Topik Terkait: Anwar Ibrahim (halaman 2)

  • Catatan Perang Arab-Israel 1973, Anwar Sadat: Saya Menginginkan Perdamaian
    Dunia Islam
    Senin, 16 Oktober 2023 - 14:40 WIB
    Seperti dalam Perang Atrisi sebelumnya, tujuan negara-negara Arab adalah mendapatkan kembali wilayah yang diduduki oleh Israel sejak Perang 1967.
  • Ini Alasan Mengapa Ibrahim bin Adham Tidak Menikah
    Hikmah
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 14:17 WIB
    Kenapa Ibrahim bin Adham tidak menikah? Wanita mana pun yang aku nikahi akan tetap kelaparan dan telanjang. Jika pun aku dapat (menikah), aku akan menceraikan diriku sendiri, jawabnya.
  • Tak Percaya Berkah, Ini Jawaban Syeikh Ibrahim kepada Seorang Kafir Zindiq
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 17:24 WIB
    Syeikh Ibrahim bin Adham RA (wafat 160 Hijriyah) adalah seorang ulama sufi yang dikenal zuhud. Beliau punya kisah menarik pernah berdebat dengan seorang kafir zindik.
  • Kisah Nabi Ibrahim Berdakwah kepada Bangsa Kanan, Penduduk Asli Palestina yang Menyembah Bintang
    Hikmah
    Kamis, 23 November 2023 - 11:05 WIB
    Nabi Ibrahim as sempat berdakwah kepada penduduk negeri Kanan, yakni penduduk asli Palestina. Kala itu, mereka adalah para penyembah bintang-bintang.
  • Siapa Anak Nabi Ibrahim yang Dikurbankan? Nabi Ismail atau Habi Ishaq?
    Hikmah
    Jum'at, 10 Mei 2024 - 11:30 WIB
    Siapa anak Nabi Ibrahim alaihissalam yang dikurbankan ? Pertanyaan ini berkutat di dua nama anak Nabi Ibrahim yakni Ismail dan Ishaq
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Kisah Nabi Ibrahim Diusir dari Babilonia dan Menangis saat Meninggalkan Siti Hajar di Makkah
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 05:25 WIB
    Amaliqa, yang menguasai wilayah-wilayah itu, menyambutnya dengan hangat dan memberikan kepadanya banyak hadiah, satu di antaranya adalah seorang budak perempuan bernama Hajar.
  • Doa Nabi Ibrahim agar Dijauhkan dari Kesyirikan
    Tips
    Minggu, 23 Oktober 2022 - 11:53 WIB
    Kesyirikan atau perbuatan syirik itu sangat halus yang sangat memungkinkan menimpa seorang hamba tanpa ia sadari. Untuk itu, kita memohon agar Allah Shubhanahu wa taala selalu melindungi dan menjauhkan kita dari perbuatan syirik tersebut
  • Maqam Ibrahim: Batu Kecil yang Mendapat Penjagaan Khusus dari Allah SWT
    Dunia Islam
    Minggu, 09 Mei 2021 - 04:14 WIB
    Maqam Ibrahim hanyalah bongkahan batu kecil, namun ia sangat istimewa. Batu ini berasal dari surga. Ia mendapatkan penjagaan khusus dari Allah SWT selama ribuan tahun.
  • Idul Adha, Kurban, dan Keteladanan Nabi Ibrahim AS (2)
    Hikmah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 08:10 WIB
    Nabi Ibrahim AS adalah yang meletakkan fondasi bagi kebangkitan Khaer Ummah yang menjadi representasi para nabi dan rasul dalam mengemban amanah risalah samawi ini.
  • Doa Nabi Ibrahim sebagai Pernyataan Syukur kepada Allah Taala
    Tips
    Minggu, 24 September 2023 - 13:41 WIB
    Nabi Ibrahim berdoa agar Allah menjadikan keturunannya selalu mengerjakan salat, tidak pernah lalai mengerjakannya sedikit pun, sempurna rukun-rukun dan syarat-syaratnya.
  • Ibadah Haji: 3 Prinsip Keyakinan yang Dianut Nabi Ibrahim
    Hikmah
    Kamis, 09 Mei 2024 - 12:33 WIB
    Keteladanan Nabi Ibrahim antara lain diwujudkan dalam bentuk ibadah haji dengan berkunjung ke Makkah, karena beliaulah bersama putranya Ismail yang membangun kembali fondasi-fondasi Kakbah.
  • Hukum Tajwid Surat Ibrahim Ayat 9, Lengkap dengan Cara Bacanya
    Tips
    Rabu, 13 Desember 2023 - 10:47 WIB
    Mempelajari tajwid Surat Ibrahim ayat 9 bisa menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan keimanan seorang Muslim. Pasalnya membaca ayat suci Al - Quran sesuai dengan tajwid adalah hal yang wajib dilakukan.
  • Doa Nabi Ibrahim agar Diberi Anak yang Saleh
    Tips
    Senin, 02 Oktober 2023 - 10:49 WIB
    Nabi Ibrahim memohon kepada Tuhan agar dianugerahi seorang anak yang saleh dan taat serta dapat menolongnya dalam menyampaikan dakwah dan mendampinginya dalam perjalanan dan menjadi kawan dalam kesepian.
  • Ibrahim bin Adham Bertemu Malaikat Jibril, Ini Permintaannya
    Hikmah
    Senin, 25 Oktober 2021 - 17:59 WIB
    Suatu malam, Ibrahim bin Adham menceritakan, ia menyaksikan Jibril di dalam mimpi turun ke bumi dari langit dengan sebuah gulungan tulisan di tangannya.
  • Meneladani Ibrahim (2): Bantuan Malaikat Ditolak karena Kuatnya Tawakkal Beliau
    Tausyiah
    Senin, 26 Juli 2021 - 11:10 WIB
    Di saat Raja Namrud membakar Nabi Ibrahim, Malaikat datang menawarkan bantuan. Tetapi Nabi Ibrahim menolaknya dan sepenuhnya berserah diri (tawakkal) kepada Allah.
  • Doa Nabi Ibrahim agar Nama Baiknya Menjadi Buah Bibir
    Tips
    Rabu, 27 September 2023 - 10:17 WIB
    Nabi Ibrahim berdoa agar nama baik beliau menjadi buah bibir yang baik bagi orang-orang yang datang kemudian, sehingga beliau menjadi suri teladan yang utama sampai hari Kiamat.
  • Kisah Nabi Ibrahim Mengunjungi Makkah tapi Tak Berjumpa Ismail
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:20 WIB
    Pada salah satu perjalanannya, ia sampai di Makkah dan mendapatkan bahwa putranya tidak ada di rumah. Waktu itu, Ismail telah tumbuh menjadi lelaki dewasa dan telah kawin.
  • Simbol Ketakwaan Sejati itu Dicontohkan Ibrahim dan Ismail
    Tips
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 18:31 WIB
    Simbol ketakwaan yang sesungguhnya kepada Allah Rabbul Alamin adalah pengorbanan Ibrahim (seorang ayah) yang menyembelih Ismail (anaknya).
  • Meneladani Ibrahim (6): Sosok Pemimpin yang Bijak dan Demokratis
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 22:48 WIB
    Ada satu catatan ringan tapi penting dari kepemimpinan Nabi Ibrahim alaihissalam adalah bahwa beliau selalu mendengarkan aspiarasi masyarakatnya.
  • Kisah Sufi Ibrahim Bin Adham: Ketika Iblis Mendatangi dan Mengejeknya
    Hikmah
    Kamis, 07 Oktober 2021 - 19:46 WIB
    Apakah engkau meninggalkan kerajaanmu dan begitu banyak kemewahan hanya untuk pergi berziarah dengan kelaparan? Iblis mengejek Ibrahim bin Adham.