Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol Tapi Tidak Mabuk (halaman 48)

  • Hukum Membaca Yasin...
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 22:13 WIB
    Hukum membaca Yasin di kuburan sudah sering dibahas oleh ulama ahli fiqih. Sebagian di antaranya menghukuminya makruh, sebagian lagi membolehkannya.
  • Kisah Nabi Ibrahim Mengunjungi...
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:20 WIB
    Pada salah satu perjalanannya, ia sampai di Makkah dan mendapatkan bahwa putranya tidak ada di rumah. Waktu itu, Ismail telah tumbuh menjadi lelaki dewasa dan telah kawin.
  • Tata Cara Memusnahkan...
    Tausyiah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 05:10 WIB
    Tata cara memusnahkan Al-Quran yang sudah rusak tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada cara tertentu yang dapat dilakukan dengan niat memuliakan Al-Quran.
  • Cuaca Panas, Jemaah...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 14:52 WIB
    Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengimbau jemaah haji agar melaksanakan Salat Jumat di masjid terdekat Masjidilharam maupun hotel. Cuaca di Makkah sangat panas.
  • Tidak Sendiri dalam...
    Muslimah
    Jum'at, 03 September 2021 - 09:07 WIB
    Tuntunan mendidik anak telah dicontohkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sebagai teladan paripurna bagi kita umatnya. Lantas bagaimana kita sebagai orang tua menerapkan tuntunan Rasulullah ini?
  • Bagaimana Hukum Mengghibah...
    Muslimah
    Senin, 21 Februari 2022 - 10:21 WIB
    Ghibah adalah dosa besar yang telah Allah dan RasulNya telah tegas dengan permisalan yang sangat buruk. Namun bagaimana bila mengghibah orang yang sudah terkenal dengan keburukannya?
  • Hukum Bersilaturahmi...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 12:45 WIB
    Silaturahmi mendatangkan pahala-pahala yang istimewa. Umat Islam banyak yang sudah paham tentang hal ini. Tapi bagaimana jika kita bersilaturahmi dengan kerabat yang fasik atau non muslim?
  • Keistimewaan Surat Al-Ashr,...
    Hikmah
    Rabu, 17 November 2021 - 23:02 WIB
    Keistimewaan Surat Al-Ashr memiliki kandungan yang sangat agung. Meski isinya singkat tetapi fadhillahnya dahsyat. Berikut keutamaan Surat Al-Ashr.
  • Siapa Golongan Orang...
    Hikmah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 11:32 WIB
    Hari kiamat merupakan perkara ghaib yang wajib diimani setiap mukmin. Dan, Allah Taala memberitahukan tanda-tandanya kepada Nabi Muhammad shallallahu alihi wa sallam.
  • Kisah 3 Orang Mengaku...
    Hikmah
    Jum'at, 16 September 2022 - 15:41 WIB
    Ada 3 orang kepada Rasulullah SAW mengaku telah berzina. Mereka ingin bersih dari dosanya sehingga meminta dihukum sesuai hukum Allah SWT. Lalu, bagaimana tanggapan Rasulullah SAW?
  • Kisah Rahib Yahudi Tidak...
    Hikmah
    Kamis, 30 November 2023 - 21:12 WIB
    Di antara sifat buruk kaum Yahudi selain suka berkhianat dan berdusta, mereka juga dikenal sebagai kaum yang mengingkari para Nabi dan Rasul Allah.
  • Anak Hasil Perzinaan,...
    Muslimah
    Rabu, 23 Juni 2021 - 07:37 WIB
    Perzinaan sepertinya sudah dianggap biasa di kalangan muda-muda saat ini. Akhirnya, banyak wanita dengan menahan malu telah memiliki isi dalam perutnya, lalu lahirlah anak tanpa hasil pernikahan sah tersebut.
  • Berkurban Atas Nama...
    Tips
    Senin, 19 Juli 2021 - 10:30 WIB
    Salah satu rukun sah dari berkurban adalah membaca niat dalam berkurban. Lalu, bagaimana hukumya jika niat berkurban atas nama orang tua atau nama keluarga yang lain? Lantas, bagaimana pahalanya untuk yang berkurban?
  • Hukum Memberi Uang THR...
    Tausyiah
    Selasa, 25 April 2023 - 11:59 WIB
    Hukum memberi uang THR saat Lebaran dalam Islam adalah wajib sebab tunjangan hari raya tersebut merupakan bagian dari upah pekerja. THR adalah hak karyawan muslim.
  • Hikmah Agama Menurut...
    Tausyiah
    Senin, 09 Januari 2023 - 14:49 WIB
    Nurcholish Madjid mengatakan tujuan seorang Rasul diutus kepada umat manusia antara lain untuk mengajarkan Kitab Suci dan hikmah kepada mereka. Lalu, apa itu hikmah?
  • Bolehkah Pasangan Suami...
    Muslimah
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 13:24 WIB
    Bolehkah pasangan suami istri memamerkan kemesraan di area publik atau di media sosial dengan mengupload foto-foto atau video kemesraan tersebut?
  • Cara Membaca Tajwid...
    Tips
    Kamis, 09 November 2023 - 19:23 WIB
    Hukum tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 156 menarik untuk dipelajari kaum muslim terutama bagi yang sedang belajar tahsin dan ilmu tajwid. Berikut pembahasannya.
  • Hewan yang Tidak Memenuhi...
    Tausyiah
    Senin, 03 Juni 2024 - 15:09 WIB
    Apabila seorang menyembelih hadyu atau kurban dan semisal keduanya dari sembelihan ibadah dan ia tidak mengetahui sakitnya kecuali setelah menyembelih, maka sesungguhnya ia tidak memadai, karena tujuan darinya tidak terpenuhi.
  • Apa Hukum Memelihara...
    Tausiyah
    Selasa, 07 Mei 2019 - 13:03 WIB
    Ustaz Abdul Somad (UAS) memberi penjelasan terkait jenggot seperti dikutip dari bukunya 30 Fatwa Seputar Ramadhan yang merujuk kepada fatwa tiga ulama besar Al-Azhar.
  • Doa dan Zikir ketika...
    Tips
    Senin, 25 September 2023 - 11:17 WIB
    Doa dan zikir ketika malas tengah melanda diri, perlu kita amalkan agar dapat lebih produktif dalam beraktivitas. Sebab rasa malas hanya akan menimbulkan dampak negatif yang berbuntut pada penyesalan.