Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 97)

  • Menimbang Hadis tentang...
    Hikmah
    Minggu, 14 Agustus 2022 - 10:14 WIB
    Ada tiga orang yang akan dibunuh dalam kejayaan kalian, dan semuanya anak khalifah, tetapi tidak seorang pun yang terkena, begitu penggalan sebuah hadis.
  • Tak Hanya Istri, Ternyata...
    Hikmah
    Minggu, 10 September 2023 - 16:06 WIB
    Hak menikmati keindahan berhiasnya pasangan antara pasutri adalah sama dan seimbang, dan bahwa tuntutan berdandan tidak hanya tertuju bagi kaum perempuan saja, namun termasuk kaum laki-laki juga dituntut melakukannya
  • Kisah Imam Hasan Al-Bashri...
    Hikmah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Imam Hasan Al-Bashri salah satu ulama yang doanya mustajabah. Ulama generasi Tabiin yang menetap di Basrah Irak ini juga dikenal sebagai ulama Sufi yang doanya Mustajab.
  • Kisah Al-Ikhwan al-Muslimun...
    Dunia Islam
    Minggu, 12 November 2023 - 14:28 WIB
    Protes dan kritis yang ditimbulkan al-Ikhwan al-Muslimin mencapai puncaknya dengan usaha pembunuhan terhadap Presiden Gamal Abdul Gamal Abdul Nasir pada 1954 yang dilakukan oleh oknum al-Ikhwan al-Muslimin.
  • Ketika Surat Al-Maun...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 17:27 WIB
    Cak Nur mengatakan betapa surat pendek itu dapat menjadi pangkal gerakan kemanusiaan yang besar dan mendalam seperti Muhammadiyah dengan amal-amal sosialnya.
  • Mengapa Islam Memperbolehkan...
    Tausyiah
    Kamis, 28 September 2023 - 05:15 WIB
    Para Misionaris dan Orientalis dewasa ini memusatkan serangannya pada dua permasalahan yang berkaitan dengan perempuan, yaitu masalah perceraian (talak) dan poligami. Lalu, mengapa Islam memperbolehkan talak?
  • Rutin Baca Selawat Al-Alil...
    Hikmah
    Rabu, 20 September 2023 - 12:50 WIB
    Selawat al-alil Qodri adalah bacaan selawat agar Rasulullah SAW senantiasa hadir dalam hati dan pribadi kita, sehingga kita selalu menjadi muslim yang ber-ittiba kepada Nabi Muhammad SAW dan Allah SWT memberikan kebaikan yang melimpah.
  • 5 Keutamaan Tadarus...
    Tips
    Senin, 26 April 2021 - 08:30 WIB
    Bulan Ramadhan disebut bulan Al-Quran. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan umat muslim di bulan Ramadhan adalah Tadarus Al-Quran. Berikut keutamaannya.
  • Kisah Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Selasa, 05 April 2022 - 03:05 WIB
    Kisah Rasulullah SAW dan sahabat kesiangan sehingga melewatkan waktu Subuh menarik untuk dikaji. Kisah ini menjadi jawaban syariat bagi yang tidak sholat karena tertidur.
  • Keutamaan Surah Al-Hajj,...
    Hikmah
    Senin, 03 Juli 2023 - 18:46 WIB
    Barangsiapa menulisnya di atas perkamen dari kulit rusa dan meletakkannya di samping perahu maka angin yang keras akan datang padanya dan perahu itu tidak akan selamat.
  • Taubat Membawa Rahmat
    Tausyiah
    Rabu, 05 Mei 2021 - 17:45 WIB
    Taubat Membawa Rahmat. Di antara kita siapa yang tidak pernah memiliki masalah? Siapa yang tidak pernah berbuat dosa? Jawabannya adalah semua pernah.
  • 5 Doa Aqiqah Mulai Saat...
    Tips
    Jum'at, 11 Agustus 2023 - 14:27 WIB
    Doa Aqiqah wajib diketahui oleh umat Islam. Pasalnya aqiqah adalah praktik dalam agama Islam dimana orang tua menyembelih hewan kurban sebagai tanda syukur atas kelahiran seorang anak.
  • Kisah Israel Menjadikan...
    Dunia Islam
    Rabu, 01 November 2023 - 08:40 WIB
    Nasib Baitul Maqdis Masjid al Aqsha kini kian mengenaskan dan sangat menyakitkan. Provokasi mobilisasi Yahudi oleh Israel tampak jelas dan terang-terangan ke arah ini sejak tahun 1920-an.
  • Hukum Transplantasi...
    Tausyiah
    Sabtu, 27 Juli 2024 - 17:05 WIB
    Seandainya tidak ada perintah rinci dari hadis tentang keharusan berobat, maka prinsip- prinsip pokok yang diangkat dari Al-Quran dan hadis cukup untuk dijadikan dasar dalam upaya kesehatan dan pengobatan.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Minggu, 11 Juni 2023 - 06:12 WIB
    Salah satu landasan ekonomi dalam masyarakat Islam adalah suatu keyakinan bahwa harta itu sebenarnya milik Allah sedangkan manusia hanya memegang amanah atau pinjaman dari-Nya
  • Kisah Warga Asing yang...
    Dunia Islam
    Senin, 06 November 2023 - 06:41 WIB
    Fady Abukhousa bersama anak dan istrinya melakukan perjalanan ke Jalur Gaza beberapa minggu lalu dari Australia. Dia tidak pernah membayangkan akan terjadinya peristiwa buruk yang akan mereka alami.
  • 3 Sumber Keburukan Manusia...
    Tips
    Rabu, 15 Desember 2021 - 08:20 WIB
    Syaikul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitabnya Tazkiyatun Nafs menyatakan bahwa sumber keburukan manusia itu adalah kelalaian, hawa nafsu (syahwat), kezaliman dan kebodohan.
  • Syarat Umroh Bagi Perempuan...
    Muslimah
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 08:13 WIB
    Syarat umroh bagi perempuan adalah hal-hal yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan ibadah umroh bagi perempuan muslimah. Jika syarat tersebut tidak terpenuhi, maka tidak wajib baginya melakukan umrah.
  • Ide-Ide Brilian Muhammad...
    Hikmah
    Minggu, 19 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Seni perang yang dijalankan Sultan Muhammad Al-Fatih merupakan inovasi baru yang belum pernah dikenal sebelumnya. Salah satunya adalah strategi perang urat syaraf.
  • Berkurban, Amal yang...
    Hikmah
    Sabtu, 08 Juni 2024 - 09:35 WIB
    Amalan utama di bulan Dzulhijjah adalah ibadah kurban, bahkan beberapa hadis menjelaskan bahwa orang yang berkurban maka amal kurbannya dicatat sebagai amal yang paling dicintai oleh Allah SWT.