Topik Terkait: Hukum Baca Alquran Di Kuburan (halaman 2)

  • Adab Membaca Al Quran saat Tadarus di Bulan Ramadan, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 07 Maret 2024 - 14:30 WIB
    Salah satu amalan prioritas di bulan Ramadan adalah membaca atau tadarus Al Quran. Agar amalan ini diterima, maka ada adab yang perlu diperhatikan saat membaca Al Quran tersebut. Kenapa adab ini sangat penting?
  • Syaikh Al-Qardhawi: Hukum Positif ke Negeri Muslim Mirip dengan Masuknya Bangsa Yahudi ke Tanah Palestina
    Tausyiah
    Minggu, 21 Mei 2023 - 08:58 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan masuknya hukum positif ke negeri kita hampir sama dengan masuknya bangsa Yahudi ke tanah Palestina. Semula mereka masuk secara pelan-pelan dan rahasia.
  • Hukum Menqashar Sholat Bagi Musafir, Berapa Lamakah Batasan Waktunya?
    Tips
    Rabu, 28 Desember 2022 - 17:43 WIB
    Musim liburan telah tiba. Bagi umat muslim di Indonesia perlu mengetahui hukum dan batasan waktu meng-qashar sholat ketika bepergian (safar). Berikut penjelasannya.
  • 4 Keutamaan Orang yang Suka Tilawah Alquran
    Hikmah
    Rabu, 18 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Tilawah memiliki tiga arti yaitu membaca, memahami dan mengamalkan. Ustaz Adi Hidayat menjelaskan ada empat keutamaan bagi mereka yang bisa dan suka tilawah Quran.
  • Hukum Islam bagi Pezina Kejam? Begini Tanggapan Abul Ala Maududi
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 16:43 WIB
    Al-Maududi menyebut bahwa sesungguhnya hati nurani orang Barat itu menjadi terkejut (ngeri) terhadap hukuman seratus cambukan. Hal ini tidak disebabkan mereka tidak suka untuk menyakiti fisik manusia.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Hukum Menyentuh Mushaf Quran dalam Kondisi Berhadas
    Tausyiah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 17:25 WIB
    Para ulama berbeda pendapat, apakah saat seseorang hendak menyentuh mushaf Al-Quran diwajibkan berwudhu. Berikut penjelasan Ustaz Isnan Ansory.
  • Hukum Al Quran bagi Perusak Rumah Tangga
    Tausyiah
    Senin, 20 Mei 2024 - 11:39 WIB
    Merusak hubungan rumah tangga orang lain sangat dilarang dalam Islam. Bahkan Rasulullah SAW menegaskan dengan sangat keras bahwa perusak rumah tangga bukan bagian dari umatnya.
  • Hukum Menunda Zakat Mal Dan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 05:15 WIB
    Jika waktu tersebut pendek tidak lama, maka tidak mengapa menyimpan zakat tersebut hingga dapat diberikan kepada sebagian orang fakir dari kaum kerabatnya atau orang yang sangat fakir dan membutuhkan.
  • Hukum Menunda Kehamilan dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Jum'at, 03 November 2023 - 09:36 WIB
    Kian marak pasangan suami istri yang menunda kehamilan atau menunda-nunda untuk memiliki momongan. Banyak alasan mengemuka, salah satunya karena belum siap secara materi, alasan istri masih bekerja dan lain sebagainya.
  • Keutamaan Menghafal 10 Ayat Surat Al Kahfi
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 16:51 WIB
    Sebuah hadits menyatakan barangsiapa menghafal 10 ayat pertama atau terakhir dari surat Al-Kahfi, maka ia terlindungi dari Dajjal. Berikut 10 ayat pertama surat Al Kahfi tersebut.
  • 25 Contoh Bacaan Iqlab dalam Al Quran, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya
    Tips
    Selasa, 30 April 2024 - 09:37 WIB
    Contoh bacaan Iqlab ini perlu dipahami oleh setiap muslim sebelum membaca Al Quran, supaya bacaannya nanti sesuai dengan hukum tajwid
  • Mad Far’i: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Minggu, 18 Juni 2023 - 15:13 WIB
    Dalam membaca Al-Quran penting untuk mengetahui hukum bacaan mad fari. Sebab dalam membaca Al-Quran tidak boleh sembarangan karena harus benar dan tartil.
  • Hukum Merayakan Hari Valentine dalam Islam, Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 13 Februari 2023 - 15:52 WIB
    Hukum merayakan Hari Valentine bagi umat Islam adalah haram. Demikian kata Pengasuh LPD Al-Bahjah, Buya Yahya dalam kajiannya di media sosial dan Fatwa MUI.
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 10:25 WIB
    Mayoritas ulama 4 mazhab sepakat bahwa hukum berkurban adalah Sunnah Muakkad, yaitu ibadah yang sangat dianjurkan kepada seorang muslim yang memiliki kemampuan secara finansial.
  • Hukum Membayar Kafarat karena Jimak di Bulan Ramadan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Senin, 27 Maret 2023 - 12:06 WIB
    Salah satu pembatal puasa dan merupakan dosa di bulan Ramadan adalah berjimak di siang hari. Maka, yang melakukannya wajib bertauba disamping kewajiban membayar kafarat (tebusan).
  • Hukum Mencukur Alis Menurut Islam
    Muslimah
    Senin, 28 Juni 2021 - 18:40 WIB
    Hukum mencukur alis menurut Islam adalah haram, baik sebagian atau secara keseluruhan. Fikih Islam mengistilahkan perbuatan tersebut dengan namsh. Arti kata namsh sendiri berarti mencabut atau mencukur bulu alis.
  • Susah Tidur? Baca Surat Al-Ahzab Ayat 56, InsyaAllah Tidur Nyenyak
    Hikmah
    Minggu, 23 Juli 2023 - 11:06 WIB
    Banyak manfaat dari ayat Al-Quran, antara lain untuk penyembuhan berbagai penyakit.Surat Al-Ahzab ayat 56, misalnya, dapat menjadi doa agar tidur dengan nyenyak.
  • Punya Hajat yang Ingin Segera Dikabulkan? Seringlah Baca Shalawat
    Tips
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 10:09 WIB
    Agar keinginan atau hajat kta segera terkabul, biasanya kita disarankan untuk banyak berdoa dan mengamalkan beberapa amalan. Salah satu yang disarankan adalah dengan mempebanyak baca shalawat.
  • Hukum Pelakor dan Wanita yang Menawarkan Diri untuk Dinikahi Dalam Islam
    Muslimah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 12:44 WIB
    Istilah pelakor (peebut laki orang) adalah seorang wanita yang menggoda suami orang lain, lalu ada juga wanita yang menawarkan diri untuk dinikahi. Bagaimana hukum keduanya dalam Islam?
  • Hukum Perceraian dalam Islam, Syarat Sah, Aturan, dan Dalil
    Tausyiah
    Selasa, 01 November 2022 - 12:20 WIB
    Suami-istri hendaknya memahami hukum perceraian dalam Islam, syarat sah, aturan, dan dalil yang mengikutinya agar solusi talak bagi keduanya tetap dalam koridor hukum yang ditetapkan Allah Subhanahu wa Taala.