ia meninggalkan dunia yang fana ini.
  • Ini Doa Raja Bani Israil...
    Hikmah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 05:15 WIB
    Tatkala Uzia sakit parah dan mendekati ajal, Allah menyampaikan kepada Nabi Yesaya tentang kematian Uzia yang sudah dekat. Namun Allah kemudian menunda kematian itu berkat doa-doa Uzia.
  • Nasihat Habib Quraisy...
    Tausyiah
    Senin, 07 September 2020 - 21:01 WIB
    Bila tiba-tiba esok hari kita meninggal, sudah siapkah kita menyambut kedatangan Malaikat menanyakan amal perbuatan kita? Sudahkah kita siap merasakan dahsyat dan sakitnya sakaratul maut?
  • Bagaimana Hukum Meluapkan...
    Muslimah
    Selasa, 14 Maret 2023 - 12:31 WIB
    Bagaimana sebenarnya perasaan rindu dan luapan cinta pada seseorang yang sudah meninggal ini dalam pandangan syariat? Berdosakah atau malah termasuk syirik kecil?
  • Kisah Menyentuh Seorang...
    Hikmah
    Selasa, 13 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Kertas itu berisi wasiatt saat ia menuju meja bedah. Ia tuangkan segala ungkapan dan perasaannya. Tak terasa air mataku mengalir karenanya, kedua tanganku gemetar dan seluruh badanku merinding.
  • Sakaratul Maut Bagi...
    Tausyiah
    Senin, 15 Februari 2021 - 17:39 WIB
    Jika orang kafir mengalami kesulitan yang amat menyakitkan ketika sakaratul maut, maka sebaliknya orang mukmin akan disambut dengan oleh Malaikat yang baik dengan izin Allah.