Topik Terkait: Kehalalan Harta (halaman 3)

  • Hadis Arbain: Bersedekah Tidak Harus dengan Harta
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:00 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-25 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Renungan: Menagih Janji Tuhan, Apa Itu Harta Segalanya?
    Hikmah
    Minggu, 18 April 2021 - 04:52 WIB
    Ada satu kisah tentang seorang sufi Khwaja Maruf Karkhi yang asyik dalam kontemplasi. Dia berdiri di bawah tahta ilahi, menyanyi memuji Allah dalam kelimpahan syukur.
  • Bolehkah Bersedekah Selain Harta? Apa Saja Contohnya?
    Tausyiah
    Selasa, 02 Januari 2024 - 09:05 WIB
    Umumnya sedekah atau bersedekah dilakukan dengan harta atau benda. Padahal sedekah pun bisa dilakukan dengan non-materi atau selain harta dan benda tersebut
  • 3 Kondisi yang Menjadi Penggugur Hak Waris
    Tips
    Kamis, 24 November 2022 - 16:06 WIB
    Prof Dr Muhammad Ali ash-Shabuni mengatakan ada 3 kondisi yang menyebabkan hak waris seseorang menjadi gugur. Salah satunya adalah seseorang yang berstatus sebagai budak.
  • 9 Tanaman Pembawa Kekayaan Menurut Islam (2)
    Hikmah
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 09:47 WIB
    Setidaknya ada 9 tanaman yang menghasilkan komoditas berharga yang disebut dalam Al-Quran. Tak sedikit mereka yang menekuni bisnis yang terkait dengan komoditas tersebut menjadi kaya
  • Bolehkah Harta Zakat Didistribusikan untuk Korban Terdampak Corona?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 08:05 WIB
    Distribusi zakat untuk mereka yang terdampak Covid-19 perlu mendapat kajian ulama dan pemerintah. Apakah harta zakat boleh didistribusikan kepada korban terdampak wabah Corona ini?
  • Kisah Sufi: Legenda Harta Ajaib 4 Darwis
    Hikmah
    Selasa, 03 Januari 2023 - 15:21 WIB
    Legenda ini menyerupai banyak cerita dari Timur tentang benda-benda ajaib, yang sering dijumpai dalam cerita-cerita rakyat. Beberapa kalangan menganggap kisah ini merujuk Yesus tidak mati di Salib
  • Hukum Membagi Warisan Sebelum Orang Tua Meninggal
    Tausyiah
    Kamis, 02 November 2023 - 17:50 WIB
    Bagaimana hukum membagi warisan sebelum orang tua meninggal, apakah hal ini dibolehkan dalam syariat? Mari kita simak penjelasan berikut ini.
  • Empat Harta Ajaib: Kisah dari Timur tentang Yesus
    Hikmah
    Sabtu, 13 Januari 2024 - 18:59 WIB
    Kalangan lain percaya bahwa kisah ini mengacu pada empat teknik yang dimiliki oleh tarekat-tarekat Darwis Timur utama dan gabungan mereka di bawah Naqshbandi di India dan Khorasan.
  • 5 Sifat Manusia yang Membuat Harta Menjadi Tercela
    Muslimah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 16:23 WIB
    Al-Quran memandang harta sebagai sarana bagi manusia untuk mendekatkan diri kepada Khaliq-Nya, bukan tujuan utama yang dicari dalam kehidupan. Namun, ada sifat manusia yang justru menjadi celaan terhadap harta itu sendiri.
  • Sedekah Ekstrim, Sedekah yang Dibalas Pahala Allah dengan Ekstrem Pula
    Tips
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 17:05 WIB
    Sedekah ekstrim atau sedekah dengan harta terbaik yang kita miliki dengan keyakinan akan mendapat balasan langsung yang ekstrem pula, telah dijanjikan Allah dalam Al Quran.
  • Memanfaatkan Aset dalam Islam Menurut Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Mempergunakan dan memfungsikan aset ekonomi dan kekayaan materi dengan baik bisa dilakukan dengan tidak membiarkan sesuatu tanpa guna dan tetap memeliharanya dengan baik.
  • Protes Masyarakat Arab Ketika Islam Mengubah Tradisi Waris Era Jahiliyah
    Hikmah
    Minggu, 09 Januari 2022 - 19:35 WIB
    Pada masa jahiliyah atau masa pra-Islam, perempuan dan anak-anak tidak dapat memperoleh warisan dari orangtuanya atau saudaranya yang meninggal.
  • Awas! Hak Waris Banci Bisa Gugur, Ini Dasar Hukumnya
    Tausyiah
    Senin, 26 September 2022 - 05:15 WIB
    Kejelasan jenis kelamin seseorang akan mempertegas status hukumnya sehingga ia berhak menerima harta waris sesuai bagiannya. Lalu, bagaimana dengan banci?
  • Tiga Cincin Permata Pembuka Pintu Harta Karun
    Hikmah
    Rabu, 08 Juli 2020 - 06:29 WIB
    Kisah ini, yang oleh beberapa orang dianggap merujuk pada tiga agama: Yahudi, Kristen, dan Islam, muncul dalam bentuk yang agak berbeda dalam karya-karya Boccacio, Gesta Romanorum dan Decamerun.
  • Apa yang Dilakukan Jika Ragu Kehalalan Daging yang Terhidang di Meja Makan
    Tausyiah
    Senin, 04 Juli 2022 - 19:06 WIB
    Bahkan apa pun yang tidak kita saksikan sendiri tentang penyembelihannya baik dilakukan oleh seorang muslim, walaupun dia bodoh dan fasik, ataupun oleh ahli kitab, semuanya adalah halal buat kita.
  • Cara Bersikap Optimistis saat Terjadi Bencana
    Hikmah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 16:08 WIB
    Tentu apapun jenis bencananya pasti menimbulkan duka bagi kita, mulai dari kehilangan harta hingga jiwa. Namun, sebagai umat muslim kita harus selalu berusaha menumbuhkan sikap positif.
  • Ayah Bisa Mewariskan Istri kepada Anak Sulung di Zaman Arab Jahiliyah
    Hikmah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 15:24 WIB
    Pada masa pra-Islam atau zaman jahiliyah, di Jazirah Arab mengenal beberapa jenis perkawinan. Salah satunya adalah perkawinan antara anak tertua dengan ibu tirinya.
  • Dahsyatnya Berjihad dengan Harta, Ini 5 Alasannya
    Hikmah
    Kamis, 18 Mei 2023 - 10:47 WIB
    Berjihad dengan harta di jalan Allah adalah menyumbangkan harta dalam segala bidang kebaikan yang mengantarkan setiap muslim pada keridhaan Allah Subhanahu wa Taala.
  • Boleh Mendonorkan Organ Tubuh kepada Non-Muslim, tapi Tidak Boleh kepada Kafir Harbi
    Tausyiah
    Rabu, 12 Januari 2022 - 10:21 WIB
    Mendonorkan organ tubuh itu seperti menyedekahkan harta. Hal ini boleh dilakukan terhadap orang muslim dan nonmuslim, tetapi tidak boleh diberikan kepada orang kafir harbi yang memerangi kaum muslim.