Topik Terkait: Kurban Jantan Atau Betina (halaman 3)

  • Hukum Membagikan Daging Kurban kepada Non-Muslim
    Tausyiah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 21:34 WIB
    Apakah boleh membagikan daging kurban kepada non-muslim? Pertanyaan ini sering muncul menjelang Hari Raya Iduladha. Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.
  • Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail, Asal Usul Kurban Iduladha
    Hikmah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 13:20 WIB
    Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail menjadi asal muasal adanya perayaan Iduladha. Perayaan ini akan dilaksanakan setiap satu tahun sekali yang ditandai dengan adanya penyembelihan hewan kurban.
  • Ini Mengapa Rasulullah SAW Pernah Melarang Menyimpan Daging Kurban Lebih dari 3 Hari
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 10:11 WIB
    Nabi SAW bersabda: Barangsiapa di antara kamu menyembelih kurban, maka janganlah ada daging kurban yang masih tersisa dalam rumahnya setelah hari ketiga.
  • Penjelasan Gus Baha: Sholat Berjamaah Dulu atau Melanjutkan Pekerjaan?
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 05:10 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang sholat berjamaah dulu atau melanjutkan pekerjaan menarik untuk disimak. Mana yang harus didahulukan? Simak penjelasan beliau berikut.
  • Hukum Sunah Shohibul Qurban Menyembelih Sendiri Hewan Kurbannya
    Hikmah
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 20:02 WIB
    Disunahkan seorang muslim untuk bersentuhan langsung dengan hewan kurbannya (menyembelihnya sendiri). Kendati demikian, dibolehkan mewakilkan pada orang lain.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Beda Pendapat Ulama tentang Syarat Sah Kurban secara Kolektif
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 20:46 WIB
    Maksud dari pelaksanaan ibadah kurban secara kolektif adalah secara bersama atau gabungan. Para ulama berbeda pendapat tentang jumlah orang yang berkurban dalam seekor hewan kurban.
  • Lebih Baik Mana, Hewan Kurban Warna Putih Atau Hitam?
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 18:02 WIB
    Sebagian umat Islam mungkin ada yang bertanya hewan kurban apa yang lebih utama (afdhal). Apakah hewan warna putih warna hitam? Berikut penjelasannya.
  • Hukum Seorang Istri Berkurban Sendiri, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 17:01 WIB
    Syariat menganjurkan kepada setiap muslim dan muslimah untuk melakukan ibadah kurban terutama bagi yang memiliki kelapangan harta. Bagi mereka yang mampu, tentu berkurban tidak terlalu sulit.
  • Hewan Kurban Tak Boleh Dicukur Rambut dan Kukunya Setelah 1 Zulhijjah
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 13:26 WIB
    Nabi Muhammad SAW memberi petunjuk bagi orang yang ingin menyembelih kurban agar tidak mengambil rambut dan kulitnya walau sedikit, bila telah masuk hari pertama dari 10 hari yang awal bulan Zulhijjah.
  • Cara Menabung untuk Kurban, Inilah Tips dan Dalilnya
    Tips
    Selasa, 07 Juni 2022 - 17:16 WIB
    Cara menabung untuk berkurban, merupakan alternatif agar menunaikan ibadah kurban bisa terwujud. Lalu, bagaimana hukumnya tentang tabungan kurban ini, serta bagaimana cara melaksanakannya?
  • Berikut 5 Dalil tentang Ibadah Kurban Wajib Bagi yang Mampu
    Tausyiah
    Selasa, 28 Juli 2020 - 10:59 WIB
    Islam menyariatkan ibadah kurban, namun ulama berbeda pendapat perihal hukum ibadah ini. Ada pendapat kurban adalah wajib, sebagian lagi berpendapat sunat muakad.
  • BAZNAS Dorong Ekosistem Ekonomi Kurban
    Advertorial Kalam
    Senin, 19 Juni 2023 - 10:56 WIB
    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mendorong ekosistem ekonomi kurban melalui program Kurban Berkah BAZNAS 1444 H/2023 M, agar pelaksanaan kurban di Indonesia menjadi lebih efektif dan efisien.
  • Hukum Kurban Ayam di Hari Idul Adha Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 17:03 WIB
    Hukum kurban ayam pada hari Idul Adha menurut Gus Baha menarik untuk disimak. Lazimnya umat Islam berkurban dengan menyembelih kambing, kerbau atau sapi.
  • Kurban Patungan, Gus Baha: Apakah di Akhirat 7 Orang Naik Sapi Itu Bersama?
    Tausyiah
    Minggu, 10 Juli 2022 - 07:35 WIB
    Kurban sapi dengan cara patungan sebanyak 7 orang adalah boleh. Masalahnya bagaimana keadaan sapi tersebut besok di hari kiamat? Apakah tujuh orang tersebut naik ke sapi tersebut?
  • Sisihkan Rezeki, Ini Keutamaan Berkurban di Hari Raya Idul Adha
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 14:24 WIB
    Di antara umat muslim mungkin ada yang belum mengetahui keutamaan berkurban. Padahal berkurban memiliki fadhillah besar di Hari Idul-Adha. Berikut keutamaannya.
  • Ibadah Kurban Kolektif Boleh Asal Memenuhi Ketentuan Berikut
    Tausyiah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 04:10 WIB
    Ijma ulama bahwa seekor kambing, domba, atau memadai untuk kurban satu orang. Sehingga tidak memadai berkurban secara kolektif dengannya. Kecuali pendapat Malikiyah.
  • Sejarah Kurban dan Kekayaan Nabi Ibrahim yang Mencapai 12.000 Ekor Ternak
    Hikmah
    Jum'at, 31 Juli 2020 - 19:19 WIB
    Hari ini umat Islam yang tidak berhaji merayakan Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban. Bagaimana sebenarnya sejarah kurban hingga menjadi tradisi setiap Hari Idul Adha? Berikut ulasannya.
  • Bagaimana Hukum Kurban Kerbau seperti yang Dilakukan Masyarakat Kudus?
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 12:40 WIB
    Hukum kurban kerbau adalah sah, dan hukumnya sama dengan berkurban dengan sapi, sebab kerbau merupakan hewan yang masih terkategorikan sebagai spesies dari sapi.
  • Batas Akhir Waktu Penyembelihan Kurban
    Tausyiah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 17:45 WIB
    Dalam kaidah fiqih, niat berkurban sudah boleh dimulai pada tanggal 1 Dzulhijjah. Lalu, kapan waktu penyembelihan kurban dan batas akhir waktu penyembelihannya? Berikut penjelasannya.
  • Bolehkah Seorang Istri Berkurban Sendiri Menggantikan Posisi Suami?
    Muslimah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 11:30 WIB
    Banyak contoh seorang istri yang mampu berkurban karena berdikari secara ekonomi, sementara, di saat yang sama, suami tidak berpenghasilan cukup. Bolehkah istri melaksanakan kurban menggantikan posisi suami ?