Topik Terkait: Amalan Sunnah Muharram (halaman 389)

  • Surat Adh-Dhuha : Bukti...
    Tips
    Rabu, 28 Desember 2022 - 11:25 WIB
    Ada rahasia besar dalam Surat adh-Dhuha. Surat ini diturunkan untuk membuktikan dan mengabarkan kecintaan serta kepedulian dari Allah Taala terhadap perjuangan dakwah Rasulullah SAW.
  • Tafsir Al-Mulk Ayat...
    Tausyiah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 23:43 WIB
    Tiga karunia Allah untuk manusia yaitu: telinga, mata dan hati nurani disebutkan dalam Surat Al-Mulk ayat 23. Karunia Allah ini sering tidak disyukuri oleh manusia.
  • Ijtihad Tabiin sebagai...
    Hikmah
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 09:24 WIB
    Ijtihad yang dilakukan tanpa ikatan pendapat seorang mujtahid yang terlebih dahulu, dan yang secara langsung diarahkan membahas, meneliti dan memahami yang benar
  • Ini Mengapa Byzantium...
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 09:00 WIB
    John Louis Esposito mengatakan dalam waktu seratus tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW, para penggantinya (khalifah-khalifah) mendirikan suatu kerajaan yang lebih besar daripada Roma.
  • Inilah Manfaat Membaca...
    Muslimah
    Selasa, 03 Januari 2023 - 13:59 WIB
    Manfaat membaca surat Yasin untuk ibu hamil banyak sekali, salah satunya akan membuat si jabang bayi yang ada dalam kandungan ibunya tersebut akan mendapatkan ketenangan hati.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Agar Istighfar Kita...
    Tausyiah
    Kamis, 05 Januari 2023 - 09:59 WIB
    Allah subhanahu wa taala juga senantiasa mengingatkan kita untuk memohon ampun (istighfar) atas kesalahan dan dosa dalam banyak ayat-ayat-Nya.
  • Ikhfa: Pengertian, Hukum...
    Tips
    Jum'at, 06 Januari 2023 - 17:27 WIB
    Ikhfa adalah salah satu ilmu tajwid yang wajib diketahui umat muslim dan dipraktikkan ketika membaca Al-Quran. Berikut pengertian Ikhfa, hukum dan contoh bacaannya.
  • Membaca Surat Al Kafirun...
    Tips
    Sabtu, 07 Januari 2023 - 17:55 WIB
    Surat Al Kafirun memiliki banyak keutamaan, di antaranya memperkuat keimanan, ditakuti iblis, dan terbebas dari kemusyrikan.
  • Sudah 2023 Kok Belum...
    Tausyiah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 22:14 WIB
    Sudah Tahun 2023 belum juga Kiamat. Lalu, apa hikmah di balik ini? Mari kita simak paparan pengasuh Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat Lc MA berikut ini.
  • Keutamaan, Kandungan...
    Tips
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 14:30 WIB
    Surat Al-Jatsiyah memiliki keutamaan dan manfaat yang dapat diamalkan umat Islam. Surat ke-45 dalam Al-Quran ini terdiri 37 ayat diturunkan sesudah Surat Ad-Dukhaan (surat Makkiyyah).
  • Wajib Bersabar Menunggu...
    Tips
    Minggu, 15 Januari 2023 - 09:20 WIB
    Menurut Imam Ibnul Jauzi, boleh jadi Allah sengaja menunda terkabulnya doa seseorang karena Dia hendak memberikan kebaikan padanya.
  • Pentingnya Mengenalkan...
    Muslimah
    Senin, 16 Januari 2023 - 13:02 WIB
    Berdakwah kepada sesama manusia mempunyai keutamaan yang sangat besar. Bagaimana tidak, pahala akan terus mengalir dari orang-orang yang beramal dengan ilmu yang disampaikannya
  • Tanah Arab Menghijau...
    Tausyiah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Ustaz Adi Hidayat (UAH) memberi penjelasan terkait berita viral tanah Arab Saudi yang menghijau. UAH menjelaskan fenomena tersebut dengan dua pendekatan. Berikut penjelasannya.
  • Kisah Wanita Thawaf...
    Hikmah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 19:49 WIB
    Turunnya perintah berpakaian terbaik ketika masuk masjid ternyata berkaitan dengan kisah seorang wanita yang thawaf di Kabah dalam keadaan telanjang. Berikut kisahnya.
  • Kisah Saad bin Abi Waqqash,...
    Hikmah
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 15:31 WIB
    Kisah Saad bin Abi Waqqash, sahabat Nabi SAW yang menyebarkan Islam ke Negeri China, memang heroik. Saad bin Abi Waqqash adalah salah seorang yang dinyatakan Rasulullah sebagai penduduk surga.
  • Ini Mengapa Nabi Musa...
    Dunia Islam
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 15:40 WIB
    Michael H Hart memasukkan Nabi Musa as dalam urutan ke-16 sebagai tokoh berpengaruh dalam sejarah. Dia menyebut Musa sebagai nabi orang Yahudi yang dikagumi di seluruh dunia Islam maupun Kristen
  • Peristiwa Bulan Rajab:...
    Hikmah
    Senin, 23 Januari 2023 - 16:05 WIB
    An-Najasyi bisa dikatakan tabiin, namun boleh pula dikatakan sebagai sahabat. Hubungannya dengan Rasulullah SAW berlangsung melalui surat menyurat.
  • Ada yang Menabukan Ijtihad,...
    Tausyiah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 21:38 WIB
    Di kalangan ulama klasik ada pendapat hampir merata bahwa ijtihad adalah suatu tugas yang penuh gengsi, tapi justru karena itu menuntut persyaratan banyak dan berat.
  • Nasihat Kepemimpinan...
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Januari 2023 - 22:34 WIB
    Hari Senin kemarin, 9 Januari 2023, diadakan acara dialog kepemimpinan bersama Dato Dr Anwar Ibrahim, yang baru saja dilantik menjadi Perdana Menteri (PM) Malaysia.
  • Dinasti Mamluk: Sejarah,...
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 22:59 WIB
    Dinasti Mamluk atau Mamalik merupakan salah satu dinasti berpengaruh dalam sejarah peradaban Islam, khususnya di wilayah Mesir dan sekitarnya.