Topik Terkait: Kerajaan Islam Jawa (halaman 2)

  • Catatan Mualaf Jerman Wilfred Hoffman tentang Islam dan Hak Asasi Manusia
    Dunia Islam
    Selasa, 29 November 2022 - 05:15 WIB
    Negeri-negeri Islam tidak satu suara dalam melegalisasi HAM, baik yang berhubungan dengan Deklarasi Internasional HAM yang dikeluarkan oleh Badan Umum PBB atau dokumen-dokumen internasional.
  • Adab dan Hak Suami Istri dalam Rumah Tangga Islam
    Tausyiah
    Selasa, 07 Mei 2024 - 11:30 WIB
    Adab-adab dan hak suami istri dalam rumah tangga, penting diketahui dan dipahami pasangan muslim. Hal ini penting, agar rumah tangga yang dijalani sesuai tuntunan Rasulullah SAW.
  • 14 Anak Muda Hebat dalam Sejarah Peradaban Islam
    Hikmah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 00:20 WIB
    Anak-anak muda ternyata memiliki peran penting dalam sejarah peradaban Islam. Kehebatan para pemuda Islam ini layak dijadikan teladan oleh generasi Milenial saat ini.
  • Islam Turun di Makkah, Benarkah Karena Wilayah Itu Paling Bejat?
    Tausyiah
    Senin, 18 Mei 2020 - 04:10 WIB
    Ada sejumlah ulama yang berpendapat Islam sengaja diturunkan di Makkah karena wilayah itu dihuni penduduk jahiliyah. Bahkan disebutnya penduduk paling bejat sedunia.
  • Begini Penjelasan Islam Terhadap Seseorang yang Suka Memotret Orang Lain Secara Diam-diam
    Tausyiah
    Rabu, 12 Oktober 2022 - 15:02 WIB
    Syariat Islam melarang seseorang yang mengambil gambar orang lain (memotret atau merekam) tanpa izin atau diam-diam. Syariat Islam pun mewajibkan pengambilan foto (memotret) harus seizin orang yang bersangkutan.
  • 4 Ulama dan Dai Asal Jawa Barat Berdakwah di Inggris Promosikan Islam yang Damai
    Dunia Islam
    Sabtu, 18 November 2023 - 22:31 WIB
    Empat Ulama dan Dai Delegasi English for Ulama Provinsi Jawa Barat berdakwah di Inggris mempromosikan Islam yang damai dan rahmatan lilalamin kepada komunitas internasional.
  • Menasihati Pemimpin Menurut Etika Islam
    Tausyiah
    Rabu, 14 Februari 2024 - 09:43 WIB
    Islam memiliki etika tersendiri dalam menasihati pemimpin, bahkan mempunyai kaidah-kaidah dasar yang tidak boleh dilecehkan sebab, pemimpin tidak sama dengan rakyat
  • Debat Capres Cawapres: Bagaimana Menurut Hukum Islam?
    Hikmah
    Senin, 22 Januari 2024 - 08:20 WIB
    Debat yang tercela dalam Islam adalah suatu perbedatan yang tidak memakai dasar ilmu, tanpa dalil, dan sepenuhnya subjektif. Debat yang tercela adalah debat yang lebih mengutamakan otot, bukannya argumen.
  • Jejak Zaman Keemasan Islam di Timbuktu, Dimulai Mansa Musa
    Dunia Islam
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 08:42 WIB
    Timbuktu, yang terletak di pusat Mali, berfungsi sebagai pusat intelektual utama peradaban Islam selama abad ke-15 dan ke-16. Kala itu, Islam berada pada zaman keemasan.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Hukum Islam yang Dicita-citakan Bukan dari Mazhab Tertentu
    Tausyiah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Hukum Islam yang dicita-citakan umat Islam bukanlah fikih salah satu mazhab pada masa tertentu. Hukum Islam yang diinginkan adalah kaidah-kaidah dan hukum-hukum yang pokok yang telah ditetapkan oleh Al Quran dan Sunnah.
  • Selamat Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah, Berikut Keutamaan Muharram
    Dunia Islam
    Senin, 09 Agustus 2021 - 19:50 WIB
    Selamat Tahun Baru Islam 2021, Selamat datang Muharram. Malam ini umat Islam memasuki Tahun Baru 1443 Hijriyah. Berikut keutamaan Muharram yang perlu diketahui umat muslim.
  • Kesetaraan Perempuan Dalam Islam
    Muslimah
    Rabu, 21 April 2021 - 10:44 WIB
    Momen peringatan Hari Kartini, selalu membahas tentang kesetaraan perempuan. Padahal bila menengok sejarah awal Islam, kesetaraan perempuan dengan lelaki ini telah ada di masa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Syekh Subakir Meruqyah Jawa Setelah 6000 Keluarga Muslim Tewas
    Hikmah
    Selasa, 28 September 2021 - 14:41 WIB
    Syekh Subakir masuk ke tanah Jawa untuk meruqyah tanah di wilayah Indonesia ini, menyusul tewasnya 6000 keluarga muslim yang dikirim sebelumnya untuk menyebarkan Islam.
  • TGB Sebut Islam Hadir Membawa Budaya dan Nilai-nilai Kedamaian
    Dunia Islam
    Kamis, 06 April 2023 - 21:58 WIB
    Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi mengungkapkan, Islam datang dalam keadaan asing. Di akhir zaman nanti agama ini juga akan kembali terasa asing. Meskipun demikian, Islam membawa perdamaian dan beruntung bagi masyarakat yang bisa menjaga nilai itu.
  • Asy-Syifa’ binti Abdullah, Ilmuwan Perempuan Pertama Dalam Islam
    Muslimah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 09:10 WIB
    Sosok ini dikenal sebagai seorang muslimah yang pandai dan berilmu tinggi, di masa awal datangnya Islam. Di mana pada saat itu hanya segelintir perempuan yang diperbolehkan menulis dan membaca.
  • Inilah Tipe Suami Terburuk Dalam Islam
    Muslimah
    Kamis, 08 April 2021 - 16:04 WIB
    Tidak hanya pria saja yang memiliki impian untuk mempunyai istri yang baik dan sholehah. Begitupun setiap perempuan muslimah memiliki impian yang sama. Namun, bagaimana bila ada tipe suami yang buruk?
  • Kristen Mengajarkan Azas Dosa Asal, Bagaimana dengan Islam?
    Tausyiah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 07:34 WIB
    Bila Kristen mengajarkan azas Dosa Asal, mereka sesungguhnya membangun suatu dasar azas lain, yaitu Azas Penebusan. Manusia mereka katakan berdosa dan dihukum karena dosa Asal.
  • Ketika Anak-Anak Inggris Berbondong-bondong Masuk Islam
    Dunia Islam
    Rabu, 21 Februari 2024 - 14:47 WIB
    Anak-anak di Inggris ramai-ramai memeluk agama Islam. Peningkatan paling pesat terjadi pasca-Operasi Badai Al-Aqsa Hamas yang disusul genosida yang dilakukan Israel.
  • Burung Gagak Hitam yang Dimuliakan Islam
    Hikmah
    Jum'at, 05 Juni 2020 - 20:01 WIB
    Dulu, orang-orang musyrikin Makkah pernah mengolok-olok budak hitam legam seperti Bilal bin Rabbah radhiallhuanhu yang mengumandangkan adzan di Kabah.
  • Kemandirian Seorang Istri dalam Islam Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 27 September 2023 - 15:21 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Islam tidak membiarkan kepribadian wanita itu larut untuk mengikuti kepribadian suaminya sebagaimana tradisi barat.