Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol (halaman 40)

  • Bolehkah Menyerahkan...
    Tausyiah
    Senin, 25 April 2022 - 14:41 WIB
    Mazhab Malikiyah dan Syafiiyah menyatakan, tidak boleh memberikan zakat kepada kerabat yang si pemberi zakat berkewajiban menanggung nafkah mereka.
  • Model Berhias yang Terlarang...
    Muslimah
    Jum'at, 13 Mei 2022 - 10:22 WIB
    Berdandan bagi seorang wanita muslimah tidak dilarang dalam Islam, karena sesuai fitrahnya, setiap wanita pasti menginginkan tampil anggun dan cantik. Namun dalam Islam ada dandanan yang terlarang bagi seorang muslimah. Apa saja jenisnya?
  • Haruskah Suami Berdandan...
    Muslimah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 13:52 WIB
    Bila kata bersolek atau berdandan disandingkan dengan kaum pria yang sudah berstatus suami khususnya apakah penting kata tersebut dalam hubungan rumah tangga? Adakah simbiosis mutualisme di antara keduanya? Bagaimana menurut syariat?
  • Hukum Salat Jumat Ketika...
    Tausyiah
    Rabu, 15 November 2023 - 18:04 WIB
    Setiap muslim yang baligh diwajibkan mengerjakan salat Jumat dan meninggalkan segala perniagaan dan usaha dunia. Bagaimana jika seseorang dalam perjalanan, apakah wajib sholat Jumat?
  • Bolehkah Pasangan Suami...
    Muslimah
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 13:24 WIB
    Bolehkah pasangan suami istri memamerkan kemesraan di area publik atau di media sosial dengan mengupload foto-foto atau video kemesraan tersebut?
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Hukum Berutang untuk...
    Tausyiah
    Kamis, 02 Juni 2022 - 11:14 WIB
    Dalam Islam menikah memang sangat dianjurkan, bahkan bisa jadi wajib bagi orang yang dikhawatirkan berzina. Namun bukan berarti ini harus dilakukan dengan melegalkan segala macam cara.
  • Hukum Merayakan Maulid...
    Tausyiah
    Minggu, 17 September 2023 - 19:37 WIB
    Hukum merayakan Maulid Nabi penting diketahui umat Islam agar tidak keliru dan gagal paham dalam menyikapinya. Berikut dalil dan fatwa ulama yang membolehkannya.
  • Doa saat Menggiring...
    Tips
    Minggu, 25 Juni 2023 - 09:35 WIB
    Membaca doa ketika berkurban adalah sesuatu yang tidak boleh dilupakan. Di antara syarat halalnya sembelihan adalah membaca basmalah.
  • Apa Hukum Menonton TV...
    Tausiyah
    Jum'at, 25 Mei 2018 - 09:00 WIB
    Apa pendapat agama Islam tentang menonton televisi (TV) bagi orang yang sedang melaksanakan puasa di bulan Ramadhan? Berikut penjelasannya.
  • Hukum Menyerobot Tanah...
    Tausyiah
    Senin, 04 Maret 2024 - 14:33 WIB
    PT Berau Coal melalui mitranya PT Kaltim Diamond Coal (KDC) diduga melakukan penyerobotan tanah milik Universitas Muhammadiyah Berau. Bagaimana hukumnya dalam Islam?
  • 3 Ayat Al-Quran yang...
    Tausyiah
    Rabu, 29 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Prof Dr Quraish Shihab mengatakan ada tiga ayat yang dijadikan alasan oleh sementara ulama untuk melarang --paling sedikit dalam arti memakruhkan-- nyanyian, yaitu: surat Al-Isra (17): 64, Al-Najm (53): 59-61, dan Luqman (31): 6.
  • Puasa Ramadhan dan Hukum...
    Muslimah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 14:02 WIB
    Salah satu yang termasuk dosa besar adalah meninggalkan dengan sengaja Puasa Ramadhan. Sebab Puasa Ramadhan adalah bagian dari tegaknya syariat Allah Taala di muka bumi.
  • Awas! Hak Waris Banci...
    Tausyiah
    Senin, 26 September 2022 - 05:15 WIB
    Kejelasan jenis kelamin seseorang akan mempertegas status hukumnya sehingga ia berhak menerima harta waris sesuai bagiannya. Lalu, bagaimana dengan banci?
  • Tata Cara Sholat Idul...
    Tips
    Senin, 17 April 2023 - 17:13 WIB
    Tata cara sholat Idul Fitri dikerjakan secara berjamaah. Sholat Idul Fitri sendiri adalah sholat yang dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal tahun Hijriah setelah berakhirnya bulan Ramadan.
  • Hukum Nikah Beda Agama...
    Tausyiah
    Senin, 26 September 2022 - 16:13 WIB
    Banyak pernikahan beda agama di Indonesia dilakukan secara diam-diam atau terang-terangan, bahkan dicatatkan dalam dalam data kependudukan sebagai pasangan terdaftar.
  • Hukum Menghidupkan Malam...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 16:39 WIB
    Hari ini kita sudah memasuki 5 Syaban 1442 Hijriyah bertepatan Jumat 19 Maret 2021. Tinggal hitungan hari kita akan sampai di bulan suci Ramadhan, insya Allah.
  • Bolehkah Berzikir dengan...
    Tausyiah
    Sabtu, 16 September 2023 - 20:37 WIB
    Bolehkah berdzikir bersuara keras? Hal ini kerap menjadi pertanyaan beberapa umat muslim. Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad (UAS).
  • Hukum Berbaju Hitam...
    Tips
    Senin, 23 Oktober 2023 - 11:10 WIB
    Ketika ada musibah atau kematian seseorang, umumnya orang-orang yang bertakjiah atau yang melayat menggunakan busana berwarna hitam. Bolehkah dan bagaimana hukumnya dalam Islam?
  • Anak Hasil Perzinaan,...
    Muslimah
    Rabu, 23 Juni 2021 - 07:37 WIB
    Perzinaan sepertinya sudah dianggap biasa di kalangan muda-muda saat ini. Akhirnya, banyak wanita dengan menahan malu telah memiliki isi dalam perutnya, lalu lahirlah anak tanpa hasil pernikahan sah tersebut.
  • PP Muhammadiyah: Pembagian...
    Tausyiah
    Senin, 25 April 2022 - 14:30 WIB
    Jika pembagian zakat fitri dilaksanakan setelah sholat Idul Fitri disebabkan kesulitan yang tidak mampu ditanggulangi oleh panitia, maka zakat fitri yang diserahkan kepada panitia sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri tetap sah