Topik Terkait: Hindari Anak Celaan Dan Cacian (halaman 3)

  • Memberi Nama Anak yang Disukai Allah Taala
    Muslimah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 10:36 WIB
    Dalam Islam, memberi nama anak yang bagus dan baik sangat dianjurkan. Karena dalam nama biasanya mengandung doa dan harapan. Untuk itulah, setiap orangtua berusaha memberikan nama terbaik bagi sang buah hati.
  • Banyak Anak Banyak Keuntungan?
    Muslimah
    Sabtu, 19 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Banyak anak banyak rezeki? Ah, itu hanya pepatah kuno. Sudah tidak zamannya lagi !! Padahal dalam pandangan Islam, membatasi jumlah kelahiran dengan alasan takut miskin, ternyata jauh lebih kuno dan ketinggalan zaman.
  • Hikmah Memiliki Anak dalam Islam
    Tips
    Sabtu, 10 Desember 2022 - 17:22 WIB
    Islam menganjurkan umatnya untuk mempunyai banyak anak. Di sisi lain, hikmah memiliki anak memang besar. Anak-anak yang saleh bisa menyelamatkan orangtuanya saat di akhirat kelak.
  • Adakah yang Menanggung Dosa Anak Kecil?
    Muslimah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 15:31 WIB
    Setiap orang yang berbuat dosa akan dimintai pertanggungjawabannya baik dunia maupun di akhirat. Namun bagaimana dengan anak yang belum baligh?
  • Pentingnya Mendidik Anak Berorientasi Akhirat
    Muslimah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 14:17 WIB
    Mendidik anak bagi setiap muslim harus berorientasi akhirat. Jika sekadar hanya untuk mendidik anak yang sukses di dunia saja maka orang selain Islam juga bisa, banyak yang sukses di dunia
  • Kado Yatim Berikan Senyum Keceriaan Anak Yatim dan Dhuafa
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Mei 2021 - 11:34 WIB
    Senyum bahagia terpancar dari para anak-anak yatim maupun dhuafa di Yayasan Bani Ibrahim (Asrama Tahfiz) setelah mendapat Kado Yatim untuk kebutuhan hidup.
  • Cara Jitu agar Anak-anak Mau Belajar dan Mencintai Al-Quran
    Tips
    Rabu, 31 Mei 2023 - 18:42 WIB
    Menanamkan nilai-nilai kecintaan terhadap Al-Quran dapat dimulai sejak dini, mulai dari lingkungan keluarga tercinta. Dan langkah terbaiknya, mendidik anak cinta Al-Quran dimulai oleh orang tuanya.
  • Bagaimana Hukum Anak yang Belum Baligh Menunaikan Ibadah Haji?
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Di Indonesia pada umumnya jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci berumur 20 tahun ke atas, bahkan sudah lansia. Namun, di Timur Tengah, banyak anak kecil yang sudah melaksanakan ibadah haji. Bagaimana hukumnya?
  • Tata Cara Menyapih Anak Menurut Islam
    Muslimah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 11:49 WIB
    Menyapih anak menjadi momen penting dalam pola asuh bayi kita. Dan ternyata, Islam sudah mengatur dalam aspek yang terlihat sederhana dalam pola asuh anak ini.
  • Bagaimana Nasib Bayi dan Anak Kecil setelah Meninggal? Benarkah  Bisa Memberi Syafaat?
    Tausyiah
    Kamis, 21 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Bagaimana nasib bayi dan anak kecil yang belum baligh setelah meninggal dunia atau di akhirat? Benarkah mereka bisa memberi syafaat?
  • Doa Melembutkan Hati Anak Agar Menjadi Qurrota Ayun
    Tips
    Sabtu, 15 Januari 2022 - 18:30 WIB
    Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang baik dan memiliki hati lembut. Berikut doa melembutkan hati anak agar menjadi Qurrota Ayun (penyejuk hati) bagi orangtua.
  • 5 Tips Melatih Anak Berpuasa Ramadan Sejak Dini
    Muslimah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 11:17 WIB
    Si kecil ingin belajar puasa Ramadan? Orang tua wajib mendukung dan melatihnya, apalagi bagi anak kecil yang belum mukallaf (baligh) untuk turut beribadah puasa wajib di bulan suci tersebut.
  • Doa agar Anak Tidak Rewel sesuai Petunjuk Rasulullah SAW
    Tips
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 10:34 WIB
    Ada doa pendek agar anak atau buah hati kita tidak rewel yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang diriwayatkan dari hadis Ibnu Abbas ra.
  • Kapan Waktu yang Tepat Mengajarkan Batasan Aurat Anak?
    Muslimah
    Kamis, 25 November 2021 - 13:33 WIB
    Dalam Islam perintah menutup aurat diwajibkan kepada seluruh umatnya, baik laki-laki maupun perempuan. Lantas kapan waktu yang tepat mengajarkan anak tentang batasan aurat ini?
  • Bolehkah Mendidik Anak dengan Kekerasan? Bagaimana Cara Terbaik dan Apa Dalilnya?
    Muslimah
    Kamis, 14 Oktober 2021 - 17:31 WIB
    Mendidik anak dengan kekerasan tidaklah dianjurkan, demikian pendapat ulama berdasarkan dalil-dalil syari, baik Al-Quran ataupun As-Sunnah. Namun, bila anak melakukan kesalahan, orang tua berhak menghukumnya.
  • Inilah Doa Rasulullah Saat Meminta Perlindungan untuk Anak-anak
    Muslimah
    Senin, 21 Desember 2020 - 15:01 WIB
    Disunnahkan bagi orang tua memperbanyak perlindungan kepada Allah untuk anak pada pagi dan sore hari semampunya atau dari waktu ke waktu. Doa doa apa saja yang bisa dipanjatkan?
  • Imam Salat Tarawih di Rumah, UAS: Beri Kesempatan Anak-anak
    Tips
    Kamis, 23 April 2020 - 06:06 WIB
    UAS menyarankan mendirikan salat tarawih di rumah. Jika tidak ada orang dewasa yang banyak punya hapalan Al-Quran, anak-anak juga boleh menjadi imam, katanya
  • Ingin Diberi Keturunan Anak Laki-laki? Rutinkan Membaca Surat Asy-Syura
    Tips
    Sabtu, 04 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Memiliki keturunan pasti didambakan pasangan keluarga, apalagi yang baru menikah. Salah satu keinginan itu, yakni dikaruniai anak laki-laki
  • Orangtua Mendapat Pahala Jariyah Hingga Akhirat dari Anak yang Shaleh
    Muslimah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 09:39 WIB
    Berbahagialah pasangan orangtua yang memiliki anak-anak yang shaleh, karena mereka akan memberikan hadiah pahala bagi kedua orangtuanya. Bahkan, pahala dari anak yang shaleh akan terus mengalir saat sudah di alam barzakh kelak
  • Bacaan Doa untuk Anak Sakit seperti Dicontohkan Rasulullah SAW
    Muslimah
    Rabu, 12 Januari 2022 - 19:57 WIB
    Ucapan doa untuk anak sakit dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Ucapan atau bacaan doa tersebut bisa dihapalkan dan diamalkan ketika ada anak atau keluarga yang sedang sakit.