Topik Terkait: Keutamaan Zakat (halaman 2)

  • Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal
    Tips
    Kamis, 21 April 2022 - 23:56 WIB
    Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal perlu diketahui umat muslim. Dalam Islam dikenal ada dua jenis zakat yaitu, zakat fitrah dan zakat maal (zakat harta).
  • Doa untuk Orang yang Membayar Zakat
    Tips
    Selasa, 02 April 2024 - 16:54 WIB
    Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka.
  • Zakat Merupakan Saudara Kandung Salat, Begini Penjelasan Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 13 April 2023 - 16:50 WIB
    Zakat merupakan syiar kedua dalam Islam dan merupakan kekuatan pendanaan sosial dari kekuatan-kekuatan besar lainnya. Zakat merupakan saudara kandung salat di dalam Al Quran dan As-Sunnah.
  • Keutamaan Membaca Sholawat 10 Kali pada Waktu Pagi dan Sore
    Tips
    Minggu, 11 Juni 2023 - 17:04 WIB
    Ada satu amalan yang apabila dibaca pada pagi hari dan sore hari maka ia akan mendapatkan syafaat (pertolongan) dari Nabi Muhammad SAW. Berikut Hadisnya.
  • Beda Pendapat 4 Mazhab tentang Zakat Harta Penghasilan
    Tips
    Kamis, 09 Maret 2023 - 13:33 WIB
    Para imam mazhab empat berbeda pendapat yang cukup kisruh tentang harta penghasilan. Abu Hanifah berpendapat harta penghasilan itu dikeluarkan zakatnya bila mencapai masa setahun penuh.
  • Zakat bagi kita
    Tausiyah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:05 WIB
    Zakat merupakan salah satu bentuk syariat Allah yang akan memberikan keuntungan itu. Ada banyak nilai dan keuntungan dari zakat bila telah ditunaikan dengan baik. Tiga keuntungan berzakat yaitu membersihkan harta dan jiwa, menumbuhkan dan menambahkan, memenuhi hak.
  • Harta yang Wajib Dikeluarkan Zakat
    Tausyiah
    Rabu, 11 Mei 2022 - 23:39 WIB
    Zakat merupakan rukun Islam yang keempat. Artinya, zakat merupakan salah satu hal yang penting dalam Islam. Berikut kriteria harta yang wajib dizakati.
  • Keutamaan Membaca Sholawat Ketika Berjabat Tangan
    Tips
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 16:37 WIB
    Keutamaan membaca sholawat ketika berjabat tangan dengan sesama muslim ternyata dapat menggugurkan dosa-dosa yang telah lalu. Berikut penjelasanny.
  • Keutamaan Mengamalkan Sunnah Nabi
    Tausyiah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 20:16 WIB
    Mengamalkan Sunnah Nabi merupakan amalan yang sangat dicintai Allah Taala. Berikut keutamaannnya dinukil dari berbagai kitab dan perkataan ulama.
  • Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal Berikut Takarannya
    Tausyiah
    Rabu, 19 April 2023 - 07:01 WIB
    Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal penting diketahui kaum muslim berikut takarannya. Untuk diketahui, zakat sudah diwajibkan sebelum masa Rasulullah shollallahu alaihi wasallam.
  • Hubungan Perintah Sholat dan Zakat dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 13:24 WIB
    Perintah sholat dan zakat adalah perintah yang sering kali disebut dan berulang-ulang dibahas dalam Al-Quran. Sholat disebut juga sebagai ibadah habluminaullah, sedangkan zakat disebut hablumninnas.
  • 3 Keutamaan Sholat Zuhur yang Jarang Diketahui
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 09:54 WIB
    Keutamaan sholat Zuhur penting diketahui kaum muslim untuk memambah semangat dan motivasi beramal. Ada tiga fadhilah bagi yang mengerjakan sholat Zuhur berjamaah.
  • MUI Keluarkan Fatwa Zakat agar Dimanfaatkan untuk Corona
    Dunia Islam
    Senin, 12 April 2021 - 16:34 WIB
    Ketua Bidang Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh mengatakan, hari ini MUI Fatwa Nomor 24 Tahun 2021 tentang panduan penyelenggaraan ibadah di bulan Ramadhan.
  • Ini Doa Bagi yang Menerima Zakat Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Minggu, 17 April 2022 - 22:40 WIB
    Bagi penerima zakat (mustahik) dianjurkan mendokan mereka yang menyerahkan zakat. Momen penyerahan zakat biasanya dilakukan jelang hari raya Idul Fitri.
  • 7 Keutamaan Membaca Sholawat di Hari Jumat, Salah Satunya Melapangkan Rezeki
    Tausyiah
    Jum'at, 18 November 2022 - 09:32 WIB
    Membaca sholawat pada Hari Jumat memiliki keutamaan besar karena Rasulullah SAW secara khusus memerintahkan umatnya memperbanyak sholawat pada hari tersebut.
  • Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga
    Tausyiah
    Senin, 18 April 2022 - 23:48 WIB
    Niat zakat fitrah perlu diketahui umat muslim yang akan menunaikan kewajibannya. Untuk diketahui, puasa Ramadhan tidak akan terangkat kecuali dengan menunaikan zakat fitrah.
  • Keutamaan Bersabar Saat Menghadapi Musibah
    Tausyiah
    Kamis, 23 Juni 2022 - 00:18 WIB
    Sabar itu ilmu paling tinggi dan keutamaannya benar-benar agung di sisi Allah. Siapa yang dapat mengamalkannya maka ia akan mendapat balasan pahala tak berbatas.
  • Ini Mengapa Zakat Dikaitkan dengan Salat Menurut Haekal
    Tausyiah
    Kamis, 28 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Haekal mengatakan dalam melakukan perbuatan baik, sedekah itu terletak pada tempat pertama, orang yang melakukannya akan mendapat pahala yang amat sempurna.
  • Surat Quraisy Lengkap Arab, Latin, Terjemahan dan Keutamaan
    Tips
    Rabu, 19 Juli 2023 - 20:48 WIB
    Surat Quraisy lengkap Arab, latin dan terjemahan berikut ini termasuk surat-surat pendek dalam Al-Quran. Surat ke-106 ini memiliki keutamaan dan khasiat.
  • Hadis tentang Fii Sabilillaah dan Ibnu Salil sebagai Golongan yang Berhak Menerima Zakat
    Tausyiah
    Sabtu, 06 April 2024 - 13:42 WIB
    Mereka adalah para pasukan perang yang tidak punya hak dari baitul mal. Adapun Imam Ahmad, al-Hasan dan Ishaq mengatakan bahwa orang yang berhaji termasuk dalam fii sabilillaah, berdasarkan sebuah hadis.