Topik Terkait: Datang Bulan (halaman 12)

  • Benarkah Muharam Bulan...
    Muslimah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 12:23 WIB
    Bagi sebagian kalangan terutama masyarakat di Pulau Jawa, menikah di bulan Muharam ternyata sangat ditabukan atau dilarang, terutama di bulan Suro atau hari Asyura (hari ke-10 bulan Muharram). Benarkah demikian?
  • 3 Peristiwa Besar Bersejarah...
    Hikmah
    Selasa, 05 April 2022 - 08:05 WIB
    Pada bulan suci Ramadhan terdapat banyak peristiwa besar bersejarah. Ada tiga peristiwa besar yang patut diketahui umat Islam. Apa saja?
  • Bila Jodoh Tak Kunjung...
    Muslimah
    Kamis, 04 Juli 2024 - 09:22 WIB
    Ketika jodoh yang tak kunjung datang maka seringkali orang tua menjodohkan anak dengan pilihannya. Bolehkan mencarikan jodoh atau melakukan perjodohan tersebut dalam pandangan syariat?
  • Jadwal Puasa Bulan Muharram...
    Tips
    Minggu, 31 Juli 2022 - 07:00 WIB
    Sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriyah bulan ini disebut oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sebagai Syahrullah (Bulan Allah). Karenanya, bulan ini memilki keutamaan yang sangat besar.
  • 4 Amalan Istimewa yang...
    Tips
    Selasa, 25 Juli 2023 - 14:22 WIB
    Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam (Hijriyah) yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Selain itu, didalamnya juga ada amalan istimewa yang sangat dianjurkan.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kumpulan Hadis Seputar...
    Tips
    Kamis, 23 April 2020 - 10:00 WIB
    Berikut kumpulan Hadis Nabi seputar bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan bisa menyemangati kita menghidupkan bulan suci Ramadhan.
  • Jadwal Puasa Sunnah...
    Tips
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 23:16 WIB
    Jadwal puasa sunnah Oktober 2022 merupakan moment yang baik untuk menghidupkan ibadah puasa. Apalagi bertepatan dengan bulan kelahiran Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam.
  • Kiat Mempertahankan...
    Tips
    Senin, 16 Mei 2022 - 10:01 WIB
    Setelah sebulan penuh menempah diri dengan puasa dan ibadah lainnya, seharusnya Ramadhan terus membekas. bukan hanya pergi begitu saja. Bagaimana kiat mempertahankannya?
  • Kapan Waktu Mustajab...
    Hikmah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 12:49 WIB
    Allah selalu mendengar doa-doa kita di mana pun, kapan pun dan mengijabah apa yang terbaik untuk hamba-Nya. Namun, ada waktu-waktu tertentu yang dianjurkan untuk berdoa.
  • Bahaya Bermaksiat di...
    Tausyiah
    Kamis, 14 April 2022 - 22:04 WIB
    Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dan setiap muslim wajib memuliakannya dengan menjauhi segala perkara maksiat. Berikut hukum bermaksiat di bulan Ramadhan.
  • 4 Tafsir saat Setan...
    Tausyiah
    Senin, 11 April 2022 - 17:11 WIB
    Tindak kriminalitas di bulan Ramadhan boleh jadi agak menurun. Kendati demikian, pantas kita bertanya, bukankah setan-setan telah dibelenggu, mengapa masih ada saja tindak kejahatan?
  • ASAR Humanity Distribusikan...
    Dunia Islam
    Senin, 25 April 2022 - 08:00 WIB
    Lembaga kemanusiaan ASAR Humanity terus melakukan implementasi program Gaspoll Ramadhan 1443 H, menjelang hari-hari terakhir di bulan Ramadhan ini
  • Banjir Itu Datang Juga,...
    Hikmah
    Selasa, 28 April 2020 - 02:25 WIB
    Hai anakku, naiklah bersama kami dan janganlah kamu berada bersama orang-orang yang kafir, teriak Nabi Nuh. Anaknya menjawab: Aku akan mencari perlindungan ke gunung.
  • Pertama dalam 900 Tahun,...
    Dunia Islam
    Rabu, 06 April 2022 - 05:21 WIB
    Sejarah tercipta di Inggris pada bulan Ramadhan tahun ini. Untuk pertama kalinya, umat Muslim Inggris berbuka puasa di Menara London atau Tower of London pada Senin malam dalam sebuah acara lintas agama.
  • Tanda Kiamat Segera...
    Muslimah
    Sabtu, 17 September 2022 - 05:15 WIB
    Banyak tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kita sudah berada di akhir zaman, salah satunya kemunculan para wanita yang berpakaian namun hakikatnya mereka telanjang. Benarkah demikian?
  • Ini Alasan Muharam Dijadikan...
    Tausyiah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 18:34 WIB
    Banyak yang bertanya mengapa Muharam jadi bulan pertama dalam kalender Hijriah. Mengapa bukan Rabiul Awal yang merupakan bulan peristiwa Hijrah Nabi. Simak ulasan berikut.
  • Selain Puasa, Saatnya...
    Tips
    Kamis, 23 April 2020 - 13:13 WIB
    Bulan Ramadhan akan menjadi bulan menambang pahala serta membersihkan diri dari dosa-dosa. Selain puasa, umat Islam akan melakukan ibadah-ibadah sunnah lainnya.
  • Ramadhan, Bulan Menjaga...
    Tausyiah
    Selasa, 20 April 2021 - 08:05 WIB
    Ramadhan bukan hanya menahan diri dari makan dan minum. Akan tetapi, menahan diri dari apa yang kita ucapkan dengan lisan agar terhindar dari perkataan kotor.
  • Amalan Tahun Baru Islam...
    Tips
    Senin, 17 Juli 2023 - 22:39 WIB
    Untuk menyambut bulan Muharram atau awal tahun baru Islam ini, umat muslim dianjurkan menyambutnya dengan memperbanyak amal ibadah maupun amalan. Karena banyak sekali fadhilah (keutamaan) dan amaliyah (amalan ibadah sunnah) pada bulan tersebut.
  • Mengenal Beberapa Puasa...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Juni 2024 - 07:33 WIB
    Ada banyak amalan yang dianjurkan di bulan Muharram ini, yakni memperbanyak amal saleh , bertaubat dan melaksanakan beberapa puasa sunnah. Apa saja puasa sunnah Muharram ini?