Topik Terkait: Kunci Menghadapi Ujian (halaman 2)

  • Pandemi Corona dan Ujian Ketakwaan
    Tausyiah
    Senin, 27 April 2020 - 08:35 WIB
    Keterangannya menjelaskan bahwa pandemi virus corona yang tengah melanda dunia global saat ini adalah bagian dari ujian Allah SWT.
  • Kisah Nabi Ibrahim yang Selalu Lulus Saat Diuji Allah Taala
    Hikmah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 17:45 WIB
    Allah banyak menguji Nabi Ibrahim sehingga menempatkan dirinya sebagai pemimpin dan teladan bagi umat sesudahnya. Bapak para nabi ini senantiasa lulus dalam menjalankan ujian tersebut.
  • Kisah Orang Saleh Ketika Menghadapi Bala dan Ujian (1)
    Hikmah
    Rabu, 22 Januari 2020 - 15:30 WIB
    Dalam Kitab Al-Hikam, Syeikh Ibnu Athoillah (1250-1309) menceritakan beberapa kisah orang beriman saat diberi ujian bala berupa penyakit.
  • Keutamaan Bersabar Saat Menghadapi Musibah
    Tausyiah
    Kamis, 23 Juni 2022 - 00:18 WIB
    Sabar itu ilmu paling tinggi dan keutamaannya benar-benar agung di sisi Allah. Siapa yang dapat mengamalkannya maka ia akan mendapat balasan pahala tak berbatas.
  • Begini Imam Hasan Al-Banna Menghadapi Masalah Khilafiah
    Tausyiah
    Rabu, 23 September 2020 - 05:00 WIB
    Sesungguhnya pengetahuan tersebut sama sekali tidak akan bermanfaat untuk kamu semua, karena kamu telah bergelimang dalam fitnah selama delapan puluh tahun, dan itu sudah cukup.
  • 3 Cara Meningkatkan Ketakwaan yang Penting Diketahui Setiap Muslim
    Hikmah
    Minggu, 30 Juli 2023 - 12:05 WIB
    Ketakwaan seorang mukmin akan diganjar pahala terbaik oleh Allah Subhanahu wa taala. Bahkan, sebagai hamba-Nya, seorang muslim yang bertakwa akan mendapatkan jaminan kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan di akhirat.
  • Doa Agar Tidak Stres Menghadapi Tekanan dan Kesulitan
    Tausyiah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 17:16 WIB
    Manusia pada hakikatnya adalah makhluk lemah sehingga ia butuh pertolongan Allah Azza wa Jalla. Berikut doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar tidak stres menghadapi tekanan dan kesulitan hidup.
  • Tiga Tingkatan Orang yang Sabar
    Tips
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 13:10 WIB
    Orang-orang yang sabar (Ash-Shabirin) merupakan salah satu karakter penghuni surga. Sabar artinya adalah menahan diri untuk menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya serta tabah menghadapi ujian di atas jalannya.
  • Pentingnya Rasa Percaya Diri dan Dalilnya dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 10:53 WIB
    Dalam Islam, ternyata sangat penting seorang muslim itu mempunyai rasa kepercayaan diri yang baik. Sebab, kepercayaan diri ini adalah salah satu sifat orang yang bertakwa
  • Hakikat Pujian adalah Ujian, Hati-hati Saat Menerimanya
    Muslimah
    Senin, 27 Juni 2022 - 09:53 WIB
    Fitrah manusia pasti senang dipuji, namun Islam mengingatkan bahwa pujian pada hakikatnya adalah ujian. Kenapa demikian? Karena ujian itu bisa berupa ujian kebaikan maupun keburukan.
  • Sikap Muslim Menghadapi Takdir Buruk Menurut Imam Ibnu Qayyim
    Hikmah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 10:40 WIB
    Segala takdir bagi seorang muslim hendaknya dipercaya hanya dari Allah semata. Baik takdir baik maupun takdir yang buruk. Lantass bagaimana menyikapi takdir ini, terutama bila terjadi takdir yg buruk?
  • Nasehat Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani Ketika Menghadapi Bencana
    Tausyiah
    Sabtu, 14 November 2020 - 05:00 WIB
    Janganlah mengeluh sedikit pun, walau jasadmu digunting-gunting menjadi serpihan-serpihan kecil daging. Selamatkanlah dirimu! Takutlah kepada Allah! Takutlah kepada Allah!
  • Tanda-tanda Kematian akan Menjemput
    Tips
    Minggu, 11 Juli 2021 - 11:00 WIB
    Kematian adalah sesuatu yang pasti datang kepada semua makhluk yang bernyawa. Namun kapan ajal atau kematian itu menjemputnya? Tidak ada satupun makhluk hidup yang mengetahui rahasia ajal, tetapi ada tanda-tandanya.
  • Doa Nabi Syuaib Ketika Menghadapi Kecurangan dan Ketidakadilan
    Tips
    Kamis, 29 Februari 2024 - 18:10 WIB
    Inilah doa Nabi Syuaib AS ketika menghadapi kecurangan ini, menjadi salah satu contoh yang menginspirasi ketika dalam kondisi serta situasi yang sulit dengan kaumnya.
  • Surat Al Kahfi Ayat 32-44: Kisah Pemilik Kebun yang Ingkar dan Sahabatnya yang Miskin
    Tausyiah
    Kamis, 30 September 2021 - 21:30 WIB
    Dalam surat ini dikisahkan tentang dua orang lelaki yang bersahabat. Yang satu beriman dan satunya ingkar. Yang satu diuji dengan harta yang melimpah yang satu dengan kekurangan.
  • Begini Cara Menalkin Orang yang Menghadapi Sakaratul Maut
    Tips
    Kamis, 29 Desember 2022 - 12:49 WIB
    Syahadat merupakan kalimat tauhid, kalimat ikhlas, dan kalimat takwa, juga merupakan perkataan paling utama yang diucapkan Nabi Muhammad SAW dan nabi-nabi sebelumnya.
  • Ilmu Agama, Kunci Bahagia di Dunia dan Akhirat
    Muslimah
    Jum'at, 09 Juli 2021 - 09:00 WIB
    Kunci semua kebaikan di dunia ini adalah memahami ilmu agama. Sebab, ilmu ad-dien (agama) adalah penuntun bagi semua umat Islam menuju ketakwaan kepada Allah melalui sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW.
  • Kesabaran Kunci Menolak Fitnah Syahwat
    Muslimah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 08:38 WIB
    Penyakit syahwat ini misalnya: rakus terhadap harta, tamak terhadap kekuasaan, ingin populer, mencari pujian, suka perkara-perkara keji, zina, dan berbagai kemaksiatan lainnya.
  • 5 Bentuk Ujian Manusia di Dunia, Salah Satunya Kesusahan yang Harus Disabari
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:23 WIB
    Ujian manusia di dunia diberikan lantaran kasih sayang Allah amat besar untuk mengetahui siapa yang imannya benar sehingga layak baginya surga dan siapa yang imannya dusta sehingga layak baginya neraka.
  • Ikhlas Sebagai Kunci Kekuatan Iman
    Muslimah
    Senin, 28 September 2020 - 08:31 WIB
    Iman adalah keyakinan dengan hati, ikrar dengan lisan, dan amalan dengan seluruh anggota badan, bertambah dengan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Taala dan ikhlas adalah perkara terpenting dalam amalan hati, yang sangat erat hubungannya dengan iman.