Topik Terkait: Hukum Eksis Di Medsos (halaman 2)

  • Hukum Islam bagi Pezina Kejam? Begini Tanggapan Abul Ala Maududi
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 16:43 WIB
    Al-Maududi menyebut bahwa sesungguhnya hati nurani orang Barat itu menjadi terkejut (ngeri) terhadap hukuman seratus cambukan. Hal ini tidak disebabkan mereka tidak suka untuk menyakiti fisik manusia.
  • Hukum Berkurban untuk Orang yang Sudah Meninggal
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 21:25 WIB
    Hukum berkurban untuk orang yang sudah meninggal perlu diketahui umat Islam supaya tidak salah kaprah dalam menafsirkan hukum. Begini penjelasannya.
  • Hukum Menonton Anime Jepang dari Syaikh Assim Al-Hakeem
    Tausyiah
    Senin, 15 Mei 2023 - 20:37 WIB
    Ulama Arab Saudi Syaikh Assim Al Hakeem mengemukakan pendapatnya tentang hukum menonton anime Jepang seperti Naruto maupun kartun barat. Ini penjelasannya.
  • Puasa Eksis, Pahala Habis?
    Tausiyah
    Sabtu, 02 Juni 2018 - 10:00 WIB
    Fenomena pengaruh media sosial saat ini menjadikan banyak orang ingin tampil eksis dengan mengupload segala hal yang berkenaan dengan aktivitasnya, termasuk ibadah puasanya.
  • Hukum Berdoa di Kamar Mandi, Boleh Atau Haram?
    Tausyiah
    Selasa, 28 Desember 2021 - 09:51 WIB
    Hukum berdoa di kamar mandi perlu diketahui kaum muslimin karena setiap hari kita tak lepas dari urusan hajat. Sebagaimana dalam Hadis shahih, doa merupakan ibadah.
  • Hukum Puasa Tanpa Makan Sahur, Simak Penjelasan Berikut
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 02:00 WIB
    Salah satu kenikmatan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan adalah makan di waktu sahur. Lalu, bagaimana hukum berpuasa tanpa makan sahur? Berikut penjelasannya.
  • Hukum dan Jenis Gerak dalam Salat, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Februari 2024 - 18:08 WIB
    Bolehkah bergerak-gerak dalam salat? Bagaimana hukumnya bila melakukan gerakan-gerakan tersebut seperti menggaruk (kukur-kukur: Jawa), merapikan pakaian, memukul nyamuk, dan lain sebagainya
  • Syaikh Al-Qardhawi: Manusia Itu Berada di Antara Hukum Allah dan Hukum Jahiliyah
    Tausyiah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 08:08 WIB
    Sesungguhnya tasyri (hukum Allah) itulah yang mentransfer taujiihaat (arahan-arahan) agama dan akhlaq pada undang-undang yang berlaku dan memberikan sanksi apabila ditinggalkan.
  • Hukum Sholat Idul Fitri Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Senin, 02 Mei 2022 - 00:30 WIB
    Sholat Idul Fitri adalah salat yang dikerjakan setiap tanggal 1 Syawal setelah umat muslim menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Begini hukum sholat Idul Fitri menurut 4 mazhab.
  • Imam Masjid di Turki Ajak Anak-anak Bermain Usai Tarawih
    Dunia Islam
    Selasa, 19 April 2022 - 15:15 WIB
    Jangan usir anak-anak dari masjid. Lihatlah bagaimana imam masjid di Turki merangkul dan mengajak anak-anak bermain usai sholat Tarawih.
  • Hukum Mendengarkan Musik Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 11 April 2022 - 22:17 WIB
    Hukum mendengarkan musik saat puasa Ramadhan terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ada yang mengharamkan dan ada yang membolehkan.
  • Keistimewaan Uban, Menjadi Cahaya di Hari Kiamat
    Tausyiah
    Senin, 29 Mei 2023 - 20:49 WIB
    Keistimewaan uban menjadi cahaya di Hari Kiamat dijelaskan dalam banyak riwayat Hadis. Selain cahaya dari bekas wudhu, uban merupakan mahkota berharga bagi kaum muslim.
  • Hukum Mengucapkan Salam Kepada Lawan Jenis
    Muslimah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 15:34 WIB
    Perintah mengucapkan salam adalah umum untuk seluruh orang beriman. Perintah ini mencakup laki-laki dan perempuan. Namun, hal ini dikecualikan jika seorang pria mengucapkan salam pada perempuan non mahram.
  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Hukum Kurban Ayam di Hari Idul Adha Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 17:03 WIB
    Hukum kurban ayam pada hari Idul Adha menurut Gus Baha menarik untuk disimak. Lazimnya umat Islam berkurban dengan menyembelih kambing, kerbau atau sapi.
  • Hukum Mimpi Basah dan Doa untuk Menghindarinya
    Hikmah
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 10:40 WIB
    Mimpi basah biasanya terjadi sebagai salah satu tanda umur sudah baligh. Bahkan, dalam kitab-kitab fikih disebutkan bahwa salah satu tanda-tanda umur sudah mencapai masa baligh. Lantas bagaimana hukum mimpi basah ini dalam Islam?
  • Hukum Memelihara Anjing Menurut Pandangan Islam
    Hikmah
    Selasa, 16 Maret 2021 - 17:31 WIB
    Berita seorang perempuan bercadar memiliki selter anjing di daerah Kabupaten Bogor mendadak viral. Bagaimana hukum memelihara anjing menurut pandangan Islam?
  • Pamer Kemesraan di Medsos Tanda Hilangnya Rasa Malu?
    Muslimah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 13:52 WIB
    Islam sebagai agama yang memberi rahmat kepada seluruh alam (rahmatan lil alamin), memberi perhatian yang maksimal terhadap masalah menjaga akhlak.
  • Bolehkah Tidak Memakan Daging Kurban? Bagaimana Hukum untuk Seorang Vegetarian?
    Hikmah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 17:16 WIB
    Hari raya Iduladha, kaum muslimin dianjurkan untuk menikmati makanan dan minuman, terutama daging kurban. Lantas bagaimana bila seseorang mengaku tidak memakan daging? Bagaimana Islam memandang persoalan ini?
  • Ini Hukum Buka Warung dan Makan Terang-terangan di Siang Hari Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 26 Maret 2023 - 11:34 WIB
    Sebuah pemandangan memprihatinkan banyak orang tak perduli dengan kesucian bulan Ramadan. Mulai dari warung makan yang buka hingga pemandangan makan terang-terangan di siang hari Ramadan.