Topik Terkait: Keutamaan Zakat (halaman 3)

  • 3 Keutamaan Sholat Zuhur yang Jarang Diketahui
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 09:54 WIB
    Keutamaan sholat Zuhur penting diketahui kaum muslim untuk memambah semangat dan motivasi beramal. Ada tiga fadhilah bagi yang mengerjakan sholat Zuhur berjamaah.
  • Keutamaan Berzikir di Hari Tasyrik, Raih 5 Keutamaan dan Pahalanya yang Dahsyat
    Hikmah
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 11:20 WIB
    Hari Tasyrik atau hari ke 11,12 dan 13 Dzulhijjah, selain hari makan dan minum juga disebut sebagai hari berzikir. Allah Subhanahu wa Taala memerintahkan segenap muslim dan muslimah untuk memperbanyak zikir dan salat , baik yang wajib maupun sunah.
  • Ini Tiga Perbedaan Zakat dan Sedekah
    Tips
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 14:16 WIB
    Salah satu amal baik yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam adalah sedekah. Di samping sedekah, di bulan Ramadan umat Islam diwajibkan membayar zakat fitrah.
  • Mengenal Ragam Zakat yang Harus Ditunaikan Umat Muslim
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 08:14 WIB
    Bagi seorang muslim, membayar zakat adalah suatu kewajiban dan menjadi bagian dari rukun Islam. Siapa saja yang harus bayar zakat ini dan ada berapa macam zakatnya?
  • Cerita Para Sahabat Tentang Keutamaan Orang Sabar
    Tausyiah
    Sabtu, 10 April 2021 - 20:35 WIB
    Pengasuh Al-Hawthah Al-Jindaniyah Al-Habib Ahmad Bin Novel Bin Salim Jindan mengungkapkan beberapa cerita dan kalam para Sahabat Nabi tentang keistimewaan sabar.
  • 8 Keutamaan Puasa Ramadan, Nomor 2 Paling Populer dan Disukai Umat Muslim
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 15:30 WIB
    Bulan yang dinanti umat Islam sebentar lagi tiba. Berikut keutamaan puasa Ramadan yang patut diketahui kaum muslim sebagai motivasi dan bekal menyiapkan diri menjalankan ibadah puasa.
  • Dahsyatnya Keutamaan Bertasbih pada Waktu Petang dan Pagi
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 15:03 WIB
    Perintah bertasbih pada waktu petang dan pagi disampaikan Allah dalam Al-Quran. Bertasbih artinya mengagungkan Allah dan memuji-Nya dengan kalimat agung seperti SUBHANALLAH.
  • Haruskah Bayi atau Janin dalam Kandungan Membayar Zakat Fitrah?
    Muslimah
    Kamis, 13 April 2023 - 11:02 WIB
    Mulai 10 hari terakhir sebelum Idul Fitri tiba, semua umat muslim wajib membayar zakat fitrah. Lantas, bagaimana hukum zakat fitrah bagi bayi yang baru lahir atau janin yang masih dalam kandungan?
  • Keutamaan Mengucapkan Salam Ketika Masuk Rumah
    Tips
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 11:06 WIB
    Mengucapkan salam ketika masuk rumah sangat dianjurkan karena banyak keutamaan dan keberkahan. Salam sendiri merupakan kalimat sapaan yang diajarkan oleh Allah SWT.
  • Inilah Keutamaan Waktu Antara Maghrib dan Isya, Jangan Abaikan
    Tausyiah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 16:48 WIB
    Salah satu waktu yang paling berkah selain sahur adalah waktu antara Maghrib dan Isya. Di waktu yang singkat tersebut kita diperintahkan untuk mengisinya dengan ibadah.
  • Hadis-hadis Shahih yang Menjelaskan Keutamaan Bulan Syaban
    Hikmah
    Kamis, 15 Februari 2024 - 10:23 WIB
    Keutamaan bulan Syaban banyak dijelaskan dalam beberapa hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Salah satunya dijelaskan bahwa Syaban disebut dengan bulan diangkatnya amal.
  • Keutamaan Sholat Berjamaah, Dapat Pahala Berlipat Hingga Dinaungi di Hari Kiamat
    Tausyiah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 05:10 WIB
    Keutamaan sholat berjamaah penting diketahui umat Islam agar semakin istiqamah dalam mengerjakannya. Berikut 20 keutamaan sholat berjamaah bersumber dari Al-Quran dan Hadis.
  • Hukum Infak, Sedekah dan Zakat, Berikut Perbedaannya
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 17:48 WIB
    Zakat, infak dan sedekah sangat akrab di telinga kaum muslimin seolah sudah menjadi satu kesatuan. Banyak yang bertanya apakah ketiga istilah itu sama maknanya. Berikut penjelasannya.
  • 6 Keutamaan Puasa Arafah, Nomor 1 Menghapuskan Dosa 2 Tahun
    Tips
    Senin, 04 Juli 2022 - 07:43 WIB
    Banyak ibadah sunnah yang dianjurkan (tathawu) bisa dilakukan di bulan istimewa Dzulhijjah ini. Ibadah tathawu sendiri merupakan perkara yang akan menambah pahala, menggugurkan dosa-dosa.
  • Jelang Lebaran, JIC Buka Layanan Zakat, Infaq dan Shadaqah
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Mei 2021 - 19:43 WIB
    Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, JIC, Koja, Jakarta Utara, membuka layanan pengumpulan zakat, infaq dan shadaqah selama 10 hari terakhir.
  • Hubungan Perintah Sholat dan Zakat dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 13:24 WIB
    Perintah sholat dan zakat adalah perintah yang sering kali disebut dan berulang-ulang dibahas dalam Al-Quran. Sholat disebut juga sebagai ibadah habluminaullah, sedangkan zakat disebut hablumninnas.
  • Bolehkah Zakat Fitrah Dibagikan ke Daerah Lain?
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 02:00 WIB
    Mazhab Hanabilah dalam masalah ini tidak boleh, sebab zakat fithri tidak boleh dipindahkan dari tempat asal diwajibkannya kecuali jika pada tempat tersebut tidak ada yang berhak menerimanya.
  • 7 Keutamaan Salat Shubuh Berjamaah di Masjid
    Tausiyah
    Selasa, 07 Januari 2020 - 18:50 WIB
    Salat shubuh berjamaah adalah ibadah yang sangat besar keutamaannya, namun sedikit yang mengerjakannya. Berikut keutamaannya.
  • Cara Pengeluaran Zakat Penghasilan Menurut Ulama Salaf
    Tips
    Senin, 13 Maret 2023 - 12:58 WIB
    Bila seseorang sudah mengeluarkan zakat gaji pada waktu menerimanya, maka tidak wajib zakat lagi pada waktu masa tempo tahunnya sampai, sehingga tidak terjadi kewajiban mengeluarkan zakat dua kali.
  • Inilah Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Muharram
    Hikmah
    Senin, 17 Juli 2023 - 17:55 WIB
    Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam (Hijriyah) yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Mengapa bulan Muharram begitu istimewa?