Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 23)

  • Seks dalam Islam, Abdul...
    Hikmah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 17:06 WIB
    Seks merupakan bagian dari kesenangan di dunia dan di akhirat. Seseorang dapat memperoleh pahala karena melakukan aktivitas seksual yang sesuai dengan batas-batas yang digariskan oleh agama.
  • Tragedi Qaramithah:...
    Hikmah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Seorang lelaki memukul dan mencongkel Hajar Aswad. Dengan nada menantang, Abu Thahir sesumbar : Mana burung-burung Ababil? Mana bebatuan dari Neraka Sijjil?
  • Kisah Ummu Haram, Muslimah...
    Hikmah
    Jum'at, 09 September 2022 - 16:52 WIB
    Perempuan tangguh dalam pasukan angkatan laut muslim ini sahabat Nabi Muhammad SAW yang nasibnya sudah diketahui Rasulullah SAW melalui mimpinya.
  • Akhlak Umar bin Khattab...
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 18:57 WIB
    Umar tidak percaya Nabi telah wafat. Ia berkata, sungguh, Rasulullah pasti akan kembali seperti Musa. Orang yang menduga bahwa dia telah meninggal, tangan dan kakinya harus dipotong!
  • Sejarah Kakbah: Konstruksi...
    Hikmah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 06:16 WIB
    Konstruksi asli Kakbah diciptakan oleh Nabi Adam as. Setelah diusir dari surga, yang paling dia rindukan adalah menyaksikan para malaikat mengelilingi Bait al Mamur, replika persis Kakbah yang diyakini ada di surga.
  • Kisah Raja Romawi Nicephorus...
    Dunia Islam
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 09:28 WIB
    Dalam kondisi malu dan kalah, Nicephorus I bersimpuh di hadapan Khalifah Harun Al-Rasyid dan mohon ampunan berkali-kali. Permohonan ini akhirnya dikabulkan oleh Khalifah Harun Al-Rasyid.
  • Doa Sayyidina Abu Bakar...
    Tausyiah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 16:53 WIB
    Berikut doa Sayyidina Abu Bakar radhiyallahu anhu saat beliau dipuji orang lain. Doa ini dapat kita amalkan ketika kita mendapat pujian dari orang lain.
  • Kisah Walid bin Mughirah...
    Hikmah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 17:29 WIB
    Al-Walid memerintahkan orang-orang Quraisy untuk membawa putranya yang masih remaja untuk diserahkan kepada Abu Thalib dengan harapan dapat dibarter dengan Nabi Muhammad SAW.
  • Nenek Moyang Dinasti...
    Hikmah
    Senin, 07 Februari 2022 - 10:01 WIB
    Abdullah bin Abbas bin Abdul Muthalib atau dikenal dengan Ibnu Abbas adalah nenek moyang Bani Abbasiyah. Abdullah bin Masud menyebut Ibnu Abbas adalah juru bicara Al-Quran.
  • Politik Jihad Khalifah...
    Dunia Islam
    Rabu, 03 November 2021 - 05:15 WIB
    Angkatan laut Islam sempat moncer di era Daulah Umayyah. Namun tatlala era Daulah Abbasiyah, jihad laut seakan tenggelam, kecuali pada era Khalifah Harun Ar-Rasyid armada laut mulai menggeliat kembali.
  • Abu Nawas Ternyata Perenang...
    Hikmah
    Kamis, 04 Juni 2020 - 09:12 WIB
    Apakah mungkin seorang manusia berenang ke seberang teluk? Saya mau kau mengambil misi ini sebagai tugas terhormat! ujar Baginda kepada Abu Nawas
  • Abu Bakar Menangis Ketika...
    Hikmah
    Sabtu, 22 Mei 2021 - 17:34 WIB
    Suatu malam Khalifah Abu Bakar Asshiddiq radhiyallahu anhu bermimpi dalam tidurnya. Kemudian beliau menangis hingga tangisannya terdengar Sayyidina Umar bin Khatthab.
  • Baginda Meminta Abu...
    Hikmah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 08:39 WIB
    Suatu kali Baginda memberi hadiah seekor keledai kepada Abu Nawas. Sudah barang tentu, Abu Nawas senang. Namun kesenangan itu sirna, Baginda minta Abu Nawas mengajari keledai itu membaca.
  • Profil dan Biografi...
    Dunia Islam
    Rabu, 06 Desember 2023 - 10:54 WIB
    Abu Ubaidah bin Jarrah merupakan salah seorang panglima perang kaum Muslim yang cukup terkenal di eranya. Selain itu, ia juga menjadi salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga.
  • Tatkala Usia Sudah Menua,...
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 17:44 WIB
    Abu Musa Al Ansyari mengatakan : Sesungguhnya kuda itu apabila mendekati garis finish dia akan mengerahkan semua tenaganya agar menang dalam perlombaan.
  • Siapakah Hawariyyun...
    Hikmah
    Sabtu, 09 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Hawariyyun diketahui merupakan kaum dan murid Nabi Isa AS dari golongan Bani Israel. Sebagai seorang murid mereka adalah golongan yang mempercayai Nabi Isa AS sebagai utusan Allah SWT.
  • Kedubes AS dan Masjid...
    Dunia Islam
    Rabu, 07 Juni 2023 - 01:29 WIB
    Kedubes AS dan Masjid Istiqlal Jakarta meresmikan American Space di area Masjid Istiqlal sebagai bentuk kemitraan mempererat hubungan antara masyarakat Amerika Serikat dan WNI.
  • Musailamah, Nabi Palsu...
    Hikmah
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 12:57 WIB
    Jumlah prajurit-prajurit pemberani di kalangan pendukung Musailamah dan Bani Hanifah lebih banyak dibandingkan pasukan Muslim dari kalangan Quraisy.
  • Iri dengan Makkah, Khalifah...
    Hikmah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 17:50 WIB
    Khalifah Umar bin Abdul Aziz menambah jumlah rakaat salat Tarawih di Masjid Nabawi menjadi 36 rakaat karena iri dengan pelaksanaan salat tarawih di Makkah.
  • Maulid Nabi, Kisah Abu...
    Hikmah
    Sabtu, 08 Oktober 2022 - 22:12 WIB
    Kisah Abu Lahab yang gembira atas kelahiran Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam cukuplah menjadi hujjah dan dalil bolehnya merayakan Maulid Nabi.