Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 19)

  • Berdebat, Hakim Dibuat...
    Hikmah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 08:50 WIB
    Hakim mencoba bertaktik dan bertanya kepada Abu Nawas, Tapi coba kita lihat cendekiawan seperti Anda. Kalau Anda memiliki pilihan: kekayaan atau kebijaksanaan, mana yang akan dipilih?
  • 4 Ayat Surah An-Nisa...
    Tausyiah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 16:36 WIB
    Ulama ahli fiqih dan pakar hadis, Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam Kitab Tanbihul Ghafilin mengabarkan kepada kaum muslimin ada 4 ayat yang lebih dari dunia dan seisinya
  • Kisah Abu Yazid Al-Busthami,...
    Hikmah
    Selasa, 28 April 2020 - 03:58 WIB
    Lukman berkata pada anaknya, catat itu wahai anakku. Kalau engkau menuruti omongan orang-orang, maka tidak akan pemah benar. Maka kuatkanlah keyakinanmu.
  • Tahun Abu: Kisah Umar...
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 07:18 WIB
    Selama 9 bulan itu ia mengimami salat isya dan setelah pulang ke rumah ia masih melanjutkan dengan salat sampai larut malam, memohon kepada Allah jangan sampai kehancuran umat berada di tangannya.
  • Kisah Abu Nawas Memenangkan...
    Hikmah
    Senin, 31 Januari 2022 - 08:48 WIB
    Pada suatu hari, melihat ayam betinanya bertelur, Baginda ingin menyelenggarakan sayembara dengan hadiah yang menggiurkan, Abu Nawas pun berparisipasi dalam sayembara ini.
  • Misteri Panji Gumilang,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 08:57 WIB
    Misteri pimpinan Maahad Al-Zaytun, Panji Gumilang, tak hanya dirasakan kebanyakan orang. Wakil Ketua Umum MUI, Dr H Anwar Abbas, juga mengakui tak habis pikir siapa sejatinya Panji Gumilang itu.
  • Al-Mughirah bin Syubah:...
    Hikmah
    Sabtu, 07 September 2024 - 06:38 WIB
    Boleh dibilang Al-Mughirah bin Syubah adalah orang pertama yang memiliki ide mengganti sistem pemerintahan islam kekhalifahan dengan dinasti. Mengapa?
  • Kisah Khalifah Harun...
    Dunia Islam
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 08:05 WIB
    Khalifah Harun Al-Rasyid mengeksekusi satu persatu pentolan keluarga Yahya bin Khalid. Peristiwa ini dipicu skandal Yahya bin Khalid yang menghamili adik khalifah di luar nikah.
  • Surat Utsman bin Affan...
    Hikmah
    Kamis, 10 Oktober 2024 - 09:11 WIB
    Amanat adalah tetap amanat. Berpegang teguhlah pada amanat itu, dan janganlah kalian menjadi orang yang pertama melanggarnya, karena apa yang kalian lakukan itu akan dicontoh oleh orang-orang yang sesudah kalian.
  • Kisah Pendeta Menafsirkan...
    Hikmah
    Sabtu, 12 Februari 2022 - 08:49 WIB
    Pada saat Muhammad SAW diangkat menjadi rasul, Abu Bakar sedang melakukan perjalanan dagang ke Suriah. Dalam tidurnya ia mimpi dan seorang pendeta menafsirkan mimpinya itu.
  • Ketika Abu Nawas Tak...
    Hikmah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 10:36 WIB
    Pengalaman Abu Nawas kali ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita, betapa perlunya kita berpikir terlebih dahulu sebelum mengucapkan kata-kata.
  • Kisah Muhammad Al-Hanafiyah,...
    Hikmah
    Kamis, 05 Mei 2022 - 18:24 WIB
    Siang hari, beliau menjadi pahlawan di medan perang dan menjadi tokoh dalam jajaran para ulama. Di malam hari beliau adalah rahib di saat mata manusia tidur terlelap.
  • Meletusnya Perang Yamamah,...
    Hikmah
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 11:02 WIB
    Khalid bin Walid berteriak, saudara-saudara kaum Muslimin! Perlihatkanlah kelebihan kamu, biar orang tahu keberanian dan kepahlawanan kita, biar orang tahu dari mana kita datang.
  • Kisah Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Senin, 06 September 2021 - 14:03 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah sosok terpuji yang menempati posisi puncak dalam derajat sosial, keluhuran budi dan kebaikan. Begini kecintaan sahabat kepada beliau.
  • Membangun Kota Kufah,...
    Hikmah
    Senin, 09 November 2020 - 13:39 WIB
    Khalifah Umar bin Khattab menugaskan Muhammad bin Maslamah ke Kufah dengan pesan: Pergilah ke istana itu dan bakarlah pintunya, kemudian kembalikanlah seperti yang semula.
  • Zubair: Orang Pertama...
    Hikmah
    Kamis, 11 Juni 2020 - 04:59 WIB
    Khalifat Ali bin Abu Thalib menatap kubur Zubair sambil mengatakan, sungguh kedua telingaku ini mendengar Rasulullah bersabda, Thalhah dan Zubair berjalan di surga.
  • Kisah Al-Mutsanna Pimpin...
    Hikmah
    Sabtu, 13 Januari 2024 - 16:58 WIB
    Misalnya kota Ur yang menurut penemuan-penemuan belakangan ini yang oleh sebagian orang dibandingkan dengan peninggalan-peninggalan Firaun, terdapat di kawasan ini.
  • Duka Umar bin Abdul...
    Hikmah
    Selasa, 16 November 2021 - 05:15 WIB
    Umar bin Abdul Aziz tidak memiliki ambisi menjadi khalifah. Ia bahkan berniat menghindar. Begitu ia tahu harus menggantikan Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik ia menangis dan berucap, Innalillah...
  • Keturunan Rasulullah...
    Hikmah
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 17:49 WIB
    Kaumnya memberi julukan Zainul Abdin dan julukan ini justru lebih dikenal daripada nama aslinya. Selain itu karena sujud yang sangat lama, penduduk Madinah juga menyebutnya sebagai Assajad.
  • Tarawih di Masa Abu...
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 07:56 WIB
    Di zaman Abu Bakar RA sebagai khalifah, Sayyidah Aisyah menjadikan anak-anak penghafal Al-Quran sebagai Imam salat di malam Ramadhan. Ini berbeda.